26 March 2018

5 Cara Simple Cegah Jerawat

5 Cara Simple Cegah Jerawat

Halodoc, Jakarta – Jerawat yang tiba-tiba muncul di wajah memang bisa mengganggu penampilan. Apalagi jika kamu sudah punya rencana untuk menghadiri acara penting keesokan harinya. Jelas jerawat bisa buat penampilan jadi enggak percaya diri.

Namun, sebenarnya keberadaan jerawat enggak perlu membuat kamu jadi merasa khawatir berlebihan. Pasalnya, 85 persen penduduk dunia pernah mengalami wajah berjerawat di usia 12-25 tahun. Penyebab umum jerawat selain perubahan hormon adalah pori-pori kulit yang tersumbat karena minyak berlebih, sel-sel kulit mati dan bakteri.

Jerawat sebagai masalah kulit memang menjadi masalah yang cukup serius di Amerika Serikat. Terdata ada 50 juta penduduk Amerika yang mengalami masalah kulit jerawat setiap tahunnya. Sebenarnya persoalan jerawat tidak bisa diselesaikan dengan pengobatan saja ada cara-cara simple lain yang bisa dilakukan untuk mencegah jerawat. Yuk, simak di sini!

  1. Mencuci Wajah Sehabis Bepergian

Jangan malas mencuci wajah, apalagi kalau habis bepergian. Paparan udara, lingkungan kotor, dan polusi adalah hal-hal yang dapat menimbulkan jerawat. Untuk mencegah jerawat timbul kamu perlu rutin membersihkan wajah. Tapi jangan terlalu sering ya, karena bila terlalu sering mencuci wajah menggunakan pembersih wajah bisa kehilangan minyak alami wajah yang bisa bikin kulit kering. (Baca juga Alasan Skincare Korea Jadi Lebih Populer)

  1. Menguapi Wajah dengan Air Panas

Salah satu cara simple lain mencegah jerawat adalah bisa dengan membiasakan menguapi wajah secara perkala 2-3 kali seminggu sehabis pulang dari bepergian. Kamu tinggal mendekatkan wajah ke baskom yang sudah dipenuhi air panas selama 10-15 menit, baru kompres dengan handuk hangat, terakhir wajah kembali dicuci dengan air bersuhu normal untuk menutupi pori-pori yang terbuka.

Ritual ini bisa membuka pori-pori dan mengeluarkan bakteri ataupun kotoran yang tadinya mengendap di dalam pori. Mengeluarkannya dengan uap panas kemudian setelah bersih ditutup kembali dengan air bersuhu normal.

  1. Kurangi Makan Makanan Berlemak dan Gorengan

Kamu tidak bisa hanya mengandalkan membersihkan wajah untuk mencegah jerawat. Wajib jaga pola makan dong. Hindari terlalu banyak makan gorengan yang memicu produksi minyak berlebih, santan-santanan, makanan manis berlemak yang bikin penumpukan lemak di wajah sebagai cikal bakal jerawat.

  1. Jangan Sering Memegang Wajah

Bukan cuma pas jerawatan saja tetapi dalam keadaan biasa juga jangan terlampau sering memegang wajah. Kebiasaan ini bisa meningkatkan perpindahan kuman dan bakteri dari tempat lain ke muka. Kamu kan tidak tahu ada berapa banyak kuman di keyboard laptop atau tutupan toilet. Tangan berulangkali memegang tempat-tempat berbeda lalu mengusap pipi, jadilah kuman-kuman tersebut melekat di kulit dan menimbulkan jerawat.

  1. Jangan Bolak-balik Ganti Pembersih Wajah

Kebiasaan buruk mengganti-ganti pembersih wajah bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Kulit wajah sangat sensitif, ingredients yang berbeda-beda malah memicu sensitivitas kulit dan produksi minyak berlebih jadinya bukan membaik jerawat malah tambah banyak. Makanya untuk mencegah jerawat, kenakan satu produk pembersih wajah saja, ya.

Nah, kalau kamu punya pertanyaan lebih jauh mengenai jerawat ataupun masalah kulit dan kecantikan lainnya serta makanan untuk kulit sehat alami yuk tanyakan langsung ke Halodoc. Cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih ngobrol lewat Video/Voice Call atau Chat dan langsung terhubung dengan dokter-dokter spesialis di bidangnya.