Hubungi Dokter Ini untuk Mendapat Perawatan Kista Bartholin

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 April 2024

“Meskipun kista bartholin berukuran kecil tidak menimbulkan rasa sakit, namun, kista tersebut dapat berpotensi menyebabkan komplikasi lain. Oleh karena itu, segera hubungi dokter di Halodoc jika kamu mengalami gejalanya.”

Hubungi Dokter Ini untuk Mendapat Perawatan Kista BartholinHubungi Dokter Ini untuk Mendapat Perawatan Kista Bartholin

DAFTAR ISI

  1. Gejala Kista Bartholin yang Perlu Diwaspadai
  2. Hubungi Dokter Ini untuk Perawatan Kista Bartholin
    1. dr. Marsell Phang Sp.OG
    2. dr. Effendy Gunawan Sp.OG
    3. dr. Lucia Leonie Sp.OG
    4. dr. Fitria Angela Umar Sp.OG
    5. dr. Gracia Merryane Sp.OG

Halodoc, Jakarta – Kelenjar Bartholin adalah sepasang kelenjar yang terletak di kedua sisi lubang vagina pada wanita. Kedua kelenjar tersebut berfungsi untuk menghasilkan cairan guna membantu melumasi vagina saat terjadi rangsangan atau berhubungan seksual.

Namun, terkadang bukaan pada kelenjar ini tersumbat dan menyebabkan cairan terjebak di dalamnya. Akibatnya, terjadi pembengkakan yang disebut sebagai kista bartholin. Umumnya, penyakit ini tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi apabila cairan tersebut terinfeksi dapat memunculkan nanah yang dikelilingi oleh jaringan yang meradang.

Kista bartholin merupakan masalah umum yang harus diwaspadai. Karena itu, penting untuk mengetahui berbagai gejala yang ditimbulkan sehingga bisa melakukan pengobatan sesegera mungkin.

Gejala Kista Bartholin yang Perlu Diwaspadai

Kista bartholin yang berukuran kecil dan tidak terinfeksi akan sangat sulit untuk disadari. 

Namun, kista ini berpotensi menjadi lebih besar dalam beberapa hari sehingga bisa menimbulkan rasa kurang nyaman karena adanya benjolan di dekat lubang vagina.

Apabila kista bartholin sudah terinfeksi, sering kali muncul berbagai gejala yang umum dialami oleh pengidap. 

Beberapa dari gejala tersebut termasuk:

  • Demam.
  • Adanya benjolan lunak yang terasa nyeri pada area dekat lubang vagina.
  • Muncul ketidaknyamanan saat berjalan atau duduk.
  • Nyeri atau sakit ketika berhubungan seksual.
  • Muncul nanah.

Kista atau abses bartholin biasanya hanya terjadi pada satu sisi lubang vagina.

Meski begitu, hal ini tidak bisa kamu sepelekan karena dapat menyebabkan infeksi yang lebih parah dan berbahaya bagi kesehatan.

Pengidap kista bartholin juga tidak dapat makan secara sembarangan. Oleh karena itu, ketahui beberapa Pantangan Makanan untuk Pengidap Kista Bartholin.

Hubungi Dokter Ini untuk Perawatan Kista Bartholin

Apabila kamu mengalami tanda-tanda kista bartholin, seperti adanya benjolan lunak dan nyeri di dekat lubang vagina, segera hubungi dokter spesialis obgyn di Halodoc.

Mereka bisa membantu memberikan saran perawatan yang diperlukan untuk kista bartholin. 

Hal tersebut dapat mencegah dan meminimalisir dampak berbahaya yang bisa muncul di kemudian hari.

Nah, beberapa dokter spesialis obstetri dan ginekologi di Halodoc ini sudah berpengalaman dan mendapatkan penilaian baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Berikut daftar dokter yang bisa kamu hubungi:

1. dr. Marsell Phang Sp.OG

Dokter Marsell Phang Sp.OG merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada 2012 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2018. 

Ia saat ini berpraktik di Gresik, Jawa Timur, dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Memiliki pengalaman selama 12 tahun, ia mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait kista bartholin, maupun masalah reproduksi lainnya. 

Dokter Marsell Phang Sp.OG juga bisa memberikan saran terkait program hamil, keluarga berencana, kesehatan kandungan, kehamilan berisiko tinggi dan penyakit kelamin. 

Chat dr. Marsell Phang Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Sebagai penyakit yang berbahaya dan sangat mengganggu, kista bartholin tetap dapat dicegah. Nah, ini cara Pencegahan yang Bisa Dilakukan Agar Terhindar dari Kista Bartholin.

2. dr. Effendy Gunawan Sp.OG

Selanjutnya, kamu juga bisa menghubungi dr. Effendy Gunawan Sp.OG. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha pada 2008 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2018. 

Dokter Effendy Gunawan Sp.OG saat ini berpraktik di Tangerang, Banten, dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Dengan pengalaman selama 16 tahun yang ia miliki, dr. Effendy Gunawan Sp.OG dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar kista bartholin.

Ia juga bisa memberikan saran terkait program hamil, gangguan haid dan hormon, kesuburan, kesehatan kandungan dan kehamilan berisiko tinggi. 

Chat dr. Effendy Gunawan Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Lucia Leonie Sp.OG

Kamu juga bisa menghubungi dr. Lucia Leonie Sp.OG. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha pada 2011 dan Universitas Hasanuddin pada 2017. 

Dokter Lucia Leonie Sp.OG saat ini berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Dengan pengalaman selama 13 tahun yang ia miliki, dr. Lucia Leonie Sp.OG bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait kista bartholin.

Ia juga bisa memberikan saran terkait masalah reproduksi lainnya ataupun kesehatan kandungan.

Chat dr. Lucia Leonie Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. Fitria Angela Umar Sp.OG

Kemudian, kamu juga bisa menghubungi dr. Fitria Angela Umar Sp.OG yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi pada 2015 dan 2022. 

Dokter Fitria Angela Umar Sp.OG  saat ini berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Dengan pengalaman selama 8 tahun yang ia miliki, dr. Fitria Angela Umar Sp.OG dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait kista bartholin.

Ia juga bisa memberikan konsultasi terkait kesehatan kandungan, kesuburan, gangguan haid dan hormon, keluarga berencana dan program hamil.  

Chat dr. Fitria Angela Umar Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

5. dr. Gracia Merryane Sp.OG

Pilihan lainnya adalah dr. Gracia Merryane Sp.OG yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi pada 2009 dan 2016. 

Dokter Gracia Merryane Sp.OG  saat ini berpraktik di Tangerang, Banten dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Dengan pengalaman selama 15 tahun yang ia miliki, dr. Gracia Merryane Sp.OG bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait kista bartholin.

Chat dr. Gracia Merryane Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

Itulah berbagai daftar dokter spesialis obgyn yang bisa kamu hubungi untuk bantu perawatan kista bartholin.

Jika kamu mengalami gejala dari kista bartholin, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter spesialis obgyn di Halodoc

Dengan menggunakan Halodoc, kamu bisa lakukan konsultasi dari mana saja dan kapan saja karena dokter tersedia selama 24 jam. 

Apabila dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi melalui aplikasi Halodoc.

Jangan khawatir, privasi kamu juga pasti aman dan terjaga di Halodoc.

Tunggu apalagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2024. Bartholin’s Cyst.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Bartholin’s Cyst.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Bartholin Cyst.
Medical News Today. Diakses pada 2024. What is a Bartholin’s cyst?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan