• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Kondisi Darurat yang Harus Membutuhkan CT scan

4 Kondisi Darurat yang Harus Membutuhkan CT scan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Pemeriksaan fisik sangat disarankan untuk dilakukan rutin setiap tahunnya. Salah satu yang dilakukan saat pemeriksaan dilakukan adalah proses CT scan. Metode ini menggunakan sinar-X untuk menggambarkan bagian dalam tubuh secara mendetail. Faktanya, CT scan juga harus dilakukan terhadap beberapa kondisi darurat. Namun, kondisi apa saja yang mewajibkan untuk dilakukan metode yang menggunakan sinar-X ini? Simak ulasannya di sini!

Beberapa Kondisi Darurat yang Harus Dilakukan CT scan

Saat seseorang terluka atau sakit, terlebih lagi jika keadaannya darurat, maka memastikan kondisi yang menjadi penyebabnya penting untuk dilakukan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendiagnosisnya adalah dengan metode CT scan. Metode pencitraan ini dapat memberikan gambaran yang lebih baik tentang gangguan yang terjadi di dalam tubuh, sehingga penanganan yang dilakukan tepat sasaran.

Baca juga: Kapan Seseorang Perlu Melakukan CT Scan?

Meski begitu, tidak banyak orang yang tahu tentang urgensi dari pemeriksaan ini meskipun tahu jika tubuhnya dalam keadaan tidak baik. Metode pemeriksaan ini juga kerap dilakukan pada seseorang yang sedang mengalami keadaan darurat. Namun, jenis kondisi darurat yang seperti apa yang harus mendapatkan pemeriksaan CT scan? Berikut ini pembahasan lebih lengkap tentang hal tersebut:

1. Tidak Dapat Melakukan MRI

Salah satu kondisi yang harus mendapatkan CT scan adalah saat seseorang tidak dapat mendapatkan pemeriksaan dengan metode MRI. Memang tidak semua prosedur dilakukan dengan cara yang sama, terkadang beberapa hal membatasi metode pemeriksaan. MRI dan CT scan relatif mirip, tetapi mungkin terdapat beberapa alasan dokter lebih memilih salah satunya. 

Cara ini umumnya dilakukan pada seseorang yang mengalami cedera karena tidak memungkinkan berada dalam posisi berbaring diam atau nyaman selama 30–60 menit. CT scan tidak sesensitif MRI dan memerlukan waktu yang lebih singkat dibandingkan MRI. Hal ini juga dapat dilakukan saat terdapat larangan untuk menjalani pemeriksaan dengan MRI.

2. Pemeriksaan Pembuluh Darah

Kondisi darurat lainnya yang harus dilakukan CT scan adalah pemeriksaan terhadap pembuluh darah. Hal ini umumnya dilakukan untuk memeriksa penyumbatan atau masalah lainnya terhadap aliran darah tanpa perlu dilakukan operasi eksplorasi atau biopsi bedah. Hal ini dapat memainkan peran penting pada seseorang yang mungkin memerlukan diagnosis atau pengobatan pada penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Bedanya CT Scan dan MRI Scan

3. Pemeriksaan pada Komponen Tulang yang Sangat Kecil

CT scan juga dapat dilakukan untuk pemeriksaan tulang karena penggambaran yang dihasilkan sangat jelas dan efektif untuk mengetahui lokasi cedera. Tempat-tempat yang biasanya rentan terkena cedera dan butuh pemeriksaan menggunakan sinar-X adalah tangan, kaki, hingga daerah tulang belakang. Area ini mungkin tidak terlalu terlihat dengan pemeriksaan diagnostik lainnya selain sinar-X.

4. Cedera Melibatkan Kerusakan Jaringan Lunak

Seseorang yang sedang dalam kondisi darurat disebabkan oleh kerusakan jaringan lunak perlu mendapatkan pemeriksaan dengan CT scan. Metode pemeriksaan ini dapat memberikan gambaran jelas pada jaringan lunak di sekitar struktur kerangka tubuh sekaligus gambaran pada tulang. Maka dari itu, metode diagnosis dengan sinar-X ini kerap dipilih karena akurat dan dapat memberikan rencana pemulihan yang tepat berdasarkan gambar yang dihasilkan.

Itulah beberapa kondisi darurat yang harus diperiksa dengan CT scan. Meski begitu, biasanya dokter yang menentukan metode diagnosis yang tepat dilakukan untuk menyesuaikan keadaan yang terjadi. Setelah itu, penentuan cara penanganan yang paling efektif dapat dilakukan agar kesembuhan lebih cepat.

Baca juga: Beginilah Cara CT Scan Mendeteksi Kanker Lebih Akurat

Pemesanan untuk pemeriksaan fisik dapat dilakukan melalui aplikasi Halodoc pada beberapa rumah sakit rekanan. Caranya mudah sekali, hanya dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa memilih beberapa rumah sakit pilihan yang berada di sekitar rumah dan menentukan sendiri jam yang diinginkan. Nikmati kemudahan tersebut hanya dengan mengunduh aplikasinya di App Store atau Google Play!

Referensi:
Bay Imaging Consultant. Diakses pada 2021. 9 Reasons You Might Need A CT scan.
Orlando Health. Diakses pada 2021. Emergency CT scanning.