16 October 2018

Kenapa Telinga Berdenging Saat Naik Pesawat?

Kenapa Telinga Berdenging Saat Naik Pesawat?

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu sering bepergian dengan menggunakan pesawat? Jika iya, apa yang kamu rasakan ketika pesawat sedang mengudara? Selain tekanan yang tidak nyaman, napas yang terasa pendek, kepala menjadi mudah pusing, kamu akan merasakan telinga berdenging. Nah, sebenarnya apa yang membuat telinga kamu berdenging saat naik pesawat?

Penyumbatan pada Saluran Tabung Eustachius

Suara berdenging pada telinga disebabkan karena terjadinya penyumbatan pada saluran tabung eustachius. Saluran ini menghubungkan telinga bagian tengah dengan hidung dan berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan udara pada telinga tengah dengan tekanan udara yang ada di luar telinga.

Ketika berada di ketinggian yang mencapai ribuan kaki, telinga harus beradaptasi dengan perubahan tekanan udara di dalam kabin. Namun, ini bukan hal yang mudah dilakukan. Akibatnya, udara terperangkap di dalam telinga dan menyebabkan munculnya denging yang diikuti oleh rasa nyeri.

Risiko telinga berdenging semakin tinggi jika ukuran tabung eustachius terbilang kecil, seperti yang dimiliki bayi atau balita, seseorang yang mengalami flu, memiliki sinus, sedang mengidap rhinitis, dan terjadi infeksi pada telinga bagian tengahnya. Bahkan, tertidur di dalam pesawat ketika sedang mendarat atau lepas landas bisa membuat telinga berdenging.

Mengatasi Telinga Berdenging

Lalu, apa yang harus dilakukan jika muncul denging pada telinga ketika sedang berada di dalam pesawat? Beberapa cara berikut ini bisa mengurangi denging dan rasa nyeri pada telinga.

  • Mengunyah atau Mengisap Permen

Cara pertama dengan mengunyah permen karet atau mengisap permen biasa. Aktivitas ini bisa membantu menyeimbangkan tekanan udara di luar dan di dalam telinga. Namun, tentu bayi berisiko ketika mengunyah permen karet, padahal denging pada telinga bayi cenderung lebih keras dan menyakitkan karena ukuran tabung eustachius yang terbilang lebih kecil.

Solusinya, coba berikan susu agar ia melakukan aktivitas yang berhubungan dengan menelan, atau dengan memberinya biskuit lunak. Orang tua dapat menghubungi dokter untuk mengurangi rasa sakit ketika telinga berdenging pada bayi. Biasanya, dokter meresepkan obat yang dapat dikonsumsi selama penerbangan.

  • Menelan

Cara kedua adalah dengan menelan. Saat kamu mengonsumsi sesuatu selama di pesawat, kamu mungkin sering mendengar bunyi seperti “klik” yang muncul bersamaan dengan ketika kamu menelan makanan. Suara ini merupakan gelembung udara yang mengalami pergerakan, dari hidung bagian belakang menuju telinga bagian tengah melalui tabung eustachius. Tabung ini memastikan udara terus mengisi telinga bagian tengah.

  • Melakukan Manuver Valsava

Cara ketiga ini mungkin terdengar asing. Manuver valsava adalah aktivitas mencubit hidung dan menutup mulut dengan menggembungkannya. Beri dorongan sehingga udara menuju telinga dengan diikuti bunyi “pop”. Namun, jika kamu sedang demam atau alergi, jangan melakukannya karena akan menyebabkan terjadinya infeksi telinga.

Kamu juga bisa menanyakan pada dokter apabila mengalami telinga berdenging dan terasa mengganggu. Tak perlu berkunjung ke klinik, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc dan memilih layanan Tanya Dokter. Namun, aplikasi Halodoc harus kamu download dulu di ponsel kamu.

 

Baca juga: