Kenali Gejala Khas Penyakit Gagal Ginjal

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Kenali Gejala Khas Penyakit Gagal Ginjal

Halodoc, Jakarta - Seperti namanya, gagal ginjal adalah kondisi ketika ginjal telah gagal dalam menjalankan fungsi sebagaimana mestinya. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini akan menyebabkan berbagai komplikasi serius. Jadi, penting untuk mengenali gejala gagal ginjal sedini mungkin, agar pengobatan bisa segera dilakukan.

Penyakit gagal ginjal dibagi menjadi dua tahap, yaitu:

  • Gagal ginjal akut (GGA). Kondisi ini terjadi saat ginjal tiba-tiba mengalami kerusakan secara mendadak, sehingga tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

  • Gagal ginjal kronis (GGK). Kondisi ini terjadi di mana fungsi ginjal mulai menurun secara progresif dalam beberapa bulan atau beberapa tahun yang sering hilang timbul. Umumnya gagal ginjal kronis timbul akibat dari kerusakan ginjal yang sudah parah dan bersifat permanen (irreversible).

Baca juga: Lebih Berbahaya Gagal Ginjal Akut atau Gagal Ginjal Kronis?

Waspadai Gejalanya

Umumnya, gejala gagal ginjal sulit dideteksi. Sebab, penyakit ini dapat dimulai dari gejala yang ringan dan cenderung samar, tetapi lama-kelamaan akan semakin parah seiring rusaknya fungsi ginjal. Kebanyakan pengidap gagal ginjal pun telah hidup dengan penyakit ginjal selama beberapa waktu, sebelum ciri-ciri gagal ginjal muncul. Berikut ini beberapa gejala gagal ginjal yang harus diwaspadai:

1. Mudah Lelah

Penurunan fungsi ginjal yang parah dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Hal ini bisa menyebabkan orang merasa lelah, lemah dan bisa membuat sulit berkonsentrasi. Komplikasi lain penyakit ginjal adalah anemia, yang dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan.

2. Kencing Berdarah

Ginjal yang sehat biasanya menjaga sel darah dalam tubuh saat menyaring limbah dari darah untuk menghasilkan urine. Namun, jika filter ginjal telah rusak, sel darah ini akan “bocor” ke dalam urine. Selain menandakan penyakit gagal ginjal, darah dalam urine juga bisa menjadi indikasi penyakit lainnya seperti batu ginjal ataupun infeksi.

3. Kencing Berbusa

Pernahkah kamu mengocok telur dan menemukan buih atau busa di permukaannya? Busa itu menandakan adanya kandungan protein dalam telur yang sedang dikocok. Nah, jika kamu melihat ada busa ketika berkemih, kamu perlu waspada, karena itu bisa jadi salah satu gejala gagal ginjal. Sebab, protein seharusnya tidak ada dalam kandungan urine.

Baca juga: Hati-Hati, Anak-Anak Juga Bisa Kena Gagal Ginjal Akut

4. Kulit Kering dan Gatal

Kulit kering dan gatal bisa menjadi gejala dari penyakit mineral dan tulang yang sering menyertai penyakit gagal ginjal stadium lanjut. Munculnya gejala kulit kering dan gatal menandakan jika ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah.

5. Pembengkakan Beberapa Bagian Tubuh

Penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan retensi natrium yang menyebabkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Itu sebabnya salah satu ciri atau gejala gagal ginjal yang bisa kita lihat adalah pembengkakan pada kaki, lengan, tangan, atau wajah karena akumulasi cairan yang berlebih di dalam tubuh.

Baca juga: Prosedur Cuci Darah Jika Alami Gagal Ginjal

6. Sakit Pinggang

Pengidap gagal ginjal umumnya akan mengeluhkan nyeri di bagian pinggang kanan atau kirinya. Lokasi ini bertepatan dengan keberadaan ginjal, dan ketika ada nyeri di daerah ini, patut dicurigai sebagai tanda kerusakan ginjal.

Itulah sedikit penjelasan tentang gejala gagal ginjal. Jika kamu mengalami tanda-tanda yang telah dipaparkan tadi, segera periksakan diri ke dokter di rumah sakit pilihan kamu. Untuk melakukan pemeriksaan, kini kamu bisa langsung buat janji dengan dokter di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc, lho. Tunggu apa lagi? Yuk download aplikasinya sekarang!