• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Langkah-Langkah Meredakan Gejala Vertigo di Rumah

Langkah-Langkah Meredakan Gejala Vertigo di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Pernah mengalami pusing yang disertai sensasi berputar? Kamu bisa jadi mengalami penyakit vertigo. Gejala vertigo yang dialami tiap pengidap berbeda yang disesuaikan dengan tingkat keparahan vertigo yang dialami. Vertigo yang masuk dalam kategori ringan terjadi dalam waktu yang tidak terlalu lama. Namun, vertigo yang terbilang parah menyebabkan pengidapnya hingga terjatuh atau alami penurunan kesadaran.

Baca juga: Mengidap Vertigo, Ini yang Akan Dialami Tubuh

Vertigo membutuhkan penanganan dengan segera. Melakukan perawatan mandiri di rumah agar vertigo yang dialami tidak semakin memburuk. Selain itu, gejala yang dialami dapat mereda. Ketahui langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk meredakan vertigo di rumah.

Kenali Gejala Vertigo

Gangguan telinga bagian dalam dan gangguan pada saraf otak menjadi penyebab utama dari vertigo. Selain itu, ada beberapa penyebab lainnya yang meningkatkan risiko seseorang alami vertigo, seperti penyakit meniere, penyakit parkinson, riwayat migrain, diabetes, bahkan saat hamil. 

Pengidap vertigo umumnya mengalami beberapa gejala, seperti pusing yang membuat pengidapnya serasa berputar, mual, muntah, berkeringat, mengalami gangguan pada pendengaran, dan pergerakan bola mata yang tidak normal.

Jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat saat mengalami gejala yang lebih parah dari vertigo, seperti tidak dapat berbicara, alami penurunan kesadaran, kesulitan berjalan, demam, hingga anggota tubuh yang lemas.

Vertigo yang berulang dan cukup berat perlu penanganan medis. Penggunaan obat-obatan, tindakan bedah, atau terapi menjadi beberapa pengobatan yang bisa dilakukan dalam mengatasi vertigo yang terjadi secara berulang dan cukup parah. Namun, vertigo yang terjadi dalam beberapa saat dan jarang dialami, dapat diatasi untuk sementara dengan melakukan beberapa perawatan secara mandiri di rumah.

Baca juga: Kenali Tanda dan Penyebab Vertigo Berikut Ini

Inilah Langkah Meredakan Vertigo di Rumah

Vertigo yang terjadi secara tiba-tiba terkadang membuat pengidapnya panik. Sebaiknya tetap tenang saat mengalami vertigo. Jika kamu sedang berdiri, segera posisikan tubuh dengan posisi duduk yang nyaman. Jika vertigo terjadi saat kamu dalam posisi berbaring, hindari posisi miring dan berbaringlah dengan posisi kepala yang lebih tinggi dari bahu. Hindari melakukan kegiatan yang menyebabkan kepala mendongak ke atas. Jika pusing sudah membaik, segera konsumsi air putih dan hindari mengonsumsi minuman atau makanan yang memicu vertigo. 

Kamu juga bisa melakukan beberapa latihan untuk mengurangi gejala vertigo yang dialami, salah satunya adalah manuver epley. Langkah awal ketahui vertigo berasal dari sisi kiri atau kanan kepala. Kemudian, kamu perlu duduk di pinggir tempat tidur. Jika vertigo berasal dari sisi kiri miringkan kepala sebanyak 45 derajat ke arah kiri.

Letakkan bantal di belakang dan pastikan bantal berada di belakang punggung saat kamu berbaring. Kemudian, berbaring dengan gerakan cepat, tunggu 30 detik, lalu gerakan kepala ke arah sebaliknya dan tunggu 30 detik. Setelah itu duduk secara perlahan. Lakukan gerakan sebaliknya jika vertigo berasal dari kanan.

Baca juga: Hati-Hati, 7 Kebiasaan Ini Dapat Memicu Vertigo

Dilansir dari Healthline, rutin melakukan olahraga yoga atau tai chi juga bisa menjadi cara untuk mengatasi dan menghindari vertigo yang terjadi secara berulang. Berlatih secara rutin membuat vertigo dapat berangsur membaik. Jangan ragu untuk segera bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc jika vertigo yang dialami tidak membaik meskipun telah lakukan perawatan mandiri di rumah.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 10 Home Remedies for Vertigo
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2020. Home Epley Maneuver