• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Berbagai Peranan Penting Dokter Keluarga

Ketahui Berbagai Peranan Penting Dokter Keluarga

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Berbagai Peranan Penting Dokter Keluarga

“Saat anak flu atau saat kamu mengalami cedera, dokter keluarga bisa memainkan peran yang cukup besar. Pasien dari dokter keluarga ini mencakup semua umur dan mereka juga menggunakan pendekatan sosial dalam mendiagnosis gejala dan juga dalam menentukan perawatan yang tepat untuk setiap pasiennya.”

Halodoc, Jakarta – Faktanya, dokter keluarga memainkan peran yang sangat penting untuk menjaga kamu dan anggota keluarga kamu tetap sehat. Mereka seharusnya menjadi perawatan primer yang hadir saat kamu atau anggota keluarga membutuhkannya. Mereka bertugas untuk membantu kamu terhindar dari rasa sakit dan merawatmu ketika mengalami penyakit atau cedera.

Dokter dari bidang kedokteran keluarga merawat semua anggota keluarga, dari bayi hingga lansia. Mereka merawat pasien di klinik, rumah sakit, fasilitas perawatan kesehatan lain atau di rumah pasien. Dokter keluarga adalah spesialisasi medis bersertifikat, dan dilatih untuk menangani masalah kesehatan apa pun. Bahkan mereka juga memainkan peran yang semakin penting dalam identifikasi awal penyakit.

Baca Juga: Harus Tahu, Pentingnya Punya Dokter Keluarga

Peran Dokter Keluarga untuk Setiap Kelompok Usia

Dokter keluarga merawat pasien dengan semua jenis usia, dari bayi hingga lansia. Ini peran dokter keluarga untuk masing-masing kelompok usia:

  1. Anak-Anak

Pengobatan keluarga untuk anak-anak termasuk kunjungan anak yang sehat untuk memastikan kesehatan yang baik dan perkembangan normal pada anak Dokter perawatan primer ini akan memastikan anak mendapatkan informasi terbaru tentang imunisasi, yang diperlukan anak sebelum mereka sekolah dan melindungi mereka dari berbagai risiko penyakit.

  1. Remaja

Pengobatan keluarga untuk remaja mencakup pemeriksaan fisik rutin untuk sekolah, dan berbagai layanan medis untuk menjaga agar remaja tetap aktif dan sehat. Mereka juga bisa membantu mengatasi masalah-masalah kesehatan awal yang terjadi saat anak mengalami pubertas. Bahkan jika dicurigai seorang remaja mengalami gangguan kesehatan mental, mereka bisa merujuk pasien remaja untuk mendatangi psikolog atau psikiater.

  1. Dewasa

Pengobatan keluarga untuk orang dewasa mencakup pemeriksaan fisik tahunan rutin, layanan kesehatan reproduksi untuk wanita, vaksinasi yang direkomendasikan untuk flu dan penyakit lainnya, dan banyak layanan medis lainnya.

Dokter perawatan primer akan menyimpan catatan komprehensif kesehatan, termasuk pembacaan tekanan darah, berat badan, kepadatan tulang, suara jantung, dan faktor kesehatan lainnya. Dokter mungkin juga akan meminta kamu melakukan tes laboratorium yang diperlukan untuk menentukan kadar kolesterol dan indikator awal risiko kesehatan lainnya. 

  1. Lansia

Pengobatan keluarga untuk manula mungkin termasuk pengujian untuk kondisi, seperti penyakit jantung, diabetes, aterosklerosis, radang sendi, serta kondisi serius dan kronis lainnya. Lansia layak untuk menjalani kehidupan yang bahagia dan aktif tidak peduli berapa usia mereka, dan mereka dapat membantu.

Selain itu, jika kamu atau anggota keluarga juga membutuhkan obat-obatan, kamu dapat mengandalkan dokter perawatan primer untuk memberikan resep agar kamu tetap sehat. Selain itu, kamu juga bisa cek kebutuhan medis lainnya di Halodoc supaya lebih mudah. Pesanan kamu pun akan segera tiba kurang dari satu jam!

Baca juga: Dokter Layanan Primer dan Dokter Umum, Apa Bedanya?

Mengutamakan Pendekatan Sosial

Memiliki dokter keluarga sendiri adalah hal baik untuk kesehatan kamu dan keluarga. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa kesinambungan dalam perawatan pasien seperti mengembangkan hubungan dengan dokter keluarga akan memberikan hasil kesehatan yang lebih baik bagi pasien. 

Dokter keluarga mengadvokasi kamu sebagai pasien melalui pendekatan sosial. Mereka kemudian bekerja dengan spesialis dan profesional perawatan kesehatan lainnya untuk memberikan perawatan yang berpusat pada setiap kebutuhan pasien. Mereka juga bekerja dengan kamu sebagai pasien untuk mencegah penyakit dan mempromosikan gaya hidup sehat.

Pekerjaan seorang dokter keluarga berat dan cukup banyak tuntutan. Namun, mereka memiliki kepuasan tersendiri untuk mengenal pasien dari waktu ke waktu, dan menyaksikan kehidupan dan kesehatan mereka berkembang. Mereka melakukan pekerjaan detektif yang memperdalam diagnosis untuk memasukkan penyebab sosial dan lingkungan dari kondisi kesehatan yang buruk.

Baca juga: Rayakan Hari Dokter Nasional bersama Halodoc

Studi juga menunjukkan bahwa pasien menginginkan perawatan yang dapat diakses dan terjangkau. Di atas segalanya, mereka menginginkan perawatan yang menanggapi mereka sebagai manusia, dalam keluarga dan situasi sosial mereka yang unik. Pasien ingin diperlakukan sebagai orang dengan kehidupan sosial dan spiritual, oleh karena itu di sini tugas dokter keluarga menjadi kunci untuk memberikan akses kesehatan yang lebih mendalam bagi semua orang.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
BC College of Family Physicians. Diakses pada 2021. Why are Family Doctors Important?
Biggers Family Medicine. Diakses pada 2021. The Importance of Family Medicine.
World Health Organization. Diakses pada 2021. The Rising Importance of Family Medicine.