Ketahui Kondisi yang Perlu Pemeriksaan Spesialis Radiologi

Ketahui Kondisi yang Perlu Pemeriksaan Spesialis Radiologi

Halodoc, Jakarta – Demi mendapatkan penanganan yang tepat, kamu perlu mengunjungi dokter yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pengobatan kamu. Ada banyak dokter spesialis  yang membantu menangani penyakit yang dialami, salah satunya adalah dokter spesialis radiologi.

Baca juga: Ketahui Jenis Pemeriksaan Dilakukan saat Medical Check Up

Apa sebenarnya dokter radiologi itu? Ilmu radiologi merupakan ilmu kedokteran untuk mendeteksi berbagai penyakit serta gangguan kesehatan pada tubuh dengan menggunakan suatu alat yang menggunakan radiasi.

Dokter radiologi merupakan spesialis yang berfokus pada pengobatan dan perawatan pasien dengan bantuan alat pemeriksaan radiologi yang menggunakan prosedur pencitraan. Dokter radiologi memiliki peranan penting terhadap bidang spesialis kedokteran yang lain, terutama dokter bedah, dokter ortopedi, dokter penyakit dalam, spesialis anak atau pediatric, spesialis paru, spesialis saraf serta forensik. Pemeriksaan radiologi dilakukan berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan pasien.

Ketahui Mengenai Pemeriksaan Radiologi

Pemeriksaan radiologi adalah pemeriksaan atau mendiagnosa penyakit yang terdapat dalam tubuh pasien dengan menggunakan teknologi pencitraan. Selain melakukan pemeriksaan fisik untuk memastikan kondisi kesehatan pasien, melakukan pemeriksaan radiologi juga memudahkan dokter untuk memastikan kondisi bagian dalam dari tubuh pasien.

Sebaiknya sebelum melakukan pemeriksaan radiologi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti menyiapkan riwayat kesehatan dan selalu terbuka dengan dokter radiologi mengenai penyakit dan gejala yang dirasakan.

Ada beberapa ketentuan yang tidak boleh dilewatkan ketika seseorang melakukan pemeriksaan radiologi. Wanita hamil tidak dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan radiologi seperti CT Scan, foto rontgen dan PET Scan. Pemeriksaan ini dapat membahayakan kondisi janin. 

Selain itu, ada beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan ketika melakukan pemeriksaan radiologi, seperti:

1. Puasa

Setiap pemeriksaan radiologi, dokter menyarankan cara dan waktu puasa yang berbeda-beda. Sebaiknya bicarakan pada dokter radiologi tentang puasa yang sebaiknya dilakukan.

2. Mengonsumsi Obat

Pada pemeriksaan radiologi melalui foto rontgen untuk kondisi patah tulang biasanya menimbulkan nyeri pada bagian tulang yang patah. Dokter akan memberikan obat untuk mengurangi rasa nyeri sebelum pemeriksaan radiologi dimulai.

3. Tidak Menggunakan Aksesori

Saat pemeriksaan radiologi berlangsung, pasien akan dilarang untuk menggunakan aksesori apa pun.

4. Menggunakan Pakaian Khusus

Sebaiknya pasien menggunakan pakaian khusus agar pemeriksaan radiologi lebih mudah dilakukan.

Mengikuti saran dokter saat melakukan pemeriksaan radiologi juga dianjurkan untuk mendapatkan hasil yang optimal dari pemeriksaan radiologi ini.

Baca juga: 4 Masalah Kesehatan yang Bisa Dideteksi X-Ray

Ketahui Kondisi Penyakit yang Membutuhkan Pemeriksaan Radiologi

Tujuan dari pemeriksaan radiologi untuk mendeteksi kondisi tubuh pasien serta menentukan penyebab penyakit yang dialami oleh pasien. Ketahui penyakit apa saja yang bisa terdeteksi melalui pemeriksaan radiologi, yaitu:

  1. Kanker.

  2. Epilepsi.

  3. Penyakit Jantung.

  4. Penyakit Paru.

  5. Stroke.

  6. Infeksi.

  7. Gangguan pada Pembuluh Darah, Sendi serta Tulang.

  8. Gangguan Saluran Cerna.

  9. Penyakit Ginjal dan Saluran Kemih.

  10. Gangguan Kelenjar Tiroid.

  11. Gangguan Kelenjar Getah Bening.

Jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan radiologi. Pemeriksaan ini aman dilakukan meskipun ada efek samping yang perlu diketahui. Pemeriksaan radiologi menggunakan cairan kontras dapat memberikan efek tekanan darah rendah. Tidak hanya itu, cairan kontras yang diberikan juga dapat memberikan efek mual, gatal dan pusing.

Untuk bertanya informasi mengenai pemeriksaan radiologi, kamu bisa memilih  dokter dan rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Langkah-Langkah Pemeriksaan X-Ray