17 October 2018

Pentingnya Cuci Hidung untuk Kesehatan

Pentingnya Cuci Hidung untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta - Panca indra sebagai reseptor utama dari informasi luar tubuh harus dijaga dan dirawat dengan baik, salah satunya hidung. Sering kali dilupakan oleh orang-orang bahwa hidung perlu dibersihkan secara berkala agar manusia dapat bernapas lebih sehat. Berikut penjelasan pentingnya mencuci hidung.

Posisi Penting Hidung pada Manusia

Hidung penting sekali untuk dijaga, karena hidung adalah organ pertama yang menyaring udara pernapasan yang akan masuk ke dalam paru-paru. Selain itu, hidung berfungsi untuk melembapkan dan menghangatkan udara yang akan masuk ke tubuh agar temperaturnya sesuai dan optimal untuk tubuh.

Karena posisinya sebagai organ pertama yang berinteraksi dengan alergen dan bakteri, kotoran bisa menumpuk di rongga hidung. Jika ini dibiarkan, infeksi pada rongga hidung bisa terjadi dan mengakibatkan komplikasi pada organ tubuh lain, seperti paru-paru dan jantung yang memang mendapatkan oksigen dari hidung.

Infeksi di hidung pada tahap yang lebih berbahaya akan memicu peradangan yang disebut rinosinusitis. Kondisi ini akan menyebabkan kesulitan saat bernapas karena saluran pernapasan terhalang oleh polip, cairan, jamur, bakteri, dan kuman-kuman yang tidak dibersihkan. Karena itu, mencuci hidung, walaupun terdengar asing, sangatlah penting untuk dilakukan.

Manfaat Membersihkan Hidung

Adapun beberapa manfaat dari membersihkan hidung secara rutin adalah:

  1. Mengurangi risiko alergi dengan membersihkan partikel alergen dari hidung.

  2. Membersihkan bakteri dan virus dari hidung untuk mengurangi infeksi

  3. Mengurangi pembengkakan rongga hidung dan meningkatkan sirkulasi udara

  4. Mengurangi iritasi dan meningkatkan kelembapan hidung.

Cara Membersihkan Hidung

Membersihkan hidung adalah prosedur yang mudah, dan bisa dilakukan oleh segala umur. Kamu hanya perlu menyemprotkan cairan isotonik ke dalam lubang hidung secara rutin setiap hari, dan membiarkannya terbilas.

Jika kamu tidak memiliki cairan isotonik pembersih hidung, kamu bisa membuatnya sendiri dengan mencampur ¼ sendok teh garam laut dengan 4 milililter air. Tambahkan sejumput soda kue untuk menghindari inflamasi saat digunakan. Taruh campuran ini pada tanganmu dan hirup dari satu lubang hidung. Jika kamu tidak kuat menahan dengan cara ini, kamu bisa menuangkannya langsung ke hidung. Perlu diingat untuk tidak pernah menggunakan lagi air sisa dari larutan yang sudah kamu buat.

Lakukan pembersihan ini terutama ketika musim hujan, bepergian ke daerah yang memiliki udara kotor, maupun daerah yang memiliki banyak alergen dari alam seperti pedesaan, hutan, dan pantai. Ada pun waktu yang tepat untuk melakukan pembersihan hidung adalah satu jam sebelum tidur, agar pernapasan kamu lebih lancar saat tubuh beristirahat.

Nah, jika kamu memiliki pertanyaan seputar kebersihan panca indera seperti hidung, atau kondisi kesehatan lain, yuk tanyakan pada dokter atau spesialis dengan menggunakan aplikasi Halodoc! Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan dimana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!

Baca juga: