Beragam Komplikasi Akibat Henoch Schonlein Purpura

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Beragam Komplikasi Akibat Henoch Schonlein Purpura

Halodoc, Jakarta - Henoch schonlein purpura adalah sebuah penyakit radang yang jarang terjadi pada pembuluh darah kecil (kapiler). Biasanya, kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya. Gangguan ini adalah bentuk paling umum dari peradangan pembuluh darah anak-anak (vaskulitis) dan menghasilkan perubahan inflamasi pada pembuluh darah kecil.

Gejala-gejala dari henoch schonlein purpura biasanya terjadi secara tiba-tiba dan mungkin termasuk sakit kepala, demam, kehilangan nafsu makan, kram, sakit perut, menstruasi yang menyakitkan, gatal-gatal, diare berdarah, dan nyeri sendi. Bintik merah atau ungu biasanya juga muncul di kulit.

Perubahan inflamasi yang terkait dengan gangguan ini juga dapat berkembang di persendian, ginjal, sistem pencernaan, otak, serta sumsum tulang belakang. Selain itu, henoch schonlein purpura juga dapat memengaruhi kulit dan persendian pada pengidapnya.

Baca Juga : Pilihan Pengobatan untuk Penyakit Henoch Schonlein Purpura

Penyebab Henoch Schonlein Purpura

Henoch schonlein purpura disebabkan oleh respons sistem kekebalan yang tidak normal ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel dan organ tubuh sendiri. Umumnya, sistem kekebalan membuat antibodi atau protein untuk melindungi tubuh dari zat asing, seperti bakteri atau virus. Pada seseorang yang mengidap gangguan ini, antibodinya akan menyerang pembuluh darah sendiri.

Faktor-faktor yang menyebabkan respons sistem kekebalan ini belum diketahui. Namun, sekitar 30 hingga 50 persen kasus orang yang mengidap infeksi saluran pernapasan atas, seperti flu, sebelum terserang henoch schonlein purpura. Selain itu, HSP juga berhubungan beberapa gangguan berikut:

  • Infeksi seperti cacar air, campak, hepatitis, dan HIV.
  • Obat-obatan dan makanan.
  • Gigitan serangga.
  • Paparan cuaca dingin.
  • Trauma.

Selain itu, genetika juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengidap henoch schonlein purpura. Dalam beberapa kasus, gangguan tersebut menyerang orang dengan silsilah keluarga yang sama, termasuk pada bayi kembar.

Baca Juga : Apakah Henoch Schonlein Purpura Bisa Disembuhkan?

Komplikasi Henoch Schonlein Purpura

Pada kebanyakan orang yang mengidapnya, gejala yang terjadi dapat membaik dalam waktu sebulan, tanpa meninggalkan gangguan permanen. Namun, henoch schonlein purpura terbilang cukup umum untuk mengalami kekambuhan. Komplikasi yang terkait dengan henoch schonlein purpura meliputi:

  1. Kerusakan Ginjal

Komplikasi paling serius akibat henoch schonlein purpura adalah fungsi ginjal terganggu, sehingga sebabkan kerusakan ginjal. Risiko ini lebih besar pada orang dewasa dengan kondisi tersebut dibandingkan dengan anak-anak. Kadang-kadang kerusakan yang terjadi dapat cukup parah, sehingga dialisis atau transplantasi ginjal mungkin diperlukan.

  1. Sumbatan Usus

Dalam kasus yang jarang terjadi, henoch schonlein purpura dapat menyebabkan intususepsi, yaitu suatu kondisi ketika bagian usus terlipat ke bagian usus lainnya. Akibatnya, mencegah segala yang masuk pada tubuh untuk bergerak melalui usus. Gangguan jenis ini jarang terjadi pada orang dewasa.

Baca Juga : 3 Cara Pengobatan Henoch Schonlein Purpura

Pengobatan Henoch Schonlein Purpura

Gangguan yang dapat menyebabkan fungsi ginjal terganggu tersebut dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu satu bulan tanpa efek buruk yang berlangsung lama. Hal yang harus kamu lakukan untuk meredakan gangguan tersebut adalah beristirahat di tempat tidur, mengonsumsi banyak cairan dan penghilang rasa sakit yang dijual bebas.

  1. Obat-Obatan

Penggunaan obat kortikosteroid, seperti prednison, dalam mengobati atau mencegah komplikasi henoch schonlein purpura masih menjadi perdebatan. Obat tersebut paling sering digunakan untuk mengobati gejala gastrointestinal yang parah. Walau begitu, obat ini dapat memiliki efek samping yang serius dan kegunaannya mungkin tidak jelas. Maka dari itu, cobalah untuk berdiskusi dengan dokter kamu tentang  risiko dan manfaatnya.

  1. Operasi

Salah satu pengobatan yang dapat dilakukan untuk mencegah gangguan tersebut, terutama jika ada bagian usus yang terlipat atau pecah, adalah dilakukannya operasi.

Itulah beberapa komplikasi yang dapat terjadi pada seseorang yang mengidap henoch schonlein purpura. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!