Ketahui Jenis Pemeriksaan Dilakukan saat Medical Check Up

Ketahui Jenis Pemeriksaan Dilakukan saat Medical Check Up

Halodoc, Jakarta - Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang penting. Caranya tidak sulit, kamu bisa memulainya dengan menjaga asupan makanan sehat dan rajin berolahraga. Menjaga kesehatan ini ditujukan untuk mencegah datangnya penyakit. Namun, untuk memantau kondisi kesehatan kamu bisa melakukannya dengan cara melakukan pemeriksaan fisik atau medical check up.

Medical check up adalah pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara menyeluruh. Tujuannya untuk memastikan kondisi kesehatan, serta mengantisipasi gangguan kesehatan yang dapat berkembang menjadi penyakit. Pemeriksaan fisik dan kesehatan ini umumnya direkomendasikan untuk dilakukan oleh orang yang memiliki indikasi tertentu, dan jenis pemeriksaan akan disesuaikan dengan kebutuhannya.

Biasanya pemeriksaan ini dilakukan untuk evaluasi kesehatan karyawan, pengidap penyakit kronis seperti hipertensi dan diabetes yang belum terkontrol, persiapan tindakan operasi, pemeriksaan untuk dilakukan oleh kaum lanjut usia, atau sebagai persyaratan khusus seperti asuransi dan uji saring untuk jenjang pendidikan maupun pekerjaan.

Baca Juga: Begini Cara Cek Kesehatan Pakai BPJS

Jenis Pemeriksaan dalam Medical Check Up

Sebetulnya tidak ada runutan baku dalam prosedur medical check up. Namun, biasanya dimulai dengan melakukan pemeriksaan BMI atau indeks massa tubuh dengan mengukur dan mengaitkan tinggi dan berat badan. Nah, beberapa pemeriksaan lain yang termasuk dalam medical check up antara lain:.

Cek fungsi jantung dengan EKG

Ekokardiografi adalah tes yang menggunakan suatu alat khusus untuk mengamati semua kondisi jantung, termasuk struktur dan fungsinya. Alat tersebut bekerja dengan mengeluarkan gelombang suara ultrasonik, sehingga menghasilkan gambar (ekokardiogram) yang menunjukkan kondisi jantung.

Melalui tes ini, fungsi dan struktur jantung dapat dinilai secara langsung dan akurat. Bahkan kamu bisa mengetahui gerakan katup jantung, dinding jantung, dan sebaik apa aliran darah di bilik jantung.

Pemeriksaan Radiologi

Jenis pemeriksaan ini menggunakan sinar X atau sinar radioaktif untuk memberikan informasi mengenai suatu penyakit lewat foto/gambar/imaging.

Baca Juga: Perlu Tahu, Ini Langkah-Langkah Pemeriksaan X-Ray

Pemeriksaan Laboratorium

Dalam pemeriksaan laboratorium, kamu diberikan pilihan pemeriksaan berikut ini:

  • Pemeriksaan hematologi yang dilakukan untuk mengetahui kualitas dan kuantitas dari sel darah merah, sel putih, trombosit, dan berbagai hal mengenai sel serta organ pembentuk darah.

  • Pemeriksaan urine terdiri dari pemeriksaan warna, pH, protein/albumin, gula, bilirubin, darah.

  • Pemeriksaan tinja terdiri dari pemeriksaan warna dan konsistensi

Pemeriksaan Kolesterol

Pemeriksaan kolesterol juga masuk ke dalam rangkaian medical check up yang penting untuk dilakukan. Kebiasaan mengonsumsi makanan kaya lemak dapat membuat naiknya kadar kolesterol dalam darah yang memicu masalah kesehatan seperti serangan jantung dan stroke.

Kadar kolesterol dikatakan normal jika berada pada level di bawah 200 mg/dL. Selain itu, pastikan tekanan darah berada pada level normal, yaitu pada 120/80 agar jauh dari ancaman penyakit hipertensi maupun hipotensi.

Pemeriksaan Gula Darah

Selain memeriksa kadar kolesterol, penting juga untuk memeriksa gula darah agar terhindar dari diabetes. Namun sebelum menjalankan pemeriksaan ini biasanya kamu diminta untuk berpuasa minimal 8 jam sebelumnya. Gula darah normal berada pada level 70-100 mg/dL, sementara dikatakan kamu mengalami pradiabetes jika memiliki gula darah pada level 100-125 mg/dL. Sementara itu, kamu dinyatakan mengalami diabetes jika kadar gula berada pada level lebih dari 126 mg/dL.

Baca Juga: Harus Tahu, Anak-Anak Juga Butuh Medical Check Up

Itulah beberapa jenis tes yang dilakukan dalam medical check up. Jika kamu hendak melakukan tes ini, maka kamu bisa segera datang menemui dokter. Kini kamu pun bisa pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu melalui Halodoc. Praktis, bukan? Kamu juga bisa download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!