Kista Bartholin

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Kista Bartholin

Kelenjar bartholin adalah kelenjar yang terletak di kedua sisi pada bukaan vagina yang berfungsi untuk mengeluarkan cairan lubrikasi. Kista bartholin terjadi saat bukaan dari kelenjar ini terobstruksi sehingga cairan tidak dapat keluar dan terkumpul dalam kelenjar tersebut. Jika cairan dalam kista ini terinfeksi, maka nanah akan diproduksi yang menyebabkan abses bartholin.

Gejala  Kista Bartholin

Kista bartholin yang kecil dan tidak terdeteksi biasanya akan hilang dengan sendirinya, bahkan tanpa disadari. Jika kista terus bertambah besar maka tanda yang pertama kali dirasakan adalah adanya benjolan di dekat bukaan vagina. Walaupun pada umumnya kista ini tidak menyebabkan nyeri, tetapi dalam beberapa kasus kista dapat menimbulkan rasa sakit.

Jika kista terinfeksi, maka dapat menimbulkan gejala nyeri pada benjolan, rasa tidak nyaman saat berjalan atau duduk, nyeri pada saat hubungan intim, dan demam. Kista atau abses bartholin biasanya hanya terjadi pada satu sisi bukaan vagina.

Penyebab dan Faktor Risiko Kista Bartholin

Diyakini bahwa kista bartholin terjadi karena adanya penumpukan cairan hasil sekresi kelenjar bartholin yang tidak bisa keluar karena adanya obstruksi pada jalan keluarnya. Obstruksi ini bisa disebabkan oleh trauma ataupun infeksi. Jika terinfeksi maka kista bartholin akan menyebabkan abses. Diketahui beberapa bakteri yang paling sering menyebabkan abses, di antaranya adalah Escherichia coli, gonorrhea, dan klamidia.

Diagnosis Kista Bartholin

Untuk mendiagnosis kista bartholin maka dokter akan melakukan wawancara tentang riwayat medis, pemeriksaan fisik pelvis, dan melakukan beberapa pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan sekret vagina untuk melihat adanya penyakit menular seksual. Pada orang postmenopausal atau yang berusia lebih dari 40 tahun direkomendasikan untuk melakukan biopsi untuk memeriksa adanya sel-sel kanker.

Penanganan Kista Bartholin

Pada umumnya, kista bartholin tidak memerlukan penanganan khusus, terutama jika tidak menimbulkan gejala. Jika kista bartholin cukup mengganggu maka terdapat beberapa pilihan tatalaksana yang dapat dilakukan:

  • Berendam dalam air hangat

Berendam dalam air hangat beberapa kali dalam sehari selama 3—4 hari dapat membantu kista yang kecil untuk pecah dan terdrainase dengan sendirinya.

  • Drainase surgical

Jika kista terinfeksi atau sangat besar maka dapat dilakukan drainase surgikal. Drainase ini dapat dilakukan dengan bius lokal atau sedasi. Pada prosedur ini, dokter membuat insisi kecil sehingga cairan bisa keluar. Dokter lalu menaruh kateter kecil pada insisi tersebut dan membiarkannya disana sampai kurang lebih 6 minggu agar drainase dapat dilakukan secara tuntas.

  • Antibiotik

Pada kista yang terinfeksi, antibiotik diperlukan untuk membunuh bakteri, terutama jika kista terbukti terinfeksi oleh patogen yang merupakan penyebab penyakit menular seksual. Namun, jika abses sudah terdrainase secara tuntas maka dokter seringkali tidak perlu meresepkan antibiotik

  • Marsupialisasi

Jika kista bartholin terjadi berulang dan sangat mengganggu maka dapat dilakukan marsupialisasi, di mana dokter menaruh jahitan pada setiap sisi insisi untuk membuat jalan keluar permanen yang berukuran kurang dari 6 milimeter. Kateter kecil dapat ditaruh untuk membantu drainase sampai beberapa hari setelah prosedur. Prosedur ini dapat membantu menurunkan rekurensi kista bartholin.

Pencegahan Kista Bartholin

Tidak ada metode khusus yang dapat mencegah terjadinya kista bartholin secara efektif, tetapi praktek seks menggunakan kondom dan kebersihan yang baik dapat membantu terjadinya infeksi pada kista bartholin. Selain itu, mencegah terbentuknya abses.

Kapan Harus ke Dokter?

Jika cara penanganan dan pencegahan di atas tidak membuahkan hasil, segera berdiskusi dengan dokter. Segera hubungi dokter apabila merasakan gejala - gejala di atas. Penanganan yang tepat dapat meminimalisir akibat sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu di sini.