• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 7 Fakta Menarik tentang Kucing Bengal

Ketahui 7 Fakta Menarik tentang Kucing Bengal

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ketahui 7 Fakta Menarik tentang Kucing Bengal

Halodoc, Jakarta - Dari banyaknya jenis kucing, apakah kamu sudah familiar dengan kucing Bengal? Kucing Bengal adalah salah satu persilangan kucing hutan dan domestik yang cukup populer. Kucing Bengal berasal dari persilangan daerah domestik shorthairs dan Asian leopard cat. 

Kucing hybrid yang satu ini memiliki bulu dengan bintik-bintik yang mirip dengan macan tutul. Kucing Bengal terbilang sangat cerdas dan aktif bergerak, serta gemar memanjat dan bermain dengan air. Mau tahu lebih jauh mengenai fakta menarik kucing Bengal? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Ragam Makanan Kesukaan Kucing yang Perlu Diketahui

1. Asal Usul yang Liar

Trah Bengal dicapai dengan mengawinkan macan tutul Asia yang kecil dan liar dengan kucing peliharaan, sehingga menghasilkan tampilan "liar" yang disukai banyak orang, tanpa bagian agresi liar.

Kucing Bengal pertama kali dikembangbiakan oleh Jean Sudgen Mill pada 1960-an di Amerika Serikat, dan secara resmi diakui oleh International Cat Association pada 1991.

2. Tidak Mungil

Meskipun tidak sebesar kucing giant Maine Coon, kucing Bengal masih memiliki tubuh yang berotot dan atletis. Umumnya, kucing Bengal bisa mencapai berat 8-15 pound. Ringkasnya, mereka bukan hewan peliharaan atau kucing yang mungil.

Kucing ini memiliki bulu dengan bintik-bintik yang mirip dengan macan tutul, memberi mereka penampilan kucing hutan yang eksotis. Kucing Bengal adalah satu-satunya ras kucing domestik dengan tanda rosette (motif seperti bunga mawar) pada bulunya. Bintik-bintik ini bisa bermacam-macam warna, termasuk kuning tua, cokelat, dan hitam.

3. Punya Banyak Energi

Kucing Bengal adalah salah satu kucing yang memiliki banyak energi. Kucing yang bersemangat ini sangat aktif dan hampir selalu "bergerak". Mereka juga memiliki sifat yang cenderung waspada. Sifat ini yang dibutuhkan oleh nenek moyang macan tutulnya untuk bertahan hidup.

Kucing Bengal suka bermain dengan manusia dan akan menyuarakan keinginan mereka untuk berinteraksi dengan pemiliknya. Pada beberapa kesempatan kucing ini diketahui sering melakukan perilaku “negatif. Contohnya, menyembunyikan perhiasan atau benda lainnya untuk menarik perhatian pemiliknya.

Baca juga: Ketahui Porsi Makan yang Tepat untuk Diberikan pada Kucing

4. Menyukai Air

Kucing Bengal memiliki kegemaran yang unik untuk bermain di air. Bukan hal yang aneh jika seekor Bengal bergabung dengan pemiliknya di kamar mandi.

5. Bulu yang Berkilauan

Jika dilihat secara saksama, bulu Bengal mungkin tampak memiliki kilau warna-warni. Sifat ini juga disebut "berkilauan", atau “glittering”. Karakter ini membuat bulu kucing Bengal tampak seperti ditaburi debu peri keemasan. Sebagian besar penggemar kucing ini setuju bahwa sifat unik ini semakin meningkatkan keindahan kucing Bengal.

6. Suka Berinteraksi

Kucing Bengal berkembang dengan interaksi yang konsisten. Hewan sosial ini senang menghabiskan waktu bersama pemiliknya. Jika kamu pergi bekerja hampir sepanjang hari, pertimbangkan untuk memiliki kucing kedua di rumahmu. Sebab, kucing Bengal suka memiliki teman bermain.

Ingat, jika kamu tidak memberikan perhatian atau aktivitas yang cukup kepada Bengal untuk membuatnya sibuk, dia akan menemukan atau ‘menghancurkan’ hal-hal dalam upaya untuk menghibur dirinya sendiri. 

Baca juga: Ketahui Seluk-Beluk Tentang Cat Flu pada Kucing Peliharaan

7. Mudah Dilatih

Kucing Bengal adalah jenis kucing yang sangat cerdas. Mereka suka mempelajari trik baru, dan mereka dapat dilatih untuk melakukan perintah sederhana seperti mengambil mainan. Mereka bahkan dapat dilatih untuk berjalan bersama pemiliknya dengan tali. Menarik, bukan?

Mau tahu lebih jauh mengenai karakteristik kucing Bengal? Atau hewan peliharaanmu memiliki keluhan kesehatan? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc.

Selain itu, kamu juga bisa membeli obat atau vitamin untuk mengatasi keluhan kesehatan untuk dirimu dan anggota keluarga lainnya melalui aplikasi Halodoc. Sangat praktis, bukan? 



Referensi:
Rover.com. Diakses pada 2021. 10 Fascinating Facts About Bengal Cats
Cattime.com. Diakses pada 2021. Bengal Cats