• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Jerawat di Dagu

4 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Jerawat di Dagu

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Rutin membersihkan wajah secara teratur tentunya dapat menjadi cara untuk menghindari jerawat pada wajah. Jerawat menjadi salah satu gangguan kulit yang dapat menyebabkan peradangan. Tidak hanya pada wajah, jerawat juga kerap muncul pada beberapa bagian tubuh lainnya yang kebersihannya kurang terjaga.

Baca juga: Jelang Menstruasi, Benarkah Jerawat Sering Muncul di Dagu?

Umumnya, jerawat yang muncul pada wajah dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Selain kurang menjaga kebersihan kulit wajah, ada beberapa kebiasaan yang menyebabkan seseorang mengalami jerawat pada wajah, khususnya dagu.

Kebiasaan yang Dapat Sebabkan Jerawat pada Dagu

Hampir semua orang pernah memiliki jerawat pada wajahnya. Meskipun dapat dialami oleh siapa saja, umumnya, jerawat lebih sering muncul pada orang-orang yang sedang mengalami masa puber dengan rentang usia 10-13 tahun. Ada beberapa faktor yang menyebabkan jerawat muncul pada kulit, seperti produksi sebum (minyak alami wajah) yang berlebihan, adanya penyumbatan pada folikel rambut oleh sel kulit mati, bakteri yang sebabkan peradangan, dan pengaruh hormon.

Munculnya jerawat pada area wajah, khususnya dagu terkadang menyebabkan rasa tidak nyaman pada seseorang. Kondisi ini terkadang dinilai mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri seseorang untuk melakukan aktivitas atau bersosialisasi. 

Tidak hanya itu, jerawat yang tidak diatasi dapat menyebabkan peradangan pada kulit hingga infeksi. Sebaiknya jangan ragu gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter tentang penanganan jerawat pada wajah agar jerawat dapat segera diatasi dengan baik.

Baca juga: 5 Cara Simple Cegah Jerawat

Jadi, ketahui kebiasaan yang menyebabkan munculnya jerawat pada dagu agar dapat mencegah munculnya jerawat pada wajah, yaitu:

1. Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Melansir Very Well Health, hindari terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan yang belum dicuci. Kebiasaan ini meningkatkan risiko jerawat dan penyakit lainnya. Terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan kotor dapat memindahkan bakteri atau kotoran pada tangan. Kotoran yang berpindah tentunya dapat menyebabkan jerawat pada wajah. Tidak hanya jerawat, terlalu sering menyentuh wajah juga dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan lainnya, seperti flu atau batuk. Jadi, pastikan tangan selalu bersih dan hindari terlalu sering menyentuh wajah.

2. Tidur Terlalu Malam

Kebiasaan tidur yang terlalu malam dapat menyebabkan kurang tidur. Dilansir Women’s Health, seseorang yang sering mengalami kurang tidur rentan mengalami jerawat pada area dagu. Kurang tidur juga menyebabkan perubahan pada fungsi kulit sehingga kulit rentan mengalami masalah. Jadi, mulai sekarang sebaiknya penuhi kebutuhan istirahat kamu setiap harinya.

3. Penggunaan Kosmetik yang Tidak Sesuai dengan Jenis Kulit

Melansir Very Well Health, penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit nyatanya dapat tingkatkan risiko jerawat pada wajah khususnya dagu. Tidak ada salahnya untuk memastikan jenis kulit agar kosmetik yang digunakan pada wajah tidak menimbulkan efek samping apapun.

4. Malas Membersihkan Wajah

Sebaiknya jangan malas untuk membersihkan wajah. Perhatikan dengan detail pada bagian dagu saat membersihkan wajah agar tidak ada kotoran yang tertinggal dan menjadi sumbat pada folikel rambut yang dapat meningkatkan risiko jerawat.

Baca juga: Mengapa Jerawat Muncul saat Datang Bulan?

Itulah kebiasaan yang meningkatkan risiko munculnya jerawat pada dagu. Selain itu, jangan lupa untuk perbanyak konsumsi air putih agar kulit tubuh selalu terhidrasi dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2020. Does Touching Your Face Can Cause Acne?
Very Well Health. Diakses pada 2020. Common Causes of Adult Acne
Women’s Health. Diakses pada 2020. Chin Acne: Why You Get Spots in This Area and How to Deal