18 May 2017

Kenali Tanda Penyebab Vertigo Berikut Ini

Kenali Tanda Penyebab Vertigo Berikut Ini

Halodoc, Jakarta - Pernahkah Anda merasa tiba-tiba pusing dan merasakan diri Anda atau sekeliling seakan berputar, padahal tidak terjadi apa-apa?. Apabila ya, berarti kondisi seperti ini disebut sebagai vertigo. Kondisi vertigo ada yang ringan, tidak terlalu terasa dan tidak mengganggu aktivitas, tapi ada juga yang mengalami kondisi vertigo yang parah hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Vertigo bisa menyerang manusia dengan berbagai reaksi. Beberapa reaksinya yaitu pusing ringan yang muncul secara berkala sampai yang parah dan berlangsung cukup lama, bahkan hingga membuat si pengidap tak bisa melakukan aktivitas sebagaimana mestinya. Lalu, reaksi lainnya seperti hilangnya keseimbangan yang ditandai dengan kesulitan berdiri atau berjalan, berkeringat, mual, muntah dan nistagmus (gerakan mata yang tidak normal) adalah gejala yang menyertai vertigo.

Penyebab vertigo berawal dari gangguan telinga bagian dalam. Gangguan pada telinga ini akan menimbulkan masalah mekanisme keseimbangan tubuh.  Tidak hanya itu, penyebab vertigo  lainnya dapat berupa:

1.    Migrain yang ditandai dengan sakit kepala yang tak tertahankan

2.    Adanya gangguan di bagian kepala seperti tumor

3.    Obat-obatan tertentu yang bisa mengakibatkan tidak berfungsinya bagian telinga

4.    Adanya trauma atau luka di kepala atau leher

5.    Mengidap penyakit Meniere yaitu gangguan pada telinga bagian dalam

6.    Adanya Vestibular neuronitis yang merupakan inflamasi saraf vestibular di telinga bagian dalam

Cara Mengobati Vertigo
Bagi beberapa orang yang terkena vertigo bisa sembuh tanpa melakukan pengobatan. Kemungkinan ini bisa saja terjadi karena otak bisa menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi pada telinga bagian dalam. Sebenarnya vertigo bukan merupakan penyakit, tapi sering disebut sebagai gejala. Oleh karena itu cara mengobati vertigo tidak bisa sembarangan karena bergantung pada penyakit yang menyebabkannya.

Sementara untuk penyebab vertigo yang serius dan memerlukan langkah pengobatan khusus, biasanya langkah-langkahnya adalah:

1.    Dengan mengonsumsi obat-obatan misalnya prochlorperazine dan antihistamin. Tapi perlu diketahui jika biasanya obat-obatan ini hanya efektif untuk tahap awal dan tidak disarankan untuk dikonsumsi jangka panjang.

2.    Cara mengobati vertigo lainnya bisa memanfaatkan terapi rehabilitasi vestibular. Terapi ini membantu untuk mengurangi frekuensi vertigo. Lewat terapi ini pula, berguna untuk membantu otak agar bisa menyesuaikan diri dengan sinyal yang tidak dikenal dari telinga yang menjadi penyebab vertigo.


Sebaiknya Anda periksakan gejala vertigo Anda kepada dokter jika tidak juga membaik. Dokter akan menanyakan gejala Anda, memeriksa kondisi Anda dan menyarankan pemeriksaan dan pengobatan selanjutnya. Anda juga bisa mencegah atau mengurangi kemunculan gejala vertigo dengan melakukan langkah-langkah di bawah ini, seperti:

1.    Segeralah duduk jika vertigo melanda

2.    Pakailah beberapa bantal agar posisi kepala ketika tidur menjadi lebih tinggi

3.    Jangan bergerak secara tiba-tiba agar tidak terjatuh

4.    Gerakkan kepala dengan perlahan-lahan

5.    Harap jangan membiasakan melakukan gerakan mendongak, berjongkok, atau tubuh membungkuk

6.    Jika Anda memiliki penyakit Meniere, kurangi mengonsumsi garam pada menu sehari-hari.


Diatas merupakan informasi terkait gejala vertigo dan cara mengobatinya yang bisa Anda ikuti. Lakukanlah pengecekkan kesehatan secara rutin pada dokter, agar penyakit atau gejala yang tidak diinginkan bisa dideteksi sedini mungkin. Melakukan interaksi dengan dokter saat ini tidak perlu harus datang ke rumah sakit atau klinik. Karena sekarang sudah dimudahkan dengan hadirnya aplikasi dokter khusus kesehatan yaitu Halodoc. Lewat aplikasi Halodoc, Anda bisa berbincang soal kesehatan dengan dokter yang ahli dibidangnya. Interaksi bisa Anda lakukan dengan call, chat, atau video call. Selain itu, Anda juga bisa memesan obat langsung melalui smartphone di aplikasi Halodoc yang bisa di download pada App Store atau Google Play