Ini Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Pengobatan Alergi Dingin

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   27 Februari 2024

“Alergi dingin menyebabkan ruam dan gatal akibat terpapar suhu dingin. Kamu bisa menghubungi dokter di Halodoc untuk mengetahui cara pengobatan dan pencegahannya.”

Ini Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Pengobatan Alergi DinginIni Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Pengobatan Alergi Dingin

DAFTAR ISI

  1. Dokter yang Bisa Bantu Pengobatan Alergi Dingin

Halodoc, Jakarta – Alergi bukan hanya dipicu oleh makanan saja. Nyatanya, suhu dan cuaca juga bisa memicunya. Salah satu contohnya adalah alergi dingin, kondisi ini dapat timbul ketika kulit terpapar udara dingin, terutama dalam kondisi berangin dan lembap. 

Hal ini terjadi karena pelepasan histamin dan zat kimia lainnya dalam aliran darah yang dipicu oleh udara dingin. Orang yang mengalami alergi ini akan mengalami ruam atau gatal-gatal di kulit setelah mengonsumsi makanan atau minuman dingin.

Menempatkan es pada kulit, berenang atau berendam di air dingin, atau beraktivitas di luar ruangan saat cuaca dingin juga bisa memicu alergi. 

Dokter yang Bisa Bantu Pengobatan Alergi Dingin

Apabila kamu mengalami tanda-tanda alergi dingin atau sering mengalami kekambuhan, segera hubungi dokter di Halodoc untuk mendapatkan perawatan tepat.

Nah, berikut beberapa dokter yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun yang bisa kamu hubungi.  

Dokter-dokter ini juga mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

Ini daftarnya:

1. dr. Nuriati Harahap

Selanjutnya, ada dr. Nuriati Harahap yang bisa kamu hubungi. Ia adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara pada 2010.

Dokter Nuriati Harahap kini berpraktik di Kab. Serdang Bedagai, Sumatera Utara dan tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Memiliki pengalaman sebagai dokter umum selama 14 tahun, dr. Eka Wijaya Warmandana bisa  memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait perawatan dan pencegahan alergi dingin. 

Chat dr. Nuriati Harahap dari Rp 22.500,- di Halodoc.

2. dr. Septianus Hermanto

Kamu bisa menghubungi dr. Septianus Hermanto untuk mendapatkan solusi pengobatan alergi dingin. Ia adalah alumnus Fakultas Kedokteran UKRIDA pada 2007.

Saat ini,  dr. Septianus Hermanto membuka praktik di Bekasi, Jawa Barat dan masih tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI). 

Berbekal pengalaman selama 16 tahun, dr. Septianus Hermanto bisa memberikan layanan konsultasi berbagai penyakit umum di Halodoc, termasuk alergi dingin.

Catat, Ini 4 Penyebab Tubuh Mengalami Alergi Dingin.

Chat dr. Septianus Hermanto mulai dari Rp 22.500,- di Halodoc.

3. dr. Cintya Andriani

Kamu juga bisa hubungi dr. Cintya Andriani yang merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Andalas pada 2016.

Kini ia membuka praktik di Padang, Sumatra Barat dan masih tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI). 

Berbekal pengalaman selama 6 tahun, dr. Cintya Andriani bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar penyakit alergi, termasuk alergi dingin.  

Chat dr. Cintya Andriani mulai dari Rp 22.500,- di Halodoc.

4. dr. Lim Jen Siong

Dokter Lim Jen Siong merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara pada 2005.

Ia saat ini berpraktik di Jakarta Utara dan tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Berpengalaman sebagai dokter umum selama 18 tahun, dr. Lim Jen Siong mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait cara mengobati alergi dingin yang menyebabkan ruam.

Chat dr. Lim Jen Siong dari Rp 45.000,- di Halodoc.

5. dr. Eka Wijaya Warmandana

Pilihan dokter lain yang bisa kamu hubungi, yaitu dr. Eka Wijaya Warmandana. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman pada 2016.

Saat ini dr. Eka Wijaya Warmandana berpraktik di Banyumas dan Purwokerto, Jawa Tengah. Ia tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Berbekal pengalaman sebagai dokter umum selama 6 tahun, dr. dr. Eka Wijaya Warmandana bisa  memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait alergi dingin.

Selain alergi dingin, alergi debu juga sangat mengganggu tubuh pengidap. Untuk itu, ketahui Cara Ampuh Mengatasi Alergi Dingin dan Debu.

Chat dr. Eka Wijaya Warmandana dari Rp 22.500,- di Halodoc.

Itulah beberapa dokter di Halodoc yang bisa bantu perawatan alergi dingin.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline.

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc. 

Yuk gunakan Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Cold urticaria.
Healthline. Diakses pada 2023. Can You Be Allergic to the Cold?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan