Ketahui 3 Manfaat Blewah untuk Sistem Pencernaan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ketahui 3 Manfaat Blewah untuk Sistem Pencernaan

Halodoc, Jakarta - Blewah adalah buah yang termasuk dalam jenis melon. Buah ini kaya akan antioksidan, fitonutrien, dan elektrolit, serta terbukti memiliki banyak manfaat. Nutrisi yang ditemukan dalam blewah dapat terlihat melalui warna oranye terang yang dimilikinya. Buah tersebut dapat membantu mencegah stres oksidatif dan berbagai penyakit radang yang umum terjadi, terutama ketika berpuasa.

Di antara nutrisi lain, nutrisi blewah mengandung dua fitonutrien pelindung, yaitu karotenoid dan cucurbitacins. Hal tersebut adalah dua jenis antioksidan kuat yang telah berhubungan dengan pencegahan penyakit, termasuk kanker, gangguan kardiovaskular dan neurodegeneratif. Zat tersebut juga dapat membantu menghentikan kerusakan akibat radikal bebas di dalam tubuh dan memperlambat proses penuaan.

Kalori yang terdapat pada blewah juga terbilang rendah, tetapi kaya akan nutrisi. Vitamin A juga ditemukan mempunyai kadar tinggi pada blewah, yang mempunyai fungsi untuk meningkatkan penglihatan dan membuat kulit menjadi sehat, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengurangi peradangan.

Blewah juga mengandung antioksidan dan vitamin C. Vitamin ini sangat penting untuk menjaga selaput lendir yang sehat, kesehatan sel, dan menangkal kerusakan DNA yang dapat menyebabkan penyakit.

Manfaat dari blewah yang juga dapat digunakan untuk mengekstraksi enzim yang disebut superoksida dismutase (SOD). Zat tersebut adalah antioksidan kuat yang kebanyakan ditemukan di kulit melon. Hal tersebut mempunyai peran penting sebagai antioksidan yang melindungi bagian dalam tubuh manusia dari stres oksidatif. Selain itu, biji blewah juga menyediakan asam lemak omega-3 yang penting dan sebenarnya dapat dimakan, lho!

Baca Juga : Alasan Blewah Cocok Jadi Menu Berbuka Puasa

Manfaat Blewah untuk Sistem Pencernaan

Terdapat banyak manfaat dari blewah untuk tubuh manusia, terutama sistem pencernaan. Berikut adalah beberapa hal yang dapat berdampak baik pada sistem pencernaan kamu ketika mengonsumsi blewah:

1. Kandungan Air yang Banyak

Seperti kebanyakan buah-buahan, blewah memiliki kandungan air yang tinggi, yaitu hampir 90 persen. Mengonsumsi blewah dapat membantu kamu untuk tetap terhidrasi sepanjang hari dan penting untuk kesehatan jantung. Saat kamu terhidrasi, jantung tidak harus bekerja sekeras memompa darah. Hidrasi yang baik juga mendukung pencernaan dan mencegah terjadinya konstipasi yang menghambat kotoran keluar dari tubuh.

Baca Juga : Biar Makin Sehat, Konsumsi 6 Buah Ini Saat Puasa

2. Mengandung FODMAPS

Blewah adalah buah yang dapat menghidrasi karena kandungan air yang sangat banyak. Persentase airnya yang tinggi membantu saluran pencernaan menjaga hidrasi, mendetoksifikasi tubuh, serta mengeluarkan racun dan limbah dengan benar. Blewah juga dikenal mudah dicerna dan bebas dari FODMAP, yaitu karbohidrat yang sulit dicerna, dapat memicu gejala yang berkaitan dengan sindrom iritasi usus dan gangguan pencernaan lainnya.

3. Membantu Detoksifikasi Tubuh

Nutrisi blewah kaya akan kandungan elektrolit, dan blewah juga memiliki kandungan air yang tinggi. Hal ini menjadikannya pilihan tepat untuk mendetoksifikasi tubuh kamu. Makanan kaya air, seperti blewah dapat membantu meringankan gejala pencernaan yang tidak nyaman, termasuk kembung dan bengkak.

Kandungan kalium dari nutrisi blewah dapat memicu jantung kamu untuk memompa darah dan ginjal untuk menyaring darah. Selain itu, blewah juga membantu untuk menyeimbangkan tingkat hidrasi dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih bersih dan pencernaan lebih lancar.

Baca Juga : Biar Makan Sehat, Konsumsi 6 Buah Ini Saat Puasa

Itulah manfaat buah blewah yang dapat kamu dapatkan bagi pencernaan. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal buah blewah dan manfaatnya untuk kesehatan, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah, yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!