Kunyit Bisa Bantu Turunkan Badan, Ini Faktanya

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Kunyit Bisa Bantu Turunkan Badan, Ini Faktanya

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya dapat meningkatkan rasa percaya diri, memiliki berat badan yang ideal dapat membuat kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang disebabkan oleh obesitas. Namun jangan khawatir, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal, mulai dari rutin berolahraga, melakukan pola diet sehat hingga mengonsumsi beberapa makanan alami yang membantu untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: Berat Badan Bertambah? Ini yang Terjadi pada Tubuh

Pernahkah kamu mendengar bahwa rempah-rempah yang dihasilkan Indonesia dapat membantu menurunkan berat badan secara alami? Ya, salah satu rempah-rempahan yang dihasilkan Indonesia, seperti kunyit mampu membantu proses penurunan berat badan.

Khasiat Kunyit Sebagai Penurun Berat Badan Alami

Umumnya, kunyit dikenal sebagai rempah-rempah yang memberikan rasa unik maupun pewarna alami pada makanan. Namun, tahukah kamu bahwa kunyit memiliki cukup banyak manfaat yang bisa kamu rasakan untuk kesehatan kamu, salah satunya dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan.

Kunyit memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga membantu untuk mengatasi gangguan kesehatan, seperti sakit perut, gangguan metabolisme, dan obesitas. Lalu, bagaimana kunyit membantu untuk menurunkan berat badan? Kunyit mampu menekan pertumbuhan jaringan lemak dalam tubuh. Jaringan lemak di dalam tubuh sering dikaitkan dengan obesitas.

Meskipun kunyit dapat membantu untuk menekan pertumbuhan jaringan lemak, namun penurunan berat badan tidak dapat terjadi dengan cepat. Selain mengonsumsi kunyit, pola makan dan asupan nutrisi serta gizi yang masuk di dalam tubuh juga memengaruhi proses penurunan berat badan yang dijalani.

Baca juga: Tips Turunkan Berat Badan dalam 30 Hari

Selain Konsumsi Kunyit, Lakukan Tips Ini untuk Menurunkan Berat Badan

Demi kesuksesan menurunkan berat badan, kamu bisa bertanya langsung pada dokter ahli tentang pola diet yang tepat melalui aplikasi Halodoc. Umumnya, proses penurunan berat badan berjalan lancar ketika kamu memiliki komitmen dengan diri kamu sendiri. Setelah itu, lakukan beberapa cara ini agar usaha kamu semakin optimal, yaitu:

1. Jangan Lewatkan Sarapan

Jangan hindari sarapan. Sarapan menjadi bagian penting jika kamu ingin menurunkan atau mempertahankan berat badan yang kamu miliki. Seseorang yang melewatkan sarapan akan lebih mudah merasa lapar dan tergoda untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan pada waktu siang hari. Pilihlah sarapan yang bernutrisi agar kamu menjalani aktivitas kamu sehari-hari dengan baik.

2. Mengonsumsi Makanan Berserat

Memenuhi kebutuhan serat di dalam tubuh juga membantu kamu menurunkan berat badan secara alami. Kandungan serat dalam tubuh membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga dapat menekan keinginan untuk mengonsumsi camilan atau makan berlebihan. Selain itu, kesehatan pencernaan juga akan terjaga dengan baik.

3. Rutin Olahraga

Selain menjalani pola makan sehat, jangan lupakan olahraga. Luangkan setidaknya 30 menit dalam sehari untuk melakukan olahraga setiap harinya. Rutin olahraga membantu kamu membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Baca juga: 5 Cara Tingkatkan Berat Badan Agar Lebih Ideal

Selain beberapa cara di atas, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas dalam satu hari. Sebaiknya untuk hasil yang optimal hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang menggunakan gula atau pemanis buatan.

Referensi:
Times of India. Diakses pada 2019. Here’s How Turmeric Can Help You Lose Weight
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Weight Loss