06 October 2017

Kenali Efek Polusi Bagi Kulit dan Cara Mencegahnya

Kenali Efek Polusi Bagi Kulit dan Cara Mencegahnya

Halodoc, Jakarta - Gaya hidup, aktivitas yang padat, dan stres biasanya memicu masalah kulit yang rentan muncul di usia 15 tahun ke atas. Selain itu, faktor polusi juga turut menjadi penyebab utama yang mungkin tak pernah kamu sadari sebelumnya. Polusi mengandung radikal bebas dan partikel lain yang bisa meresap hingga ke dalam lapisan kulit dan menyebabkan masalah dalam jangka panjang, serta mempergelap sel kulit dari dalam. Di sisi luar, masalah kulit bisa terlihat dalam bentuk ruam, jerawat, eksim, kulit kering, noda hitam, dan bahkan penuaan dini. Sumber polusi dari kendaraan bermotor, industri, asap rokok, mesin fotocopy, pendingin ruangan, dan makanan yang tidak sehat patut kamu hindari dari sekarang.

Efek polusi bagi kulit yang berbahaya memang tidak bisa dibiarkan begitu saja. Jangan biarkan kulitmu bermasalah karena efek polusi bagi kulitmu. Lalu, bagaimana cara mencegah efek polusi bagi kulit?

[if !supportLists]1.    [endif]Rajin Bersihkan Wajah
Efek polusi bagi kulit dapat dicegah dengan cara sesederhana membersihkan wajah secara rutin. Pembersihan yang tepat memberi kulit kesempatan untuk menghirup oksigen yang dibutuhkan untuk mencegah penuaan dini. Bayangkan jika kulitmu tidak rutin dibersihkan? Kotoran, asap, dan debu dapat menumpuk di pori-pori setelah seharian di luar. Gunakan pembersih pilihan yang mengandung bahan alami, anti-oksidan dan vitamin. Sesekali, kamu juga bisa menggunakan masker untuk menyempurnakan perawatan wajah tersebut.

[if !supportLists]2.    [endif]Gunakan Sun Block
Polusi yang diikuti paparan sinar matahari tentu akan menjadi “double trouble” untuk kulitmu. Untuk itu, cegah efek polusi bagi kulit dengan menggunakan sun block setiap hendak beraktivitas di luar ruangan. Sunblock atau krim tabir surya ini bekerja menahan efek sinar UV agar tidak langsung berdampak pada kulit. Umumnya sunblock yang digunakan pada wajah antara SPF25 hingga SPF50, yang aman digunakan oleh kulit wajah. Bila perlu carilah jenis sunblock yang mampu melindungi kulit tidak hanya dari sinar UVB saja, namun juga melindung dari sinar UVA.

[if !supportLists]3.    [endif]Jangan Lupa Hand & Body Lotion
Seperti yang telah diketahui, mandi dan memakai sabun dapat menghilangkan kelembapan alami kulit. Apalagi jika terkena polusi? Maka dari itu, Pemakaian hand & body lotion setelah mandi akan mengganti kelembaban yang hilang sekaligus membantu menjaganya dari efek polusi bagi kulit. Usahakan juga pilih hand & body lotion yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulitmu ya. Tujuannya agar hasil yang dirasa pun lebih maksimal.

[if !supportLists]4.    [endif]Tidak Merokok
Dalam rokok, telah ditemukan 4.000 jenis bahan kimia dengan 40 jenis di antaranya bersifat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker). Selain itu, rokok juga mempercepat perkembangan keriput dan memperdalam keriput yang sudah ada. Hal ini terjadi karena dua faktor, yakni bahan kimia dalam rokok yang memengaruhi elastisitas kulitmu dan gerakan berulang saat merokok yang menciptakan kerutan di sekitar mulut dan hidung. Apalagi asap rokok ini juga termasuk ke dalam polusi yang berbahaya, bukan? Jadi, tidak ada salahnya untuk ‘putus hubungan’ dengan rokok demi terhindar dari efek polusi bagi kulit.

[if !supportLists]5.    [endif]Pakai Lip Balm
Selain kulit wajah, bagian lainnya yang juga harus kamu perhatikan adalah bibir. Dengan membawa dan menggunakan lip balm setiap saat akan membuat bibir kamu tetap lembap. Karena bibir kamu akan lebih cepat kering daripada kulit wajah. Jika kamu memiliki lip balm dengan kandungan SPF di dalamnya tentu hasilnya akan lebih maksimal.

Tidak sulit sebenarnya untuk menjaga kulit dari polusi. Hanya saja memang dibutuhkan komitmen dan ketelatenan lebih agar kulit sehat tetap kamu miliki seutuhnya.


Ingin tips lain seputar menjaga kulit dari berbagaimasalah? Jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter spesialis kulit melalui aplikasi Halodoc. Nikmati fitur-fitur kesehatan seperti Contact Doctor dan Pharmacy Delivery yang akan sangat memudahkan hidupmu bersama Halodoc. Beli sun block, lip balm serta berbagai obat yang kamu butuhkan dan download aplikasinya sekarang, hanya di Google Play dan App Store.

BACA JUGA: 4 Jenis Penyakit Kulit yang Perlu Diwaspadai