04 June 2018

Ingin Atasi Gangguan Tidur? Yuk, Buat Catatan Tidur Harian

Ingin Atasi Gangguan Tidur? Yuk, Buat Catatan Tidur Harian

Halodoc, Jakarta — Gangguan tidur banyak terjadi pada orang dewasa. Entah karena tekanan pekerjaan atau gangguan-gangguan lain yang membuat kamu tidak memiliki waktu tidur yang sehat. Untuk mengatasinya, coba pelajari dan buatlah sebuah catatan refleksi selama dua minggu berisi hal-hal yang membuat kamu terjaga di malam hari.  

Apa saja yang perlu kamu catat dalam buku harian ini?

  • Jam berapa kamu tidur?
  • Jam berapa kamu benar-benar tertidur? Ini jika kamu bisa mengetahuinya saja, ya.
  • Berapa kali kamu terbangun di malam hari?
  • Berapa lama waktu yang diperlukan hingga kamu tertidur kembali?
  • Jam berapa kamu bangun di pagi hari?
  • Berapa kali kamu tidur siang dalam sehari dan berapa lama masing-masing waktunya?
  • Obat apa yang sedang kamu gunakan?
  • Berapa banyak alkohol dan kafein yang kamu minum dalam sehari?

Dengan melihat catatan ini, kamu dan dokter bisa berdiskusi cara memperbaiki kebiasaan tidurmu. Ingat, tidur yang nyenyak dengan waktu tidur yang sehat itu bisa memperbaiki kerusakan jaringan dalam tubuh dan mengembalikan energi.

Agar mendapatkan kembali kualitas tidur yang baik, periksa juga beberapa kebiasaan yang sering kali memengaruhi kualitas tidur.

  1. Jangan gunakan alkohol untuk membantu tidur. Anggur, bir, atau koktail bisa membantu rileks dan merasa mengantuk. Namun, minuman keras membuat tidur kurang nyenyak.
  2. Berobatlah ke dokter jika mengalami gangguan kesehatan seperti flu, karena beberapa jenis obat bisa menyebabkan gangguan tidur.
  3. Jangan mengurangi jam tidur pada hari kerja dan mencoba mengejar kekurangannya di akhir pekan.
  4. Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Sekalipun kamu tergoda tidur lebih lama di akhir pekan, tetaplah coba bangun pada jadwal tidur yang sama.
  5. Jangan memeriksa pesan teks atau email sebelum tidur. Cahaya biru dari layar elektronik membuat otak melepaskan melatonin, zat kimia otak yang membuat mengantuk dan kurang fit di siang hari.
  6. Lakukan olahraga secara teratur, sebaiknya pagi atau sore, bukan malam hari. Detak jantung sehabis berolahraga dapat membuat kamu terjaga lebih lama.

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang cara mengatasi gangguan tidur, kamu bisa bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc melalui layanan Video/Voice Call atau Chat. Selain berdiskusi dengan dokter, di aplikasi Halodoc, kamu bisa membeli vitamin dan suplemen serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.