Kebiasaan Buruk Ini Picu Batu Ginjal

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Kebiasaan Buruk Ini Picu Batu Ginjal

Halodoc, Jakarta - Ginjal adalah salah satu organ yang penting untuk kesehatan tubuh. Salah satu fungsi ginjal adalah membuang limbah dan racun dari tubuh, yang akhirnya keluar sebagai urine. Selain itu, ginjal juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan pada tubuh.

Urine mengandung banyak mineral dan garam yang larut. Mineral dan garam tersebut apabila dalam jumlah banyak dapat membentuk batu. Hal ini dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk yang dilakukan setiap hari. Berikut adalah pembahasan tentang kebiasaan buruk yang dapat sebabkan batu ginjal!

Baca juga: Begini Metode untuk Mengobati Batu Ginjal

Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal adalah gangguan yang terjadi ketika mineral dan garam menggumpal di ginjal, sehingga menyerupai batu. Gangguan ini dapat terjadi pada saluran urine, ginjal, ureter, kandung kemih, hingga uretra. Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait pemicu batu ginjal, dokter dari Halodoc siap membantu. Ayo, download aplikasinya sekarang!

Urine kaya akan kandungan mineral dan garam yang telah larut. Jika kadar dari kandungan tersebut terlalu banyak, maka pengendapan mungkin saja terjadi. Endapan tersebut akan menyerupai batu yang ukurannya beragam, terkadang kecil dan bisa juga besar, serta mengganggu saluran kemih kamu.

Beberapa batu yang terbentuk akan tetap berada di ginjal dan tidak menimbulkan masalah. Namun, terkadang batu ginjal tersebut berpindah ke ureter, yaitu sebuah tabung antara ginjal dan kandung kemih. Jika batu tersebut bersarang di ureter, aliran urine dari ginjal akan terhalang dan menyebabkan rasa sakit.

Beberapa kebiasaan yang dapat menjadi pemicu terbentuknya batu ginjal adalah:

  1. Kekurangan Asupan Cairan

Salah satu pemicu dari batu ginjal adalah kekurangan asupan cairan. Hal ini dapat menyebabkan volume urine yang rendah secara konstan dikarenakan tubuh mengalami dehidrasi. Ketika volume urine rendah, maka cairan tersebut akan terkonsentrasi dan berwarna gelap. Hal ini dapat menjaga garam tetap larut dan risiko pembentukan batu akan meningkat.

Maka dari itu, kamu harus meningkatkan asupan cairan yang dapat melarutkan garam di urine kamu. Hal ini dapat mengurangi risiko terhadap pembentukan batu. Orang dewasa harus meminum paling tidak 2,5 liter setiap hari untuk menurunkan risiko ini.

  1. Diet

Pola diet tertentu juga dapat memengaruhi pembentukan batu ginjal pada tubuh. Penyebabnya adalah terlalu banyak kadar kalsium di dalam urine. Walau begitu, kondisi ini tidak selalu disebabkan oleh makanan. Terkadang juga dapat disebabkan oleh tubuh yang mengalami gangguan untuk mengolah kalsium.

Disebutkan bahwa kamu melakukan diet yang membatasi konsumsi kalsium, maka dampak buruk akan terasa pada tulang dan risiko terhadap batu ginjal dapat meningkat. Dokter umumnya tidak membatasi asupan kalsium dalam makanan, tetapi kandungan tersebut tidak boleh terlalu tinggi masuk ke tubuh.

Baca juga: Awas, Batu Ginjal Bisa Sebabkan 7 Komplikasi Ini

  1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam

Salah satu risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya batu ginjal adalah terlalu banyak mengonsumsi garam. Hal ini disebabkan karena terlalu banyak garam yang mengalir ke urine. Maka dari itu, cara untuk menanganinya adalah dengan mengurangi asupan garam pada pola diet.

Baca juga: Awas, Ini 4 Gejala dari Batu Ginjal

  1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Protein Hewani

Terlalu banyak makan daging hewan juga dapat menjadi pemicu batu ginjal pada tubuh. Daging-daging seperti sapi, ikan, ayam, dan babi dapat meningkatkan kadar asam pada tubuh dan urine. Hal tersebut dapat meningkatkan kemungkinan batu ginjal dan asam urat terjadi.

Referensi:
Urology Health (Diakses pada 2019): What are Kidney Stones?
Kindey.org (Diakses pada 2019): 10 Common Habits That May Harm Your Kidneys