• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Ikan Tenggiri untuk Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Ikan Tenggiri untuk Kesehatan

Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Ikan Tenggiri untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 29 November 2022

“Ikan tenggiri tinggi akan protein dan asam lemak omega-3. Karena kandungan itu, jenis ikan air laut ini mampu mencegah timbulnya penyakit serius seperti diabetes serta gangguan otak.”

Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Ikan Tenggiri untuk KesehatanKaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Ikan Tenggiri untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Manfaat ikan tenggiri berasal dari semua kandungan yang ada di dalamnya. Jenis ikan air laut ini mampu mencegah timbulnya penyakit serius seperti diabetes serta gangguan otak.

Karena mudah mendapatkannya, ikan ini cukup terjangkau dan santat mudah untuk diolah menjadi berbagai hidangan. Ikan tenggiri juga merupakan salah satu jenis ikan yang cukup banyak masyarakat Indonesia gemari. Nutrisinya tidak perlu diragukan, ikan tenggiri mengandung nutrisi penting, seperti vitamin A, vitamin B12, kalsium, fosfor, kalium, selenium, dan omega-3.

Berbagai Manfaat Ikan Tenggiri untuk Kesehatan

Ikan tenggiri tinggi akan protein dan asam lemak omega-3. Ikan ini sangat cocok untuk menjadi menu diet bersama makanan sehat lain. Satu porsi atau sekitar 100 gram ikan tenggiri mengandung 205 kalori, 13,9 gram lemak, 90 miligram sodium, 19 gram protein, dan tanpa karbohidrat, serat, atau gula.

Karena kandungan itu, ikan ini dapat memberikan beberapa manfaat, antara lain:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ikan tenggiri adalah sumber vitamin B12 yang baik. Salah satu dari banyak manfaat oleh vitamin ini adalah dapat  menurunkan kadar homosistein dalam darah, yaitu asam amino yang sangat penting untuk produksi protein tubuh. Namun, asam amino homosistein dapat membahayakan kesehatan jantung dan menyebabkan stroke jika kadarnya terlalu tinggi di dalam tubuh.

2. Mencegah Anemia

Ikan tenggiri dapat memberikan nutrisi yang baik untuk pencegahan anemia akibat kekurangan nutrisi. Ikan ini mengandung zat besi, vitamin B12, dan beberapa folat.

Kekurangan beberapa nutrisi ini dapat menyebabkan anemia jenis tertentu. Gejala anemia dapat meliputi kelemahan otot, penglihatan terganggu, kelelahan ekstrim, serta komplikasi serius lainnya, seperti kemandulan.

3. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan dengan lemak tak jenuh, seperti ikan tenggiri, membantu mencegah diabetes tipe 2, meskipun membutuhkan lebih banyak penelitian.

Kehadiran asam lemak omega-3 dapat membantu mengatur gula darah dan berat badan. Namun, manfaat ini dapat diperoleh jika kamu mengoombinasikannya dengan gaya hidup sehat yang mencakup olahraga teratur dan mengonsumsi makanan sehat.

4. Meningkatkan Imun Tubuh

Lisin adalah salah satu asam amino esensial yang terkandung dalam ikan tenggiri. Jenis asam amino ini dapat meningkatkan kekebalan dan tingkat energi dalam tubuh. Selain lisin, ikan tenggiri juga memiliki jumlah vitamin A yang signifikan. Vitamin ini memiliki reputasi untuk meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Otak

DHA (docosahexaenoic acid), salah satu omega-3 yang terkandung dalam ikan tenggiri sangat penting untuk perkembangan otak. Omega-3 ini dapat membantu mengatur pelepasan pembawa pesan kimiawi otak sehingga yang meningkatkan fungsi otak yang berkelanjutan.

Menurut penelitian, mengonsumsi ikan laut seperti ikan tenggiri yang kaya akan asam lemak omega-3 laut, dapat menurunkan peluang seseorang untuk terkena kondisi kesehatan mental termasuk depresi, gangguan bipolar, dan autisme.

Itulah pembahasan mengenai manfaat ikan tenggiri untuk kesehatan. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar gizi dan nutrisi, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, segera download aplikasi Halodoc melalui Play Store maupun App Store. 

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Very Well Fit. Diakses pada 2022. Mackerel Nutrition Facts and Health Benefits.
Web MD. Diakses pada 2022. What Are the Health Benefits of Mackerel?