Kurang Minum Air Putih Saat Sahur, Ini Dampaknya untuk Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
kurang-minum-air-putih-saat-sahur-waspada-6-dampaknya-pada-kesehatan-halodoc

Halodoc, Jakarta – Sebelum menjalani ibadah puasa, kamu dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum dua gelas air putih saat sahur. Bukan supaya kamu tidak kehausan saat puasa, minum air putih saat sahur penting dilakukan agar tubuh kamu tidak mengalami dehidrasi.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang malas minum air putih. Padahal, kurang minum air putih saat sahur bisa menyebabkan gangguan pada sistem tubuh kamu secara keseluruhan, sehingga akhirnya puasa kamu pun jadi terganggu. Berikut 6 dampak kurang minum air putih saat sahur bagi tubuh.

Kenali Dampak Kurang Minum Air Putih

1. Bau Mulut

Bau mulut merupakan salah satu masalah yang paling sering dialami banyak orang saat sedang berpuasa, mungkin kamu pun juga mengalaminya. Bau mulut saat menjalani ibadah puasa disebabkan lantaran produksi cairan saliva berkurang, sehingga bakteri di dalam mulut dapat berkembang biak dengan subur dan menyebabkan bau tidak sedap. Nah, salah satu penyebab menurunnya produksi saliva adalah kurang minum air saat sahur.

Baca juga: Alasan Sering Bau Mulut ketika Puasa

2. Susah Buang Air Besar

Kurang minum air putih saat sahur juga bisa menyebabkan pencernaan menjadi tidak lancar, sehingga kamu jadi susah buang air besar. Ini akhirnya akan membuat perut terasa penuh dan tidak nyaman. Masalah ini bisa terjadi karena kurangnya asupan cairan mengakibatkan feses menjadi kering dan sulit dikeluarkan.

3. Sakit Kepala

Menurunnya kadar cairan dalam tubuh saat puasa bisa menghambat aliran darah yang membawa oksigen ke otak. Padahal, oksigen berperan penting agar otak bisa berfungsi dengan baik. Selain itu, 75 persen otak juga terdiri dari air. Itulah mengapa kekurangan cairan bisa memberi dampak besar pada otak dan menyebabkan kamu mudah mengalami sakit kepala serta kurang fokus. Kamu pun jadi tidak bisa menjalani hari dengan produktif akibat gangguan kesehatan ini.

Baca juga: 3 Tips Atasi Sakit Kepala Saat Puasa

4. Bad Mood

Tidak minum selama belasan jam saat puasa saja sudah membuat kadar cairan dalam tubuh berkurang secara signifikan. Apalagi bila kamu tidak cukup minum air putih saat sahur, maka kamu berisiko mengalami dehidrasi ringan. Saat mengalami dehidrasi ringan, suasana hati kamu pun bisa terpengaruh, sehingga menyebabkan kamu mengalami bad mood.

Akibatnya, kamu jadi mudah emosi dan suka marah-marah. Nah, enggak mau kan pahalamu jadi berkurang lantaran marah-marah? Karena itu, penuhi kebutuhan air putih kamu saat puasa.

5. Memengaruhi Fungsi Ginjal

Ginjal merupakan organ yang berperan penting dalam mengatur keseimbangan air dan tekanan darah, saat membuang kotoran dari tubuh. Nah, dehidrasi akibat kurang minum air putih menyebabkan ginjal harus bekerja dengan sangat keras dan memengaruhi fungsinya. Bila kamu sering malas minum air putih terutama saat puasa, bukan tidak mungkin kamu bisa mengalami batu ginjal yang membuat perut menjadi tidak nyaman.

6. Cepat Merasa Lemas

Jangan kira lemas saat puasa hanya disebabkan karena kurang asupan makanan saja. Kurang asupan cairan pun bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas. Ini karena air berperan penting dalam mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh termasuk otot.

Air juga berfungsi sebagai pelumas bagi otot agar tidak kaku. Sedangkan otot, merupakan bagian tubuh yang paling banyak digunakan dalam berbagai aktivitas. Sehingga, kekurangan asupan cairan bisa menyebabkan penurunan kinerja otot, yang akhirnya membuat kamu menjadi lemas dan tidak bisa melakukan aktivitas harian dengan baik.

Baca juga: Biar Enggak Lemas Saat Puasa, Ikuti 4 Tips Ini

Nah, mengingat ada banyak dampak negatif dari kekurangan cairan, kamu dianjurkan untuk minum air putih yang cukup saat sahur. Jangan lupa download juga Halodoc yang bisa menjadi teman penolong untuk membantu menjaga kesehatan kamu selama bulan puasa. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc untuk minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja.