19 September 2018

Kenapa Telinga Berdengung saat Naik Pesawat?

Telinga berdengung, mengatasi telinga berdengung, pesawat, naik pesawat

Halodoc, Jakarta - Kamu pasti pernah merasakan telinga berdengung saat naik pesawat. Rasa sakit ini tentunya akan membuat kamu merasa tidak nyaman, bukan? Telinga yang berdengung saat naik pesawat ini sering disebut dengan gangguan tuba eustachius.

Telinga berdengung saat naik pesawat disebabkan oleh tersumbatnya saluran tuba yang ada di telinga. Saluran tuba merupakan saluran yang ada dari bagian telinga tengah hingga belakang hidung. Saluran ini berfungsi sebagai penyeimbang tekanan udara di telinga tengah dengan tekanan udara di luar telinga.

Saat kamu berada di ketinggian ribuan meter dari permukaan laut, telinga kesulitan untuk beradaptasi dengan tekanan udara yang berada di dalam kabin. Akibatnya udara terperangkap dan menjadi penyebab telinga berdengung atau nyeri saat naik pesawat.

Cara Mengatasi Telinga yang Berdengung saat Naik Pesawat

Meskipun wajar terjadi, telinga berdengung saat naik pesawat bisa sangat mengganggu bagi sebagian orang yang hendak melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi pesawat. Rasa nyeri yang luar biasa pada telinga tidak hanya mengganggu pendengaran, tetapi juga mengganggu sistem keseimbangan tubuh. Sebab seperti yang diketahui, telinga tidak hanya berperan sebagai organ pendengaran, tetapi juga berperan dalam sistem keseimbangan.

Lalu apakah kondisi ini tidak bisa diatasi? Tentu saja bisa. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi telinga berdengung ketika naik pesawat.

1. Minum Air

Minum air juga bisa menjadi solusi tepat untuk mengurangi telinga berdengung saat naik pesawat. Aktivitas menelan ketika kita mengkonsumsi air akan membantu saluran tuba terbuka, sehingga mencegah dengungan. Jika kamu akan bepergian menggunakan pesawat, sediakan stok air lebih banyak. Jika orang-orang terdekat kamu juga sering mengalami kondisi ketika telinga berdengung, segera berikan air putih atau susu sebagai langkah antisipasi.

2. Mengunyah

Mengunyah juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mencegah telinga berdengung dan nyeri saat naik pesawat. Ketika mengunyah, secara otomatis saluran tuba akan membuka dan menutup. Ketika mengunyah, secara otomatis akan menelan ludah. Proses tersebut berguna untuk mengurangi dengungan di dalam telinga. Selain itu, rasa nyeri pada telinga juga bisa dihindari.

Untuk metode ini, kamu bisa menyediakan permen karet setiap kali akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Kunyahlah permen karet tersebut selama perjalanan. Cara tersebut efektif untuk merangsang produksi air ludah yang selanjutnya akan ditelan, sehingga telinga tidak berdengung saat naik pesawat.

3. Lakukan Gerakan Seperti Menguap

Gerakan menguap ternyata juga bisa membantu menyeimbangkan tekanan udara di dalam dan luar telinga. Untuk mencegah atau mengurangi dengungan di telinga, lakukanlah gerakan menguap selebar dan sekeras mungkin. Cara tersebut mungkin sedikit aneh bagi kamu, tapi tergolong efektif mengurangi dengungan. Lakukan gerakan menguap tersebut beberapa kali hingga dengungan telinga berkurang.

4. Menggunakan Cairan Tetes Hidung

Jika kamu sedang mengidap penyakit flu, kamu bisa menerapkan metode ini. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, seseorang yang sedang mengalami flu akan sangat rentan merasakan telinga berdengung saat naik pesawat. Hidung biasanya akan mengalami kondisi tersumbat.

Untuk mengatasi hal tersebut, gunakanlah obat tetes hidung. Lakukan cara tersebut sebelum kamu naik pesawat. Selain obat tetes hidung, kamu juga bisa mengkonsumsi obat yang berguna untuk mengatasi hidung tersumbat. Jika pesawat mengudara lebih dari 8 jam, metode tersebut bisa kamu ulangi di dalam pesawat. Cara tersebut berguna untuk mencegah penyumbatan hidung dan membuka saluran tuba.

Nah, cara-cara di atas bisa kamu praktekkan jika kamu ingin bepergian menggunakan pesawat terbang. Jika kamu mengalami dengung secara berkepanjangan, kamu bisa berdiskusi langsung dengan dokter ahli di Halodoc. Selain berdiskusi juga kamu dapat langsung membeli obat dengan layanan apotek antar dari Halodoc. Yuk, download aplikasinya di App Store dan Google Play!

Baca juga: