Kenali 3 Gangguan Hidung yang Bisa Ditangani Dokter THT

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Kenali 3 Gangguan Hidung yang Bisa Ditangani Dokter THT

Halodoc, Jakarta – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan indera penciuman. Bila hidung kamu mengalami masalah, tentu pernapasan juga terganggu. Sebaiknya, rutin untuk memeriksakan kondisi kesehatan hidung pada dokter agar terhindar dari segala macam penyakit.

Baca juga: Pentingnya Cuci Hidung untuk Kesehatan

Tentu kamu membutuhkan dokter spesialis THT untuk memeriksakan kondisi hidung dengan baik. Dokter spesialis THT adalah dokter yang memiliki keahlian spesifik dalam mengobati penyakit yang berkaitan dengan telinga, hidung dan tenggorokan. 

Ketahui Beragam Gangguan Hidung 

Gangguan hidung yang umum terjadi adalah masalah flu. Namun, tidak ada salahnya untuk mengetahui jenis-jenis gangguan hidung yang dapat kamu alami. Sebaiknya jangan khawatir, kamu bisa mengunjungi dokter spesialis THT untuk meringankan gejala maupun penanganan gangguan hidung yang kamu alami:

  • Sinusitis

Sinusitis adalah salah satu gangguan pada hidung yang diakibatkan karena adanya peradangan pada dinding sinus. Sinus adalah rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran udara di dalam tulang tengkorak. Bagian ini berfungsi untuk menghasilkan lendir dan mukus yang berguna untuk menyaring partikel atau adanya benda asing yang masuk dalam hidung.

Biasanya, yang menjadi penyebab seseorang mengalami sinusitis karena infeksi pada bagian mulut atau gigi, cedera hidung, dan kebiasaan merokok. Jika tidak ditangani, sinusitis menyebabkan komplikasi kesehatan seperti meningitis, kehilangan fungsi indera penciuman, dan gangguan penglihatan.

  • Trauma Hidung atau Cedera Hidung

Trauma hidung atau cedera hidung menjadi kondisi yang bisa diperiksa oleh dokter spesialis THT. Kondisi ini dapat terjadi karena benturan yang cukup keras pada bagian hidung sehingga menyebabkan beberapa gejala seperti perdarahan pada hidung, hidung mengalami pembengkakan dan memar, mengalami gangguan pernapasan setelah benturan, hilangnya kemampuan penciuman serta perubahan struktur pada bagian hidung.

  • Tumor Hidung

Tumor hidung adalah salah satu penyakit yang disebabkan munculnya benjolan pada rongga hidung. Benjolan yang muncul dapat bersifat jinak dan juga ganas. Benjolan atau tumor yang bersifat jinak nyatanya sangat kecil kemungkinannya untuk menyebar pada bagian tubuh yang lain.

Berbeda dengan tumor yang ganas, jaringan ini menyebar pada bagian tubuh yang lain. Tidak ada salahnya untuk segera memeriksakan diri pada dokter spesialis THT ketika mengalami beberapa gejala, seperti keluar darah dari hidung, pembengkakan pada bagian wajah, gangguan penglihatan, adanya mimisan, mati rasa pada bagian wajah dan mengalami nyeri telinga yang tidak kunjung reda.

Baca juga: Bahayakah Polip Hidung Bagi Pernapasan?

Cara Menjaga Kesehatan Hidung

Selain dapat terhindar dari beberapa penyakit tersebut, menjaga kesehatan hidung juga diperlukan. Lakukan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan hidung, yaitu:

  • Hindari Polutan dan Zat yang Dapat Mengiritasi Hidung

Tidak ada salahnya untuk menghindari polutan dan zat yang dapat mengiritasi hidung seperti asap rokok, polusi maupun debu. 

  • Konsumsi Air Putih

Hidung memproduksi lendir untuk menjebak kotoran dari udara yang terhirup. Nah, untuk menjaga agar produksi lendir tetap normal, kamu harus rutin minum air putih setiap harinya. 

  • Jaga Udara Tetap Lembap

Udara yang terlalu kering dapat memicu alergi dan memicu kondisi mimisan pada hidung. Tidak ada salahnya gunakan pelembap udara.

  • Rajin Membersihkan Hidung

Dibandingkan mengupil, membersihkan hidung dengan semprotan saline dan cairan garam karena dapat menghindari iritasi yang terjadi pada bagian hidung.

Jangan ragu untuk lakukan pemeriksaan pada bagian hidung jika mengalami gangguan. Penanganan yang tepat meminimalisir risiko sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Kamu bisa pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: 7 Gangguan Hidung yang Perlu Kamu Ketahui