Limfoma

Pengertian Limfoma

Limfoma adalah jenis kanker pada sistem limfatik. Penyakit ini merupakan salah satu kelompok keganasan limfoid yang bervariasi. Limfoma dikelompokkan berdasarkan sel asalnya, gambaran, morfologi, kelompok penyakit heterogen. Limfoma bisa diklasifikasikan menjadi dua jenis utama: Limfoma Hodgkin dan limfoma Non-Hodgkin.

 

Gejala Limfoma

Pembengkakan kelenjar getah bening tanpa rasa sakit merupakan gejala yang paling umum terjadi pada pasien pengidap limfoma. Pembengkakan biasanya terjadi di daerah leher, ketiak, dan selangkangan (area di mana perut bagian bawah dan pangkal paha bertemu) dan secara bertahap menyebar ke kelenjar getah bening, sumsum tulang, dan organ lainnya.

Gejala lain yang sering diamati seperti demam, berkeringat secara berlebihan, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, kulit yang gatal secara terus menerus, dan kelelahan. Jika sel-sel limfoma sudah menyebar ke sumsum tulang dan berpengaruh pada produksi darah, pasien mungkin sering mengalami anemia, memar, dan infeksi.

 

Penyebab dan Faktor Risiko Limfoma

Penyebab limfoma belum dapat diketahui pastinya. Faktor risiko yang meningkatkan limfoma mencakup genetik, infeksi tertentu, radiasi, bahan kimia, dan penyakit sistem kekebalan tubuh.

 

Diagnosis Limfoma

Definitif diagnosis dapat ditegakkan berdasarkan hasil histopatologi kelenjar getah bening, yang gunanya untuk menentukan Limfoma Hodgkin dan non-Hodkin.

 

Penanganan Limfoma

Terapi untuk limfoma terdapat beberapa jenis, yaitu kemoterapi, imunoterapi, radio-imunoterapi, atau radioterapi.

Rencana pengobatan harus tepat untuk pasien, sesuai dengan kondisi kesehatan umum pasien, subtipe limfoma, dan stadium limfoma. Dalam kondisi khusus, dokter bisa menggunakan transplantasi sumsum tulang atau sel induk darah perifer atau mendaftarkan pasien ke dalam uji klinis. Kemoterapi merupakan tindakan pengobatan yang banyak digunakan untuk mengobati limfoma.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika mengalami pembengkakan kelenjar getah bening tanpa rasa sakit, jangan disepelekan. Segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.