• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Tanda-Tanda Claustrophobia yang Perlu Dipahami

Kenali Tanda-Tanda Claustrophobia yang Perlu Dipahami

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kenali Tanda-Tanda Claustrophobia yang Perlu Dipahami

“Claustrophobia adalah rasa takut yang timbul saat berada di tempat yang sempit. Fobia ini tentu menimbulkan beberapa tanda saat terjadi, seperti sesak napas dan jantung berdetak cepat. Agar tidak mengalaminya, penting untuk menghindari beberapa kondisi penyebabnya.”

Halodoc, Jakarta – Ada banyak jenis fobia yang dapat terjadi pada seseorang dan menimbulkan ketakutan yang parah. Nah, ternyata ada satu juga gangguan fobia yang disebabkan oleh rasa takut akan tempat sempit, yang disebut juga claustrophobia. 

Meski begitu, masih banyak orang yang tidak sadar jika dirinya mengalami fobia ini. Salah satu cara untuk memastikan jika kamu mengidap claustrophobia atau tidak adalah dengan mengetahui tanda-tandanya. Nah, ketahui beberapa tanda dari claustrophobia di sini!

Baca juga: Fobia Ruang Sempit? Begini Cara Mengatasinya

Berbagai Tanda saat Seseorang Mengidap Claustrophobia

Claustrophobia adalah gangguan kecemasan yang menyebabkan seseorang mengalami ketakutan intens pada ruang tertutup. Jika kamu menjadi sangat gugup atau panik saat berada di sebuah ruangan yang sempit seperti lift, maka kemungkinan besar kamu mengidap fobia ini. Terkadang gangguan ini bisa menyulitkan pengidapnya untuk melakukan aktivitas.

Beberapa orang dapat mengalami gejala dari claustrophobia saat dirinya berada di semua jenis area tertutup dan/atau sempit. Sementara itu, beberapa orang dengan masalah fobia ini hanya mengalaminya saat berada di ruang sempit tertentu, seperti berada di dalam mesin MRI. Bahkan beberapa orang juga menyebut jika mengenakan pakaian dengan leher ketat juga dapat memicu tanda claustrophobia.

Namun, apa saja sih gejala dari claustrophobia yang biasanya terjadi? Gangguan claustrophobia dapat menyebabkan tanda yang berbeda-beda pada setiap orang. Masalah ini menyebabkan perasaan gugup yang ringan hingga serangan panik yang parah. Saat masalah ini sudah dapat memengaruhi kehidupan, berarti gangguannya sudah cukup serius.

Nah, berikut beberapa tanda-tanda claustrophobia lainnya yang perlu diketahui:

  • Sesak napas.
  • Detak jantung yang cepat.
  • Banyak mengeluarkan keringat.
  • Tubuh yang gemetar.
  • Mual dan pusing.
  • Dada sesak.
  • Kebingungan atau disorientasi.
  • Sakit kepala.

Selain itu, seseorang dengan penyakit ini dapat merasakan sensasi seperti dunia akan berakhir atau bahkan kematian. Perasaan ini bisa sangat menakutkan, padahal tidak sedang dalam keadaan berbahaya. Mungkin saja pengidapnya sadar jika rasa takut yang dirasakan tidak rasional, tetapi tetap sulit untuk menghentikannya.

Serangan panik akibat claustrophobia dapat terjadi dengan sangat intens dan berlangsung selama 5-30 menit atau hingga keluar dari keadaan yang menyebabkan fobia ini kambuh.

Maka dari itu, saat masalah ini semakin sering terjadi, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan ke psikolog atau psikiater agar dapat meredam rasa cemas saat serangan fobia terjadi.

Kamu bisa melakukan pemeriksaan terkait fobia ini pada psikolog/psikiater dari Halodoc. Selain itu, pemeriksaan langsung juga bisa dilakukan dengan melakukan pemesanan pada ahli medis di beberapa rumah sakit yang bekerja sama dengan Halodoc. Untuk mendapatkan kemudahan dalam akses ini, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Baca juga: Ketakutan Biasa dan Fobia, Bagaimana Cara Membedakannya?

Pengidap Claustrophobia Takut Terhadap Pengobatan

Seseorang yang mengidap fobia ini dapat menyebabkan kelumpuhan sesaat dan kesadaran yang menurun ini memang berpikir jika rasa takutnya tidak rasional. Namun, pengobatan yang dilakukan kerap dianggap menyebabkan rasa cemas lebih lanjut.

Hal ini karena sebagian besar pilihan pengobatan yang dilakukan bergantung pada situasi atau objek yang ditakutkan, sehingga rasa enggan semakin tinggi. Maka dari itu, dukungan dan dorongan dari orang-orang terdekat sangat penting.

Seseorang yang sedang berusaha mengatasi fobia ini harus melewati perawatan yang sangat menantang, sehingga membutuhkan pengertian dan dukungan dari semua orang agar mampu melewatinya. Bahkan, menghadiri sesi perawatan sangat berarti bagi pengidap claustrophobia sebagai dukungan.

Baca juga: Ketahui Jenis Fobia, Penyebab Rasa Takut yang Berlebihan

Nah, dengan mengetahui berbagai tanda yang timbul saat mengalami claustrophobia, kamu bisa menolong orang yang kamu kenal saat masalah ini kambuh. Mungkin saja, pengidapnya mengalami kekakuan tubuh secara tiba-tiba ketika fobia ini kambuh. Dengan cepat tanggap, kamu dapat menolong agar gangguan tidak terjadi terlalu lama.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Web MD. Diakses pada 2021. Claustrophobia.
Better Health. Diakses pada 2021. Claustrophobia.