Kenali 4 Penyebab Henoch Schonlein Purpura

 Henoch Schonlein Purpura

Halodoc, Jakarta - Penyakit henoch schonlein purpura dapat memengaruhi orang di usia berapapun. Pada banyak kasus, penyakit ini lebih sering dialami oleh anak laki-laki yang berusia 2-11 tahun. Apa yang jadi penyebab terjadinya henoch schonlein purpura?

Baca juga: Pilihan Pengobatan untuk Penyakit Henoch Schonlein Purpura

Apa Itu Henoch Schonlein Purpura?

Henoch schonlein purpura (HSP) merupakan penyakit peradangan pembuluh darah pada usus, kulit, ginjal, dan sendi. Kondisi ini ditandai dengan ruam kulit yang berwarna merah atau ungu. Ruam ini biasanya akan terdapat pada tungkai bawah atau bokong, dan jumlah ruam akan tergantung pada kondisi henoch schonlein purpura yang dialami.

Apa Gejala pada Henoch Schonlein Purpura?

Beberapa gejala yang terjadi pada pengidap penyakit ini, antara lain:

  • Peradangan pada sendi yang ditandai dengan rasa sakit serta bengkak pada sendi. Kasus ini jarang terjadi dan memengaruhi pergelangan kaki serta lutut. Kondisi ini biasanya akan berlangsung selama beberapa hari, dan akan sembuh dengan sendirinya.

  • Ruam kulit yang awalnya merupakan bintik-bintik merah kecil pada bawah kaki, siku, lutut, dan pantat. Ruam ini bahkan tampak seperti memar karena warnanya yang keunguan.

  • Kerusakan ginjal yang ditandai dengan adanya kandungan protein atau darah dalam urine.

  • Kram dan sakit perut akibat dari radang saluran pencernaan. Kondisi ini akan menyebabkan hilangnya naFsu makan, diare, muntah, bahkan adanya darah dalam feses.

Gejala pada henoch schonlein purpura biasanya akan berakhir selama kurang lebih 1-1.5 bulan. Selama periode tersebut, gejala bisa saja hilang dan timbul. Namun, kondisi ini bukan merupakan kondisi yang serius. Kendati demikian, jika organ ginjal dan usus yang terkena, pengobatan penting dilakukan guna mencegah komplikasi serius.

Baca juga: Alasan Henoch Schonlein Purpura Bisa Picu Kerusakan Ginjal

Apa yang Jadi Penyebab Henoch Schonlein Purpura?

Henoch schonlein purpura dapat terjadi ketika pembuluh darah mengalami peradangan, sehingga menimbulkan perdarahan dalam kulit. Belum diketahui apa yang jadi penyebab pasti dari henoch schonlein purpura. Namun, ada beberapa faktor yang jadi pemicu terjadinya kondisi ini, yaitu:

1. Anak-anak dengan kulit putih lebih rentan mengalami henoch schonlein purpura.

2. Penyakit ini menyerang seseorang pada usia berapapun, terutama anak-anak.

  • Henoch schonlein purpura jarang terjadi pada musim panas.

1. Penyakit ini lebih sering dialami oleh anak laki-laki daripada anak perempuan.

Penyakit henoch schonlein purpura ini dapat terjadi akibat oleh adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh yang dipicu oleh infeksi yang dialami sebelumnya. Pada sebagian besar pengidap henoch schonlein purpura, penyakit ini terjadi setelah mereka mengalami infeksi bakteri atau virus pada paru-paru atau tenggorokan.

Baca juga: Beragam Komplikasi Akibat Henoch Schonlein Purpura

Nah, jika gejala yang terjadi tidak segera ditangani dengan tepat, akan muncul komplikasi yang terkait dengan fungsi pada ginjal, seperti urine yang mengandung protein, urine disertai dengan darah, hipertensi atau darah tinggi, dan membengkaknya pergelangan kaki akibat adanya penimbunan cairan.

Jika kamu ingin bertanya lebih lanjut seputar masalah kesehatan di atas, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!