• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 6 Penyebab Sakit Kepala saat Bangun Tidur
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 6 Penyebab Sakit Kepala saat Bangun Tidur

Ketahui 6 Penyebab Sakit Kepala saat Bangun Tidur

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 30 September 2021
Ketahui 6 Penyebab Sakit Kepala saat Bangun Tidur

“Sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari membuat pengidapnya mengalami perubahan suasana hati hingga mengganggu kegiatan sehari-hari. Sebaiknya jangan abaikan kondisi ini jika terjadi secara terus menerus. Hal ini bisa dipicu oleh gangguan kesehatan hingga kebiasaan buruk, mulai dari migrain, insomnia, depresi, tidur dengan posisi yang salah, hingga mengonsumsi alkohol secara berlebihan.”

Halodoc, Jakarta – Banyak orang menginginkan perasaan segar dan berenergi saat terbangun tidur pagi hari. Namun, banyak orang merasakan sakit kepala saat terbangun dari tidurnya. Kondisi ini membuat suasana hati menjadi kurang baik, malas untuk beraktivitas, bahkan mengganggu kegiatan sehari-hari.

Sebaiknya jangan abaikan sakit kepala yang kamu alami saat bangun tidur. Sakit kepala saat bangun tidur bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan atau kebiasaan buruk yang sebaiknya dihentikan. Yuk, cari tahu beberapa penyebab sakit kepala saat bangun tidur, di sini!

Baca juga: Ketahui 5 Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala

Penyebab Sakit Kepala saat Bangun Tidur

Dr. Raj Dasgupta, asisten profesor klinik kesehatan di Keck School of Medicine of USC di Los Angeles, California, mengatakan bahwa sakit kepala saat bangun tidur menjadi hal normal. Penelitiannya berhasil meneliti 1 dari 13 orang yang ikut dalam penelitian ini mengalami sakit kepala saat bangun tidur. 

Namun, jika kondisi ini berlangsung lama dan berulang, sebaiknya ketahui beberapa pemicu yang dapat menyebabkan sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari.

Berikut ini penyebab yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  1. Insomnia

Saat kamu mengalami insomnia, kondisi ini membuat kualitas tidur menurun. Insomnia membuat kamu berisiko dua hingga empat kali lebih besar mengalami sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi insomnia adalah mengatur jadwal tidur setiap hari, membatasi penggunaan gadget, memastikan lingkungan tidur nyaman dan bersih, hingga berkonsultasi pada dokter untuk menurunkan efek samping dari gangguan tidur.

  1. Gangguan Kesehatan Mental

Depresi dan gangguan cemas menjadi beberapa gangguan kesehatan mental yang dapat menyebabkan kamu sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari. Kedua hal ini masih berkaitan dengan gangguan tidur.

Jangan ragu untuk meminta kerabat, keluarga, atau bahkan tenaga medis untuk mengatasi depresi dan gangguan cemas yang kamu alami. Saat kesehatan mental terjaga dengan baik, kamu dapat mengembalikan kualitas tidur menjadi lebih baik dan menghindari sakit kepala saat bangun tidur.

Baca juga: Stres Bisa Sebabkan Sakit Kepala di Malam Hari

  1. Sleep Apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan seseorang berhenti sementara selama beberapa kali. Salah satu gejala yang dialami pengidap sleep apnea adalah sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari. 

Selain itu, ada gejala lain yang menyertai, seperti mendengkur, tersedak saat tertidur, bangun dengan mulut kering, merasa lelah saat bangun tidur.

  1. Posisi Tidur yang Salah

Sebaiknya pastikan kasur bebas dari benda-benda yang dapat mengganggu dan menurunkan kualitas tidur. Tidur dengan posisi yang salah dan tidak nyaman meningkatkan risiko sakit kepala saat bangun tidur.

  1. Migrain

Sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari juga bisa disebabkan oleh migrain. Jika kamu memiliki riwayat kesehatan migrain, sebaiknya segera lakukan perawatan di rumah agar kondisi kesehatan membaik.

Kamu bisa kembali beristirahat di ruangan yang nyaman, memijat lembut bagian pelipis, kompres dingin pada area belakang leher, dan melakukan relaksasi otot. Kamu juga bisa mengonsumsi obat-obatan yang bisa membantu kamu meringankan gejala migrain.

  1. Pengonsumsian Alkohol

Sakit kepala saat bangun tidur bisa disebabkan akibat gaya hidup yang kurang sehat, seperti terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Sebaiknya hindari kebiasaan ini agar kondisi kesehatan kembali optimal.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini saat Mengalami Sakit Kepala

Itulah penyebab sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari. Jika sakit kepala disertai dengan gejala lain, seperti mual atau muntah, sebaiknya segera gunakan aplikasi Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter mengenai penanganan pertama yang tepat untuk mengatasi sakit kepala. Caranya, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Live Strong. Diakses pada 2021. Always Waking Up With a Headache? Here’s What Your Body Is Trying to Tell You.

Healthline. Diakses pada 2021. What Causes Early Morning Headaches?

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Sleep Apnea.