Karang Gigi Bisa Buat Gigi Keropos, Benarkah?

GIGI, karang gigi, kebersihan gigi

Halodoc, Jakarta - Karang gigi merupakan salah satu masalah pada gigi yang sangat mengganggu. Meskipun kondisi ini enggak menimbulkan gejala yang mengganggu kesehatan mulut dan gigi secara menyeluruh, tahukah kamu kalau karang gigi dibiarkan begitu saja tanpa penanganan yang tepat dapat menyebabkan gigi kamu jadi keropos? 

Baca juga: 4 Cara Menguatkan Gigi

Karang Gigi, Plak yang Mengeras pada Gigi

Karang gigi merupakan kondisi saat gigi dilapisi oleh kotoran yang sulit dihilangkan. Kotoran ini berasal dari plak yang mengeras yang dibiarkan begitu saja tanpa penanganan. Plak sendiri merupakan lapisan licin dan tipis pada gigi yang terbentuk dari sisa-sisa makanan yang tertinggal pada gigi.

Ini Gejala yang Muncul pada Pengidap Karang Gigi

Sebenarnya karang gigi yang muncul tidak menimbulkan gejala yang dapat mengganggu fungsi gigi secara keseluruhan. Pada pengidap karang gigi akan ditemukan kotoran berwarna kekuningan atau kecokelatan pada gigi dan akan sulit sekali dihilangkan meski sudah disikat berulang kali. Karena karang gigi terbentuk dari plak atau sisa makanan yang tidak dibersihkan, maka pengidap karang gigi biasanya mempunyai masalah pada bau mulut. Hal ini tentu akan mengganggu penampilan dan rasa percaya diri.

Baca juga: 4 Cara Ampuh Atasi Masalah Gigi Berlubang

Karang Gigi Bisa Buat Gigi Keropos, Benarkah?

Gigi keropos merupakan salah satu dampak dari karang gigi. Gigi keropos ini akan berujung pada lubang gigi yang disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya karena kurang terjaganya kebersihan gigi. Selain gigi yang keropos, karang gigi juga dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan pada mulut, yaitu:

1. Gigi akan Menjadi Tempat Bersarangnya Bakteri

Jika karang gigi tumbuh di atas garis gusi. Tempat ini akan menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri untuk bersarang. Bakteri ini kemudian akan menyusup ke dalam gusi dan membuat iritasi serta peradangan pada gusi.

2. Memicu Terjadinya Penyakit Jantung dan Stroke

Jangan salah, ternyata kedua penyakit ini dapat dipicu dari kesehatan mulut yang tidak terjaga dengan baik. Hal ini dapat terjadi karena bakteri yang ada dalam plak gigi masuk ke dalam aliran darah dan menimbulkan peradangan. Nah, hal tersebut dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Nah, untuk mencegah terjadinya plak pada mulut yang dapat menyebabkan karang gigi, beberapa hal yang dapat kamu lakukan, antara lain:

  • Rajin menyikat gigi, minimal dua kali dalam sehari. Gunakan sikat gigi yang lembut dan jangan lupa untuk menjangkau sampai bagian gigi belakang.

  • Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk mencegah berkembangnya plak menjadi karang gigi.

  • Setelah menyikat gigi, lebih baik gunakan benang gigi untuk membersihkan plak yang ada di sela-sela gigi.

  • Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis, karena bakteri dan kuman dalam mulut akan berkembang dengan sangat baik melalui kedua makanan ini.

  • Berhenti merokok, karena merokok akan mempermudah terbentuknya karang gigi.

Baca juga: 6 Jenis Infeksi Gigi dan Akibatnya yang Perlu Diketahui

Jika karang gigi sudah terlihat, segera periksakan diri ke dokter, ya! Jangan menunggu sampai karang gigi mengganggu kesehatan mulut kamu. Jika kamu menemukan kendala dalam melakukan pencegahan di atas, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!