• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Manfaat Zinc Oxide untuk Kesehatan Kulit

Kenali Manfaat Zinc Oxide untuk Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Kenali Manfaat Zinc Oxide untuk Kesehatan Kulit

“Zinc oxide adalah senyawa aktif yang umum ditemukan dalam produk perawatan tubuh dan wajah, seperti sunscreen, losion, atau produk pengobatan jerawat. Bukan itu saja, kandungannya juga terdapat dalam sejumlah produk salep untuk mengatasi ruam popok, dan losion bayi. Lantas, apa saja manfaat zinc oxide bagi kesehatan kulit?”

Halodoc, Jakarta – Zinc oxide bukanlah bahan alami, melainkan terbuat dari kombinasi zinc dan molekul oksigen yang sudah melalui tahap pemanasan. Prosesnya sendiri melalui penguapan, kondensasi, dan diolah menjadi bubuk putih yang terlihat seperti tepung atau bedak. Bahan ini berfungsi sebagai lapisan pelindung setelah dioleskan pada kulit.

Semakin sedikit dioleskan, maka semakin sedikit pula perlindungan terhadap paparan sinar UV dari matahari. Kandungannya dalam berbagai produk kecantikan kulit bukan tanpa alasan. Ternyata, kandungan bahan aktif ini memiliki sejumlah manfaat baik bagi kesehatan kulit. Berikut ini beberapa manfaatnya:

Baca juga: 5 Tips Membakar Lemak Pipi Secara Efektif

1. Mengatasi Jerawat

Manfaat zinc oxide yang pertama adalah mengatasi jerawat. Senyawa ini juga dapat mencegah munculnya jerawat pada kulit, dengan:

  • Mengurangi jumlah bakteri pemicu jerawat.
  • Mencegah tersumbatnya pori-pori yang menjadi pemicu jerawat.
  • Menurunkan produksi minyak atau sebum pada kulit wajah.
  • Mengecilkan ukuran pori-pori yang besar. 

Penggunaan zinc oxide sendiri biasanya dikombinasikan dengan antiradang, antibakteri, antioksidan, serta zinc gluconate atau zinc sulfat. Jika sejumlah bahan tersebut dicampur dengan zinc oxide, maka dapat membantu mengurangi tingkat keparahan, serta rasa nyeri akibat munculnya jerawat.

2. Mencegah Paparan Sinar UV

Sunscreen yang didalamnya terkandung zinc oxide dapat mencegah kulit terbakar akibat paparan sinar UV dari matahari. Namun, manfaat tersebut terkandung pada kadar zinc oxide dalam suatu produk. Umumnya, sebuah produk perawatan kulit seperti sunscreen mengandung 25-30 persen zinc oxide di dalamnya. Sedangkan untuk produk kecantikan, memiliki kandungan zinc oxide lebih rendah, yaitu sebanyak 10-19 persen saja.

3. Mencegah Infeksi Bakteri

Manfaat zinc oxide selanjutnya yaitu mencegah infeksi bakteri yang dapat mengganggu kesehatan kulit. Tidak jarang ditemukan kandungan senyawa ini dalam obat atau salep untuk meringankan luka pasca operasi. Tujuannya untuk meredakan kemerahan pada kulit, dan mengatasi nyeri, pembengkakan, serta peradangan kulit akibat penumpukan bakteri.

Baca juga: 3 Makanan yang Membuat Kulit Wajah Terlihat Kusam

4. Mengatasi Ruam dan Iritasi

Zinc oxide dapat digunakan untuk mengatasi iritasi akibat ruam popok. Jika dioleskan pada bagian yang terkena, zinc oxide akan membentuk lapisan perlindungan agar bagian tersebut tidak tergesek dan lukanya tidak bertambah parah. Kandungan aktif ini dapat mengatasi peradangan yang bersifat ringan. 

5. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat zinc oxide yang terakhir adalah mencegah penuaan penuaan dini. Kandungan dalam zinc oxide dapat menunjang proses pertumbuhan jaringan kulit dan kolagen baru, sehingga penampilan kulit dari luar tampak awet muda. Bukan itu saja, mengoleskan zinc oxide di kulit dapat mempercepat proses pemulihan kulit kering atau luka. Zinc oxide juga berperan dalam meningkatkan jumlah kandungan bahan aktif dalam suatu produk perawatan, sehingga manfaatnya lebih optimal.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Komedo

Meski zinc oxide jarang memicu reaksi alergi ketimbang produk senyawa kimia lainnya, tapi pada beberapa orang penggunaannya bisa memicu munculnya iritasi. Oleh karena itu, segera temui dokter di rumah sakit terdekat jika mengalami rasa gatal, pembengkakan, atau perih pada kulit setelah penggunaan. Sejumlah kondisi tersebut menjadi pertanda jika kamu sebaiknya menghentikan penggunaannya, terlebih jika kamu memiliki kulit yang sensitif.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi:

Dermascope. Diakses pada 2021. Zinc Oxide: Historical Uses and Modern Benefits.
Dr. Axe. Diakses pada 2021. Zinc Oxide Benefits for Protecting Your Skin from the Sun + More!
Livestrong. Diakses pada 2021. 5 Benefits of Zinc Oxide for the Skin and Face.
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2021. HOW TO FADE DARK SPOTS IN SKIN OF COLOR.