Alergi Dingin

Pengertian Alergi Dingin

Tidak semua orang dapat merasa nyaman menghadapi udara dingin. Dalam dunia medis dikenal istilah urtikaria (alergi dingin) yaitu munculnya bilur yang terasa gatal dan kulit menjadi kemerahan. Alergi dingin yang dialami setiap orang berbeda-beda cirinya. Bagi sebagian orang, ada yang dapat kehilangan kesadaran, tekanan darah turun, hingga berakibat fatal. Siapa saja dapat terkena alergi ini, namun orang pada usia remaja adalah yang paling sering terkena alergi dingin. Pada remaja, alergi dingin biasanya dapat menghilang sepenuhnya dalam beberapa tahun.

Gejala Alergi Dingin

  • Tangan bengkak saat bersentuhan dengan benda dingin
  • Muncul bilur pada kulit yang terasa gatal
  • Biibir dan tenggorokan bengkak saat mengonsumsi makanan & minuman dingin
  • Kulit kemerahan
  • Jika kulit terasa semakin hangat gejala akan semakin parah

Penyebab Alergi Dingin

Alergi dapat muncul saat kulit berada dalam cuaca dingin dan berisiko muncul dalam kondisi yang berangin dan lembab. Penelitian menemukan bahwa alergi dingin disebabkan oleh pelepasan histamin dan zat kimia dalam aliran darah yang dipicu oleh udara dingin. Namun demikian, belum ditemukan secara pasti kenapa tubuh bereaksi demikian terhadap udara dingin.

Pengobatan Alergi Dingin

Pada kasus alergi dingin yang parah bisa berakibat fatal seperti pembengkakan pada tenggorokan dan lidah sehingga menyebabkan kesulitan bernafas, reaksi anafilaksis penyebab tekanan darah turun, jantung berdebar, pingsan, hingga pembengkakan lengan dan kaki (torso).

Umumnya, alergi dingin dapat menghilang dengan sendirinya dalam kurun waktu mingguan hingga bulan, namun ada pula yang bertahan cukup lama. Untuk itu, jika kamu tiba-tiba merasa muncul tanda-tanda alergi dingin, sebaiknya langsung periksakan ke dokter.

Pencegahan Alergi Dingin

Bagi pengidap alergi dingin, disarankan untuk tidak berenang di air dingin. Saat seluruh permukaan kulit terpapar dingin dapat menimbulkan reaksi parah sehingg menyebabkan pengidap kehilangan kesadaran hingga tenggelam.

Kapan Harus ke Dokter?

Jika mengalami tanda dan gejala alergi dingin di atas, segera berbicara dengan dokter untuk mengetahui penyebab dan mendapat penanganan yang tepat.