• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anjing Peliharaan

Ketahui Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anjing Peliharaan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ketahui Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anjing Peliharaan

Halodoc, Jakarta - Tidak hanya manusia yang perlu menjaga kesehatan dan kebersihan mulut dan gigi. Ternyata, anjing sebagai hewan peliharaan pun perlu dijaga kebersihan dan kesehatan pada area tersebut. Menjadikan anjing sebagai salah satu hewan peliharaan tak sebatas pada memberi makan dan mengajak bersenang-senang, kamu juga harus tahu cara menjaga kesehatan dan kebersihan pada anjing, terutama pada bagian mulut dan giginya.

Pasalnya, mulut, terutama gigi, menjadi area yang paling rentan terserang penyakit karena fungsinya sebagai penghancur dan pelembut makanan sebelum ditelan. Jika kebersihan area ini tidak terjaga dengan baik, akan terjadi penumpukan kuman dan bakteri yang bisa berdampak pada kesehatan anjing.

Baca juga: Apa Penyebab Anjing Tidak Mau Menggonggong?

Bau mulut menjadi salah satu gangguan kesehatan yang kerap terjadi pada anjing peliharaan karena kesehatan dan kebersihan area mulut dan gigi yang tidak terjaga. Lalu, bagaimana sebenarnya cara menjaga kesehatan gigi anjing yang tepat? Berikut ini beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan:

Rutin Membersihkan Gigi Anjing

Sayangnya, aktivitas ini terbilang tidak mudah untuk dilakukan. Tidak seperti manusia, membersihkan bagian mulut dan gigi hewan peliharaan, termasuk anjing, bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada hewan tersebut. Namun, kamu perlu membiasakannya, setidaknya lakukan setiap seminggu sekali. 

Kamu bisa memakai sikat dan pasta gigi yang memang dibuat khusus untuk anjing, biasanya tersedia di toko khusus hewan peliharaan. Kalau kamu masih bingung bagaimana caranya, kamu bisa bertanya pada dokter hewan, sekarang sudah lebih mudah karena kamu bisa tanya jawab seputar kesehatan hewan di aplikasi Halodoc

  • Rutin Melakukan Scaling Gigi Anjing

Scaling gigi menjadi aktivitas yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi anjing peliharaan, terlebih pada gigi anjing yang sudah banyak terdapat karang gigi. Jika kamu menemukan plak atau karang gigi, segera tanyakan pada dokter hewan mengenai kemungkinan melakukan scaling pada anjing kesayanganmu untuk membersihkan karang gigi.

Pasalnya, tidak hanya pada manusia, karang gigi pada gigi anjing juga bisa menjadi sumber masalah mulut dan gigi. Hal ini disebabkan karena sisa makanan yang menempel pada gigi mengakibatkan bakteri jahat sangat mudah berkembang biak. 

  • Memberikan Mainan pada Anjing

Kamu juga bisa menemukan berbagai mainan untuk anjing peliharaan di toko perlengkapan hewan. Berikan mainan yang bisa digigit oleh anjingmu, biasanya mainan ini memiliki tekstur yang keras. Tekstur ini ternyata membantu membersihkan sekaligus menjaga kesehatan gigi anjing peliharaanmu, lho! Namun, ketika sedang bermain, setidaknya tetap awasi anjing kesayanganmu, ya, jangan sampai mainan kesayangannya tertelan.

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Kutu Anjing yang Mengganggu

  • Memberikan Tulang

Ternyata, memberikan tulang pada anjing sebagai makanannya bisa membantu menjaga kesehatan dan kebersihan mulut serta giginya, lho! Berikan tulang sapi pada bagian kerongkongan atau tendon. Namun, ketika memberikannya, kamu juga harus waspada, karena tulang juga bisa membuat anjing tersedak.

  • Berbagai Masalah Kesehatan Gigi yang Umum pada Anjing

Kondisi gigi dan gusi yang sehat sudah pasti akan membuat anjing kesayanganmu makan dengan lahap dan membuatnya tetap aktif. Biasanya, masalah mulut dan gigi kerap terjadi pada anjing ketika usianya 3 tahun. 

Baca juga: Anjing Peliharaan Sering Menolak Makan, Apa Penyebabnya?

Tidak hanya berdampak pada penurunan nafsu makan dan bau mulut, gangguan kesehatan gigi dan mulut pada anjing juga bisa menyebabkan gangguan pada metabolisme tubuhnya dan memicu terjadinya kerusakan pada organ lain, seperti jantung dan ginjal. Beberapa masalah kesehatan gigi yang umum terjadi pada anjing di antaranya:

  • Munculnya plak pada gigi yang terjadi karena sisa makanan menumpuk pada gigi bersama dengan air liur. Penumpukan plak sering ditemui pada bagian luar gigi, terlebih pada gigi geraham dan premolar atas.
  • Kalkulus atau tartar yang terjadi karena komplikasi dari plak gigi yang tidak dibersihkan dan mengalami pengerasan. Kondisi ini akan mengakibatkan terjadinya bau mulut dan iritasi pada gusi anjing.

Jadi, jangan lupa untuk rutin menjaga kesehatan gigi dan mulut anjing kesayanganmu dengan membersihkan giginya secara rutin, ya!



Referensi: 
Proplan.co.id. Diakses pada 2020. Lakukan Hal Ini untuk Menjaga Kesehatan Gigi Anjing Kesayangan.
Proplan.co.id. Diakses pada 2020. Tips Merawat Gigi Anjing.