• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Tingkatkan Berat Badan Agar Lebih Ideal

5 Cara Tingkatkan Berat Badan Agar Lebih Ideal

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Jika banyak orang ingin menurunkan berat badan, beberapa orang justru ingin meningkatkan berat badan. Ini karena untuk sebagian orang, meningkatkan berat badan bukanlah hal mudah. Ada banyak penyebabnya, mulai dari faktor genetik, pola makan, pola tidur, tingginya aktivitas fisik, hingga gangguan medis tertentu seperti hipertiroidisme, gangguan pencernaan, gangguan makan, dan ganguan psikis.

(Baca juga: Ingin Lebih Berisi? Intip Cara Sehat Menambah Berat Badan Ini)

Berat badan ideal setiap orang berbeda. Sebab, perhitungannya dipengaruhi oleh tinggi badan. Jadi, kamu enggak bisa membandingkan berat badan yang kamu punya dengan berat badan orang lain. Untuk mengetahuinya, kamu bisa menghitung berat badan idealmu (kilogram) dengan rumus = tinggi badan (sentimeter) – 100. Hasil perhitungan itulah yang bisa menjadi tolok ukur apakah berat badan kamu di bawah normal, ideal, atau di atas normal.

(Baca juga: Kiat Menjaga Berat Badan Ideal yang Tahan Lama)

Misalkan, tinggi badan kamu 160 sentimeter, maka kamu perlu kurangi tinggi badanmu dengan 100. Hasil dari contoh perhitungan adalah 60. Itu berarti berat badan idealmu sekitar 60 kilogram. Jika berat badan aslimu kurang dari 60 kilogram, bisa dianggap berat badanmu masih di bawah normal. Namun jangan khawatir, kamu masih bisa berusaha untuk meningkatkan berat badan. Berikut adalah beberapa cara meningkatkan berat badan yang bisa kamu lakukan:

1. Pilih Makanan Sehat

Alih-alih makan junkfood atau fastfood, ada baiknya kamu perbanyak konsumsi makanan sehat untuk meningkatkan berat badan. Pilihlah makanan sehat yang mengandung karbohidrat rendah glikemik (seperti beras merah dan biji-bijian), protein tanpa lemak (seperti tahu, tempe, dan daging ayam tanpa kulit),  vitamin (seperti sayur dan buah), dan mineral.

2. Makan Lebih Sering

Jika kamu memiliki badan kurus dan cepat merasa kenyang saat makan, kamu bisa mengakalinya dengan perbanyak frekuensi makan. Misalkan yang semula 2-3 kali sehari ditambah menjadi 5-6 kali sehari dalam porsi yang lebih kecil.

3. Tambah Kalori

Menambah kalori pada menu harian bisa menjadi cara untuk meningkatkan berat badan. Meski demikian, kamu tetap perlu berhati-hati dalam memilih makanan penambah kalori. Sebab, konsumsi kalori berlebih dapat mengakibatkan kelebihan glukosa (gula darah) atau lemak tidak sehat di dalam tubuh. Untuk menambah kalori, kamu bisa menambahkan kacang-kacangan, susu full cream, alpukat, telur, atau gandum ke dalam menu harianmu.

4. Mengonsumsi Camilan Sehat

Beberapa camilan sehat yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan berat badan adalah kurma, jagung rebus, alpukat, salad sayur, kacang, kentang, selai kacang, dan keripik pisang. Sebisa mungkin, batasi konsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng. Sebab, makanan yang digoreng lebih lambat dicerna tubuh dan meningkatkan risiko penumpukan kolestrol jahat dan lemak dalam tubuh.

5. Berolahraga

Olahraga tak hanya untuk menurunkan berat badan, melainkan juga meningkatkan berat badan. Ini karena olahraga bisa membentuk otot dan massa tubuh sehingga terlihat lebih berisi. Jika ingin meningkatkan berat badan, kamu bisa mencoba olahraga aerobik, angkat beban, bersepeda, berenang, atau belari. Lakukan saja secara bertahap dan sesuai kemampuanmu. Agar hasil maksimal, kamu bisa melakukannya secara rutin setidaknya 20-30 menit per hari.

Jika lima cara di atas belum berhasil, kamu bisa berbicara dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi saran meningkatkan berat badan. Kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter melalui Chat, Voice Call, atau Video Call. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.