Ketahui Pentingnya Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Maret 2022

“Air putih adalah hal yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Ia punya banyak sekali fungsi, seperti menjaga suhu tubuh, membantu pencernaan, bahkan menghindarkan kamu dari berbagai risiko penyakit."

Ketahui Pentingnya Air Putih untuk Kesehatan TubuhKetahui Pentingnya Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Mengonsumsi air yang cukup setiap hari adalah hal yang penting untuk kesehatan. Fungsi utama minum air putih adalah mencegah dehidrasi, yakni suatu kondisi yang dapat menyebabkan pikiran tidak jernih, perubahan suasana hati, tubuh kepanasan, sembelit, dan batu ginjal.

Kamu akan mendapatkan sebagian besar asupan air putih dari minuman. Namun, makanan seperti sup, buah, atau sebagainya juga berkontribusi sedikit untuk asupan air harian. Nah, dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia, yuk pahami fungsi air putih untuk kesehatan berikut ini!

Fungsi Air Putih untuk Tubuh

Berikut ini fungsi air putih untuk kesehatan secara keseluruhan:

  1. Membuat Air Liur

Air adalah komponen utama dari air liur dan ada sejumlah kecil elektrolit, lendir, dan enzim yang terdapat di sana. Air liur adalah komponen penting untuk memecah makanan padat dan menjaga kesehatan mulut.

Tubuh umumnya menghasilkan air liur yang cukup jika kamu menjaga asupan air putih. Namun, produksi air liur dapat menurun seiring bertambahnya usia atau efek samping obat atau terapi tertentu. 

  1. Mengatur Suhu Tubuh

Tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaga suhu tubuh. Tubuh kehilangan air melalui keringat selama aktivitas fisik dan di lingkungan yang panas. Keringat ini membuat tubuh tetap dingin, tetapi suhu tubuh akan naik jika kamu tidak mengisi kembali air yang hilang. Itu karena tubuh kehilangan elektrolit dan plasma saat mengalami dehidrasi. Jika kamu berkeringat lebih dari biasanya, pastikan minum banyak air untuk menghindari dehidrasi.

  1. Melindungi Jaringan, Sumsum Tulang Belakang, dan Persendian

Konsumsi air membantu melumasi dan melindungi sendi, sumsum tulang belakang, dan jaringan. Ia juga akan membantu kamu menikmati aktivitas fisik dan mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kondisi seperti radang sendi.

  1. Mengeluarkan Limbah Melalui Keringat, Urine, dan Feses

Tubuh menggunakan air untuk berkeringat, buang air kecil, dan buang air besar. Keringat mengatur suhu tubuh saat berolahraga atau dalam suhu hangat. Kamu membutuhkan air untuk mengisi kembali cairan yang hilang dari keringat.

Kamu juga membutuhkan cukup air dalam sistem tubuh untuk memiliki tinja yang sehat dan menghindari sembelit. Ginjal juga penting untuk menyaring limbah melalui buang air kecil. Asupan air yang cukup membantu ginjal bekerja lebih efisien dan membantu mencegah batu ginjal.

  1. Memaksimalkan Kinerja Fisik

Minum banyak air selama aktivitas fisik sangat penting. Atlet dapat berkeringat hingga 6 hingga 10 persen dari berat badan selama aktivitas fisik. Hidrasi juga memengaruhi kekuatan, kekuatan, dan daya tahan.

Kamu lebih rentan terhadap efek dehidrasi jika berpartisipasi dalam pelatihan ketahanan atau olahraga intensitas tinggi seperti bola basket. Efek negatif dari olahraga di ruangan yang panas tanpa air yang cukup dapat mencakup kondisi medis yang serius, seperti penurunan tekanan darah dan hipertermia. Dehidrasi ekstrim juga bisa menyebabkan kejang dan bahkan kematian.

  1. Membantu Pencernaan

Bertentangan dengan apa yang diyakini beberapa orang, para ahli mengonfirmasi bahwa minum air sebelum, selama, dan setelah makan akan membantu tubuh memecah makanan yang kamu makan dengan lebih mudah. Ini akan membantu kamu mencerna makanan lebih efektif dan mendapatkan hasil maksimal dari makanan.

  1. Membantu Penyerapan Nutrisi

Selain membantu pemecahan makanan, air juga membantu melarutkan vitamin, mineral, dan nutrisi lain dari makanan. Kemudian, mengirimkan komponen vitamin ini ke seluruh tubuh untuk digunakan.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Penelitian telah menghubungkan lemak tubuh dan penurunan berat badan dengan air minum pada gadis yang kelebihan berat badan. Minum lebih banyak air saat berdiet dan berolahraga terbukti bisa membantu menurunkan berat badan.

  1. Meningkatkan Sirkulasi Oksigen dalam Darah

Air membawa nutrisi dan oksigen yang bermanfaat ke seluruh tubuh. Mencapai asupan air harian akan meningkatkan sirkulasi oksigen di dalam darah dan ini akan memberikan dampak positif pada kesehatan secara keseluruhan.

  1. Membantu Melawan Penyakit

Minum cukup air dapat membantu mencegah kondisi medis tertentu. Ini termasuk:

  • Sembelit.
  • Batu ginjal.
  • Asma akibat olahraga.
  • Infeksi saluran kemih.
  • Hipertensi.

Air juga membantu tubuh bisa menyerap vitamin, mineral, dan nutrisi penting dari makanan, yang akan meningkatkan peluang untuk tetap sehat.

Selain menjaga asupan air putih, kamu juga bisa cek kebutuhan kesehatan di Halodoc untuk mendapatkan vitamin dan suplemen lainnya yang bisa menunjang kesehatan. Pesan obat di Halodoc juga mudah dan pesanan kamu bisa tiba kurang dari satu jam. Praktis bukan? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Center for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. Water and Healthier Drinks.
Healthline. Diakses pada 2022. Why Is Water Important? 16 Reasons to Drink Up.
Mayo Clinic Health System. Diakses pada 2022. Water: Essential to Your Body.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan