Kenali Makanan yang Membuat Jantung Makin Sehat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Kenali Makanan yang Membuat Jantung Makin Sehat

Halodoc, Jakarta – Tiap makanan yang dikonsumsi memengaruhi kondisi kesehatan tubuh, maka kamu dianjurkan konsumsi makanan bergizi seimbang agar tubuh terhindar dari risiko penyakit. Salah satu penyakit yang berpotensi mengancam nyawa adalah penyakit jantung. Selain rutin berolahraga, asupan makanan membantu menjaga kesehatan jantung. Lantas, apa saja makanan yang baik bagi kesehatan jantung?

Baca Juga: 5 Jenis Penyakit yang Berhubungan dengan Jantung

1. Kacang-Kacangan

Misalnya kacang merah sebanyak tiga cangkir seminggu. Kacang-kacangan mengandung fitonutrien dan antioksidan yang berperan penting dalam mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas. Kandungan serat dan air membuat kamu kenyang lebih lama.

2. Biji-Bijian Utuh

Gandum, beras merah, atau jagung membantu menurunkan risiko berbagai penyakit seperti jantung, diabetes, kanker, dan obesitas. Biji-bijian mengandung protein, serat, antioksidan, vitamin B, serta mineral penting seperti zat besi, seng, dan magnesium.

3. Apel

Apel dikenal sebagai makanan paling sehat hingga muncul kalimat “an apple a day, keep a doctor away”. Ternyata hal ini bukan sekadar ungkapan saja. Pasalnya apel mengandung senyawa alami seperti epicatechin, epigallocatechin, kaempferol, dan quercetin yang berperan dalam mencegah peradangan di dinding arteri. Senyawa alami tersebut mencegah peningkatan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang memicu penyumbatan arteri.

4. Bawang Putih

Bawang putih terkenal akan kandungan antioksidannya dalam mencegah kanker. Namun, tahukah kamu jika konsumsi bawang putih baik untuk jantung? Pasalnya bawang putih diduga mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh dan mengencerkan darah yang berdampak positif pada kelancaran sirkulasi darah dalam tubuh.

Baca Juga: Inilah 7 Manfaat Bawang Putih

5. Anggur

Anggur mengandung flavonoid dan serat yang baik untuk mencegah kerusakan jantung. Kandungan antioksidan dalam anggur mencegah pembekuan darah dan mengurangi kolesterol yang berpotensi menghambat kinerja pembuluh darah.

6. Minyak Ikan

Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang mampu mengurangi peradangan, menurunkan trigliserida dalam darah, dan mengurangi tekanan darah bagi pengidap hipertensi. Minyak ikan juga bisa mencegah plak aterosklerosis yang terbentuk di arteri. Bagi orang yang berisiko mengidap penyakit jantung, minyak ikan bisa mengurangi risiko aritmia (denyut jantung abnormal) yang fatal. Biasanya minyak ikan dikonsumsi dalam bentuk suplemen makanan.

7. Cokelat Hitam

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Heart menyebutkan bahwa cokelat hitam bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Hal ini diduga karena cokelat hitam mengandung flavonoid untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, mencegah penggumpalan darah, dan melancarkan aliran darah.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Cokelat Hitam yang Luar Biasa

Selain konsumsi makanan di atas, kamu juga dianjurkan untuk membatasi asupan garam harian, setidaknya tidak lebih dari lima gram per hari atau setara dengan lima sendok teh. Jangan lupa untuk rutin berolahraga, berhenti merokok, hindari makanan cepat, kurangi konsumsi lemak jenuh, tidur cukup, dan rutin memantau tekanan darah.

Itulah makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar kesehatan jantung, jangan ragu bertanya ke dokter Halodoc. Kamu bisa menggunakan fitur Talk to A Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!