• Home
  • /
  • Ingin Mengetahui Usia Kehamilan? Ini Caranya

Ingin Mengetahui Usia Kehamilan? Ini Caranya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ingin Mengetahui Usia Kehamilan? Ini Caranya

Halodoc, Jakarta - Tidak sedikit pasangan yang mengharapkan keturunan untuk melengkapi kebahagian hidupnya. Setelah melakukan pengecekan dengan test pack dan dipastikan hamil, cobalah untuk langsung mengingat kapan terakhir ibu menstruasi. Hal tersebut sangat berguna untuk menentukan usia kehamilan dan perkiraan tanggal lahir.

Dengan mengetahui usia kehamilan, ibu dapat mempersiapkan segala sesuatunya untuk persalinan. Berikut adalah beberapa cara untuk mengetahui usia kehamilan!

Baca juga: Kapan Ibu Hamil Sebaiknya Melakukan USG?

Cara Mudah Mengetahui Usia Kehamilan

Dengan mengetahui usia kehamilan, ibu dapat mengetahui berapa lama janin berada di dalam rahim. Hal ini umumnya ditentukan dengan kombinasi minggu dan hari, serta penentuannya dihitung dari hari pertama periode menstruasi terakhir wanita tersebut. Secara teknis, penghitungannya bisa  sekitar dua minggu selama wanita tersebut belum mengalami kehamilan.

Sebagian besar kehamilan bisa berlangsung selama sekitar 40 minggu. Walau begitu, usia kehamilan 38-42 minggu masih dianggap normal. Namun, jika bayi lahir sebelum 37 minggu temasuk dalam kelahiran pre-mature, sedangkan persalinan di minggu ke-42 disebut post-mature.

Lalu, bagaimana cara mengetahui usia kehamilan yang sedang dijalani? Berikut beberapa metode yang dapat dilakukan:

  1. Aturan Naegele

Cara mengetahui usia kehamilan yang pertama adalah dengan mengikuti aturan naegele. Awalnya, ibu harus menetapkan tanggal periode menstruasi terakhir yang telah dicatat sebelumnya. Dari tanggal tersebut, cobalah untuk menambahkan 1 tahun dan 7 hari, lalu kurangi 3 bulan. Tanggal yang dihasilkan akan mendekati perkiraan tanggal persalinan.

Contohnya, jika periode menstruasi terakhir yang terjadi pada 1 Januari 2020, maka:

  • Tambahkan tujuh hari, maka menjadi 8 Januari 2020.
  • Kurangi tiga bulan dari tanggal tersebut menjadi 8 Oktober 2019.
  • Tambahkan satu tahun dari hasilnya menjadi 8 Oktober 2020.
  • Maka tanggal persalinan yang diperkirakan adalah 8 Oktober 2020.

Jika ibu masih bingung tentang cara mengetahui usia kehamilan, dokter dari Halodoc dapat membantu. Caranya cukup mudah, ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan!

  1. Alat Roda Kehamilan

Alat roda kehamilan juga dapat dilakukan sebagai cara lain untuk mengetahui usia kehamilan. Metode ini umum digunakan oleh sebagian besar dokter dan bidan. Sangat mudah untuk memperkirakan tanggal jatuh tempo dengan menggunakan alat ini. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan tanggal menstruasi terakhir pada benda tersebut dan akan terlihat tanggal perkiraan persalinan. Walau begitu, mendapatkan tanggal yang tepat untuk melahirkan kemungkinannya sangat kecil.

Baca juga: Ini Beda Usia Janin dan Usia Kehamilan

  1. Metode Sonografi

Cara mengetahui usia kehamilan lainnya adalah dengan melakukan pemeriksaan menggunakan metode sonografi. Pemeriksaan ini dapat melihat perkembangan janin dari tiap trimester kehamilan. Berikut penjabarannya:

  • Usia Kehamilan pada Trimester Pertama

Pemeriksaan ini dapat dilakukan ketika sudah mencapai 14 minggu agar dapat diperkirakan secara akurat usia kehamilan yang sedang terjadi. Pendekatan yang dilakukan dengan menggunakan transvaginal dan transabdominal agar memberikan penilaian yang akurat. Cara ini dapat melihat panjang embrio untuk menentukan usia kehamilan yang ada.

  • Usia Kehamilan pada Trimester Kedua

Jika usia kehamilan tidak ditentukan pada trimester pertama, teknik ini dapat dilakukan untuk menentukannya. Namun pada umumnya, metode ini dilakukan untuk menentukan ukuran janin tetap dalam kisaran normal. Walau begitu, hal ini tidak dapat mengubah tanggal persalinan yang telah ditentukan sebelumnya.

  • Usia Kehamilan pada Trimester Ketiga

Ketika telah memasuki trimester ketiga, metode ini umumnya untuk melihat perkiraan usia dan kematangan janin yang terbentuk. Dokter akan melihat bagian-bagian tubuh yang terbentuk sudah sesuai dengan usia janin atau belum. Cara ini juga dapat melihat gangguan yang mungkin terjadi pada janin.

Baca juga: Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Perlu Diketahui

Itulah beberapa cara untuk mengetahui usia kehamilan pada rahim. Hal ini penting agar dapat ditentukan apabila pertumbuhan janin sesuai dengan usianya atau persalinan yang terjadi kelak termasuk normal atau prematur. Maka dari itu, selalu ingat tanggal terakhir kamu menstruasi untuk menentukan tanggal persalinan.

 

Referensi:
NCBI. Diakses pada 2020. Gestational Age Assessment
Healthline. Diakses pada 2020. How to Calculate Your Due Date