• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Minuman Sehat yang Efektif Meredakan Batuk

Ketahui Minuman Sehat yang Efektif Meredakan Batuk

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ketahui Minuman Sehat yang Efektif Meredakan Batuk

“Batuk adalah masalah yang biasa terjadi pada semua orang. Namun, masalah ini tentu dapat mengganggu aktivitas harian. Nah, disebutkan jika beberapa minuman sehat dapat secara efektif untuk meredakan masalah batuk tersebut. Pastikan kamu mengetahuinya.”

Halodoc, Jakarta – Batuk termasuk salah satu masalah yang dapat mengganggu aktivitas harian, baik untuk diri sendiri dan juga orang di sekitar. Bahkan, kamu berpotensi untuk menularkannya pada orang lain jika tidak memakai masker.

Meski begitu, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meredakan batuk, salah satunya adalah dengan mengonsumsi minuman sehat. Apa saja minuman tersebut? Cari tahu jawabannya di sini!

Baca juga: Alami Batuk Kering, Ini 5 Cara untuk Mengatasinya

Minuman yang Mampu Redakan Batuk

Batuk adalah refleks yang digunakan tubuh untuk membantu tubuh membersihkan saluran udara. Meski batuk biasanya terjadi saat seseorang sakit, tetapi gangguan ini juga dapat disebabkan beberapa hal lain, seperti alergi, asma, hingga refluks asam. Saat gangguan ini terjadi, tentu kamu merasa tidak nyaman dan bahkan mengganggu, serta menghabiskan energi.

Namun, tahukah kamu jika ada beberapa minuman sehat yang dapat mampu membantu tubuh untuk meredakan batuk? Apa saja jenis minuman yang dapat memberikan khasiat seperti itu? Berikut jawabannya:

1. Teh

Kamu bisa meredakan batuk dengan mengonsumsi teh. Dengan cara ini, kamu bisa membuat gangguan pada tenggorokan ini menjadi lebih baik. Hal ini karena kemampuan teh untuk menenangkan sakit tenggorokan dan mengencerkan lendir yang mempermudah dahak untuk keluar. Selain itu, teh juga mempunya sifat antiinflamasi dan antimikroba yang sangat baik untuk penyembuhan.

2. Madu

Madu termasuk salah satu obat yang sangat baik untuk sakit tenggorokan termasuk juga batuk. Sebuah studi mengatakan jika madu dapat meredakan batuk lebih efektif dibandingkan obat dijual bebas tanpa resep yang mengandung dekstrometorfan, yang merupakan obat penekan batuk.

Kamu bisa mengolah madu dengan mencampurnya bersama teh herbal, air hangat, atau air lemon. Saat dikonsumsi bersama teh, kamu bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus.

Baca juga: Langkah Sederhana untuk Meredakan Batuk Berdahak

3. Yogurt

Yogurt menjadi salah satu minuman yang kaya akan probiotik yang sangat baik untuk tubuh. Memang kandungan ini tidak meredakan batuk secara langsung, tetapi dapat menyeimbangkan bakteri yang hidup di dalam usus.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan dukungan terhadap fungsi sistem imun di seluruh tubuh. Selain yogurt, kamu juga bisa memilih produk probiotik lainnya seperti kefir.

Kamu juga bisa bertanya pada dokter dari Halodoc terkait pengobatan lainnya yang ampuh untuk meredakan batuk. Hanya dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa mendapatkan kemudahan dalam berinteraksi dengan ahli medis hanya dengan menggunakan smartphone. Unduh aplikasinya sekarang juga!

4. Peppermint

Daun peppermint memiliki banyak khasiat terkait penyembuhan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kandungan menthol dalam peppermint dapat menenangkan tenggorokan dan berfungsi sebagai dekongestan yang dapat membantu tubuh memecah lendir.

Selain meminumnya, kamu bisa juga mandi uap dengan daun ini. Campurkan beberapa tetes minyak peppermint di atas air panas. Lalu, letakkan handuk di atas kepala sambil mengambil napas tepat di atas air tersebut.

Baca juga: 4 Cara Ampuh Mengatasi Batuk Berdahak

5. Air Garam

Meskipun obatnya mungkin tampak relatif sederhana, berkumur dengan air garam dapat membantu untuk meredakan batuk akibat masalah di tenggorokan. Cara membuat air garam untuk berkumur nyatanya cukup sederhana.

Kamu cukup mencampurkan 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam dengan 8 ons air hangat dapat membantu untuk meredakan iritasi. Namun, jangan berikan cairan ini pada anak-anak yang belum dapat berkumur.

Itulah cairan yang dapat kamu konsumsi untuk meredakan batuk yang terus menyerang. Dengan beberapa cara yang telah disebutkan, diharapkan gangguan ini dapat segera teratasi. Namun jika dengan minuman sehat tidak juga membaik, ada baiknya untuk mendapatkan pemeriksaan dari dokter.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. The Best Natural Cough Remedies.
Healthline. Diakses pada 2021. The 7 Best Teas to Help Ease a Cough.