Autisme

Pengertian Autisme

Autism spectrum disorder (ASD) atau lebih sering disebut autisme merupakan gangguan perkembangan saraf yang memengaruhi kemampuan seorang anak untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan berperilaku. Bukan hanya autisme, ASD juga mencakup sindrom Asperger, sindrom Heller, dan gangguan perkembangan pervasif (PPD-NOS).

Gejala Autisme

Gejala autisme digolongkan dalam dua kategori yaitu:

  • Kategori Pertama : Penyandang autisme dengan gangguan interaksi sosial dan komunikasi. Gejala ini dapat meliputi masalah kepekaan terhadap lingkungan sosial dan gangguan penggunaan bahasa verbal maupun non verbal.
  • Kategori Kedua : Penyandang austime dengan gangguan yang meliputi pola pikir, minat, dan perilaku yang terbatas serta bersifat pengulangan. Contoh gerakan repetitif, misalnya mengetuk-ngetuk atau meremas tangan, serta merasa kesal saat rutinitas tersebut terganggu.

Umumnya, penyandang autisme cenderung memiliki masalah dalam belajar dan kondisi kejiwaan lainnya, seperti gangguan hiperaktif atau disebut juga Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), gangguan kecemasan, dan depresi.

Pengobatan Autisme

Pengidap austisme tidak dapat disembuhkan, oleh karena itu orang tua harus mewaspadai gejalanya sedini mungkin. Ada banyak jenis penanganan autisme untuk membantu penyandang autisme agar dapat menyesuaikan diri dalam kehidupan sehari-hari dan mencapai potensi dalam diri mereka secara maksimal.

Faktor-faktor yang jadi pemicu autisme adalah:

  • Jenis kelamin. Anak laki-laki memiliki risiko hingga 4 kali lebih tinggi mengalami autisme dibandingkan dengan anak perempuan.
  • Faktor keturunan. Orang tua seorang pengidap autisme berisiko kembali memiliki anak dengan kelainan yang sama.
  • Penularan selama dalam kandungan. Contohnya, efek samping terhadap minuman beralkohol atau obat-obatan (terutama obat epilepsi untuk ibu hamil) selama dalam kandungan.
  • Pengaruh gangguan lainnya, seperti sindrom Down, distrofi otot, neurofibromatosis, sindrom Tourette, lumpuh otak (cerebral palsy) serta sindrom Rett.

Kelahiran prematur, khususnya bayi yang lahir pada masa kehamilan 26 minggu atau kurang

Pencegahan Autisme

Langkah awal yang harus diambil oleh orang tua apabila Si Kecil menunjukkan gejala ini adalah dengan menghubungi dokter. Penanganan sedini mungkin pada penyandang autisme dapat meningkatkan keefektifan perkembangan kondisi ini.

Kapan Harus ke Dokter?

Jika Si Kecil mengalami tanda dan gejala di atas, segera berbicara dengan dokter untuk mengetahui penyebab dan mendapat penanganan yang tepat.