30 March 2019

Perkembangan Janin Usia 1 Minggu

perkembangan-janin-usia-1-minggu-halodoc

Halodoc, Jakarta – Karena tanda-tanda awal kehamilan seringkali tidak terlalu terasa, banyak wanita terlambat menyadari dirinya hamil. Jangankan bertanya bagaimana perkembangan janin dalam 1 minggu pertama, kebanyakan malah baru tahu dirinya hamil saat usia kehamilan sudah sekitar 2 sampai 3 minggu. Sebenarnya, apakah janin sudah mulai terbentuk di usia 1 minggu? Simak penjelasannya di sini.

Sebelum memahami perkembangan janin di dalam kandungan, ibu perlu tahu bahwa usia janin dan usia kehamilan itu berbeda. Usia kehamilan ibu sudah dimulai sejak hari pertama haid terakhir (HPHT) ibu. Nah nantinya, hari perkiraan lahir (HPL) akan dihitung dari usia kehamilan ibu tersebut.

Jadi, meskipun saat HPHT, janin belum terbentuk karena pembuahan belum terjadi, namun minggu tersebut tetap dihitung sebagai usia kehamilan minggu pertama. Ini karena pada saat itu, tubuh ibu sebenarnya sudah mempersiapkan diri untuk hamil.

Lalu, bagaimana dengan perhitungan usia janin? Memastikan usia janin secara akurat memang sulit karena tidak ada yang tahu kapan tepatnya pembuahan terjadi. Dokter kandungan dan bidan hanya bisa mengira-ngira usia janin berdasarkan usia kehamilan ibu. Usia janin yang diketahui dari pemeriksaan USG pun tidak dijamin seratus persen akurat. Usia Si Kecil bisa saja lebih kecil atau lebih besar dari usia kehamilan ibu.

Perubahan dalam Tubuh Ibu pada Minggu Pertama Kehamilan

Siklus haid wanita memang bisa berubah-ubah. Makanya, ketika suatu hari menstruasi datang terlambat, banyak wanita yang tidak langsung berpikir bahwa itu adalah tanda kehamilan. Gejala awal kehamilan, seperti kelelahan, perubahan suasana hati, dan keinginan buang air kecil yang meningkat juga kerap kali dihubungkan dengan gejala pra-menstruasi.

Baca juga: Kenali Bedanya Tanda PMS atau Hamil

Meski minggu pertama kehamilan tidak terlalu menimbulkan gejala yang berarti, namun sebenarnya banyak terjadi perubahan dalam tubuh ibu sejak HPHT. Selain tidak mendapatkan haid, sebagian wanita akan mengalami gejala-gejala awal kehamilan berikut:

  • Payudara Bengkak dan Menjadi Sensitif

Payudara akan menjadi lebih besar dari biasanya, sekaligus terasa nyeri atau sensitif saat disentuh. Tapi, gejala ini tidak selalu muncul di minggu pertama kehamilan.

  • Mual dengan atau Tanpa Disertai Muntah

Tiga minggu setelah terjadi pembuahan, sebagian wanita biasanya akan merasakan mual. Ada beberapa wanita yang mengalami mual disertai dengan muntah, namun ada juga yang hanya merasa mual saja tanpa muntah-muntah. Munculnya rasa mual berkaitan dengan hormon kehamilan. Gejala ini tidak hanya muncul di pagi hari, namun bisa terjadi kapan saja.

  • Sakit Pinggang Bagian Bawah

Gejala berupa sakit pinggang bagian bawah juga bisa terjadi pada sebagian ibu hamil. Gejala ini kemungkinan akan berlanjut selama masa kehamilan, terutama ketika berat badan sudah semakin bertambah.

Baca juga: Mudik Saat Hamil Muda, Hati-Hati Sakit Pinggang

Janin Berusia 1 Minggu Sudah Sebesar Apa?

Pada usia kehamilan 1 minggu, janin belum terbentuk karena sel telur masih dalam proses meninggalkan indung telur dan menuju tuba falopi. Ibu belum benar-benar hamil karena belum terjadi pembuahan hingga dua minggu setelah menstruasi berakhir.

Karena itu, ibu bisa melakukan tes kehamilan mandiri dengan menggunakan test pack atau dengan memeriksakan diri di dokter kandungan untuk memastikan kehamilannya.

Nah, itulah penjelasan mengenai perkembangan janin di usia 1 minggu. Di usia 1 minggu kehamilan ini, ibu tidak perlu mengkhawatirkan apapun. Bila ibu memang sedang merencanakan kehamilan, jalanilah pola makan yang sehat, minum vitamin prenatal, dan bicarakan ke dokter mengenai obat-obat apa saja yang tidak boleh ibu konsumsi.

Baca juga: 4 Hal yang Penting Dilakukan saat Hamil Trimester Pertama

Selain itu, download juga Halodoc sebagai teman penolong untuk membantu menjaga kesehatan ibu selama masa kehamilan. Melalui Video/Voice Call dan Chat, ibu bisa menghubungi dokter untuk membicarakan masalah kehamilan yang ibu alami kapan saja dan di mana saja.