Ketahui Perawatan Rumahan untuk Atasi Neuritis Optik

Ketahui Perawatan Rumahan untuk Atasi Neuritis Optik

Halodoc, Jakarta - Ada banyak jenis gangguan mata yang dapat terjadi pada seseorang. Gangguan ini harus segera ditangani karena dapat menyebabkan gangguan penglihatan yang mengganggu aktivitas. Salah gangguan tersebut adalah neuritis optik, yakni kondisi peradangan yang timbul pada saraf mata. Akibat penyakit ini, seseorang kehilangan lapisan pelindung mata yang disebut myelin.

Jika myelin hiang maka sinyal visual tidak bisa terkirim ke area otak dan gangguan penglihatan akan terjadi seperti pandangan yang buram atau kabur. Gejala lain yang  mudah dikenali dari penyakit ini adalah nyeri pada mata, terutama saat bola mata digerakkan.

Penyakit ini bisa dialami siapa saja, namun yang paling sering mengalaminya adalah wanita usia antara 20 hingga 40 tahun. Penyakit ini diduga menyerang seseorang akibat kelainan autoimun, yakni saat adanya gangguan yang sistem imun menyerang tubuh sendiri. Pada kelainan ini yang diserang oleh sistem imun tubuh adalah selaput myelin.

Baca Juga: Perlu Tahu, Ini 5 Penyebab Neuritis Optik

Perawatan Rumahan Mengatasi Neuritis Optik

Penyakit ini umumnya bisa sembuh dengan sendirinya. Namun untuk membantu mempercepat penyembuhan, dapat dilakukan penyuntikan obat steroid dosis tinggi. Tidak hanya itu, terdapat beberapa pengobatan rumahan untuk membantu mempercepat penyembuhan, antara lain:

  • Apel

Buah satu ini cukup efektif mengatasi berbagai penyakit, termasuk neuritis optik. Di dalam buah apel terkandung banyak vitamin, terutama vitamin A dan C sebagai antioksidan yang juga meredakan peradangan pada saraf mata. Kamu disarankan mengonsumsi 2 hingga 3 apel secara rutin per hari untuk merasakan manfaatnya.

  • Susu Kedelai

Minuman nikmat satu ini dikenal ampuh membantu pengobatan neuritis optik. Hal ini karena susu kedelai memiliki kandungan protein, vitamin B1, lesitin, dan asam glutamat yang tinggi sehingga efektif menyembuhkan neuritis optik. Kamu bisa mencampur susu kedelai dengan 1-2 sendok makan madu asli untuk mempercepat penyembuhan.   

Baca Juga: Benarkah Wanita Lebih Rentan Alami Neuritis Optik?

  • Konsumsi Makanan Kaya Vitamin B

Makanan yang kaya vitamin B dikenal sebagai pengobatan alami yang bermanfaat mengobati neuritis optik. Dalam beberapa hal, makanan kaya vitamin B12 juga bisa meringankan rasa sakit yang hebat dan menghilangkan kelelahan. Beberapa jenis sumber vitamin B antara lain ikan laut, kerang, atau ayam tanpa lemak.

  • Yogurt

Minuman fermentasi susu ini juga baik untuk mengatasi neuritis optik karena kaya akan kandungan vitamin B1 dan vitamin B12. Kedua vitamin tersebut bukan hanya baik untuk mata, tapi juga diproduksi oleh bakteri untuk bekerja baik sebagai katalis di dalam usus.  

  • Nanas

Buah satu ini memiliki kandungan asam esensial tertentu yang baik dalam mengobati neuritis optik. Hal ini karena nanas memiliki antioksidan seperti vitamin A dan C yang tinggi. Jadi, minum atau makan jus nanas segelas per hari tanpa tambahan apa pun adalah pengobatan rumahan yang tepat untuk mengatasi neuritis optik.

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Diabetes Bisa Sebabkan Neuritis Optik

Masih penasaran soal neuritis optik dan cara mengatasinya? Kamu bisa segera menanyakannya ke dokter di aplikasi Halodoc! Kamu bisa bertanya seputar informasi kesehatan atau menyampaikan keluhan penyakit. Dapatkan rekomendasi beli obat dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya melalui Video/Voice Call dan Chat. Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!