Kenali 3 Tanda Alami Gangguan Tidur Selain Sulit Tidur Malam

Kenali 3 Tanda Alami Gangguan Tidur Selain Sulit Tidur Malam

Halodoc, Jakarta – Kualitas tidur seseorang dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang. Kurang tidur menyebabkan gangguan kesehatan serta gangguan mental. Pada umumnya, manusia membutuhkan waktu tidur 8 jam, namun apabila mengalami gangguan tidur, bukan tidak mungkin seseorang malah mengalami kesulitan tidur dan tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Baca juga: Inilah 3 Gangguan Tidur yang Perlu Diketahui

Kondisi gangguan tidur ini dikenal juga dengan insomnia. Selain sulit tidur pada malam hari, pengidap insomnia mengalami tanda-tanda lainnya seperti:

1. Merasa Lelah pada Siang Hari

Seseorang dengan kondisi insomnia lebih mudah merasa lelah pada siang hari. Hal ini disebabkan pada malam hari tubuh dan pikiran tidak dapat istirahat dengan baik. Selain itu, biasanya pengidap insomnia juga lebih sulit untuk fokus dan mengambil keputusan. Hal ini menyebabkan pengidap insomnia mengalami kondisi kerja yang kurang produktif dan hasil kerja yang kurang maksimal.

2. Sering Merasa Sakit Kepala

Biasanya, seseorang yang mengalami insomnia lebih sering merasa pusing meskipun telah tidur selama 8 jam.

3. Wajah yang Terlihat Lelah

Selain kondisi tubuh yang selalu merasa lelah, pengidap insomnia memiliki wajah yang terlihat lesu. Kondisi ini akibat kurangnya istirahat dan kualitas tidur yang buruk.

Penyebab Insomnia atau Gangguan Tidur

Kondisi insomnia dapat terjadi pada siapa saja, namun kondisi insomnia dapat dihindari dengan mengurangi faktor penyebab kondisi insomnia:

1. Stres

Stres dapat menyebabkan seseorang mengalami kondisi insomnia. Stres membuat pikiran kamu terlalu aktif pada malam hari sehingga menyebabkan sulit tidur.

2. Rasa Cemas

Sama seperti dengan stres, rasa cemas yang berlebihan membuat pikiran kamu terlalu aktif sehingga dapat mengakibatkan kamu mengalami gangguan tidur. Sebaiknya jauhi kegiatan yang dapat menstimulasi tubuh.

Baca juga: Ingin Atasi Gangguan Tidur? Yuk, Buat Catatan Tidur Harian

3. Mengidap Penyakit Nyeri Kronis

Ada beberapa penyakit yang mengganggu kualitas tidur seseorang. Misalnya penyakit radang sendi, gangguan asam lambung, dan nyeri pinggang yang membuat kamu terbangun pada malam hari

4. Kebiasaan Tidur yang Buruk

Kebiasaan tidur yang buruk dapat membuat seseorang mengalami kondisi gangguan tidur. Hindari penggunaan ponsel sesaat sebelum kamu tidur karena menambah buruk kondisi gangguan tidur.

Insomnia dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, namun ada beberapa kondisi yang membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut, ketika gangguan tidur atau insomnia lebih dari 4 minggu hingga mengganggu aktivitas sehari-hari atau kamu sering terbangun tengah malam dengan kaget dan napas yang pendek.

Pengobatan Gangguan Tidur

Insomnia dapat diatasi dengan beberapa cara seperti penggunaan obat-obatan atau dengan terapi. Selain itu, insomnia bisa dicegah dengan beberapa cara seperti:

  1. Hindari konsumsi makanan dan minuman secara berlebihan sebelum tidur.

  2. Hindari dan batasi asupan kafein serta alkohol agar tidak berlebihan dan menyebabkan gangguan tidur.

  3. Usahakan lakukan banyak kegiatan pada siang hari agar terhindar dari tidur siang. Kamu juga bisa melakukan olahraga ringan pada sore hari agar terhindar dari sulit tidur ketika malam hari.

  4. Tidak ada salahnya untuk menciptakan suasana yang nyaman ketika kamu akan tidur dengan cara mengatur lampu kamar agar lebih redup. Selain itu, menambahkan aroma terapi agar pikiran lebih rileks bisa dilakukan untuk menghindari gangguan tidur pada malam hari.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kondisi gangguan tidur yang kamu alami. Kamu bisa gunakan Voice/Video Call atau Chat dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatanmu. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: 4 Kebiasaan untuk Menghindari Gangguan Tidur Berjalan