19 September 2018

4 Cara Menguatkan Gigi

menguatkan gigi, cara menguatkan gigi, kesehatan gigi

Halodoc, Jakarta – Salah satu bagian tubuh yang perlu kamu jaga adalah gigi. Sebuah penelitian mengatakan bahwa kesehatan gigi yang buruk nyatanya dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang bisa membahayakan kesehatan kamu. Sebaiknya rajin bersihkan gigi agar kamu terhindar dari berbagai macam penyakit seperti penyakit gusi, bahkan peradangan pada jantung.

Lakukan beberapa hal berikut untuk menguatkan gigi kamu agar kamu terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya:

1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Gigi

Tidak hanya dengan menggosok gigi, nyatanya mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung nutrisi untuk gigi sangat baik untuk menguatkan dan menjaga kesehatan gigi kamu. Kandungan utama gigi adalah kalsium. Tidak ada salahnya mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi agar gigi kamu tetap kuat. Kalsium banyak ditemukan dalam makanan, seperti susu, keju, almond, bayam dan juga brokoli. Kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium untuk memenuhi kebutuhan nutrisi gigi kamu. Magnesium adalah salah satu mineral yang dapat membantu penyerapan kalsium pada gigi kamu. Kamu bisa mengonsumsi gandum, beras merah dan biji-bijian lainnya untuk memenuhi kebutuhan magnesium gigi kamu.

2. Batasi Konsumsi Makanan Manis

Batasi pengonsumsian makanan manis atau lengket. Makanan manis dan lengket biasanya akan membuat sisa makanan menempel dan diubah menjadi asam oleh bakteri yang ada pada mulut. Hal ini yang akan membuat plak pada gigi kamu. Parahnya, plak bisa merusak struktur gigi hingga membuat gigi kamu berlubang.

3. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Air liur adalah salah satu cara alami yang bisa membantu kamu membersihkan sisa makanan dari gigi kamu. Sebaiknya hindari mulut kering. Untuk meningkatkan jumlah air liur dalam mulut kamu, sebaiknya konsumsi air putih yang cukup. Tidak hanya air putih, jus atau teh yang tidak mengandung gula juga baik untuk meningkatkan produksi air liur dalam mulut. Sebaiknya hindari minuman bersoda dan alkohol karena dapat merusak gigi.

4. Bersihkan Gigi dan Mulut Secara Teratur

Tentu untuk membuat gigi kamu kuat, kamu harus rajin membersihkan gigi dan area sekitar mulut kamu. Kamu bisa memulai dengan menggosok gigi. Jangan lupa pilih sikat gigi yang tepat untuk kondisi gigi kamu. Jangan lupa untuk lakukan sikat gigi minimal sehari dua kali untuk mencegah gigi berlubang dan kerusakan gigi. Dengan perawatan yang baik, tentu kamu akan terhindar dari penyakit gigi seperti pembusukan gigi dan pembengkakan gusi. Perhatikan cara menyikat gigi yang baik. Jangan menekan sikat terlalu kuat, kemudian sikat bagian dalam dan luar gigi yang digunakan untuk mengunyah. Pastikan semua bagian tersikat dengan bersih. Gosok gigi minimal dua menit untuk menghindari karang gigi. Setelah itu, kamu bisa berkumur dengan air atau obat kumur.

5. Periksakan Kesehatan Gigi ke Dokter Setiap 6 Bulan Sekali

Tidak ada salahnya untuk mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk mencegah penyakit gigi maupun mulut kamu. Lakukan pembersihan gigi dan plak, hal ini akan membantu kamu untuk memperpanjang kesehatan gigi dan mulut dalam jangka waktu yang panjang.

Tidak hanya kesehatan gigi, sebaiknya kamu juga jangan lupa untuk menjaga kesehatan mulut dengan pembersihan lidah secara teratur. Jika kamu memiliki keluhan terhadap masalah kesehatan gigi, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc. Yuk download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: