• Home
  • /
  • Kutil di Wajah, Ini 4 Pengobatan Alami

Kutil di Wajah, Ini 4 Pengobatan Alami

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Kutil di Wajah, Ini 4 Pengobatan Alami

Halodoc, Jakarta - Kutil adalah gangguan pada kulit yang umumnya terjadi pada telapak tangan atau kaki, ternyata juga dapat menyerang wajah, lho. Penyakit tersebut mungkin saja menimbulkan rasa sakit. Namun, hal yang paling terpengaruh ketika seseorang mengalami kutil di wajah adalah terganggunya penampilan yang menurunkan rasa percaya diri.

Memang, semua orang dapat terserang penyakit ini meskipun orang tersebut terbilang sangat menjaga kebersihan. Hal tersebut karena paparan dari virus tersebut menempel di wajah, sehingga menumbuhkan kutil di area tersebut. Dikarenakan wajah termasuk area yang sensitif, pengobatan dari kutil tersebut harus benar-benar diperhatikan dan menggunakan bahan alami. Baca ulasannya!

Baca juga: 7 Pengobatan Alami Kutil yang Dapat Dicoba di Rumah

Pengobatan Alami untuk Atasi Kutil di Wajah

Kutil adalah gangguan yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Karenanya sulit untuk menghindari virus tersebut karena dapat hidup di semua jenis permukaan, seperti handuk dan lantai. Virus tersebut juga dapat berkembang di kulit, bahkan hingga tempo satu tahun sebelum mengalami pertumbuhan kutil pada tubuhmu.

Kutil juga dapat menyebar melalui sentuhan sehingga wajah juga dapat mengalami gangguan ini. Seseorang yang mengidap gangguan ini juga dapat menyebarkannya kepada orang lain melalui cara yang sama. Maka dari itu, penting untuk mengatasi kutil yang tumbuh di wajah agar tidak menurunkan kepercayaan diri dan menyebarkannya kepada orang lain.

Wajah adalah salah satu bagian yang sensitif pada tubuh, sehingga tidak dapat menggunakan sembarangan cara untuk mengatasi kutil. Meskipun gangguan kulit tersebut dapat sembuh dengan sendirinya, mungkin saja butuh waktu dalam hitungan bulan hingga tahun. Berikut adalah beberapa pengobatan alami untuk atasi kutil yang timbul di wajah:

  1. Cuka Apel

Pengobatan alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi kutil adalah dengan mengaplikasikan cuka apel pada gangguan tersebut. Metode ini memang tidak dapat membunuh virus tersebut, tetapi sifat asam dari cuka dapat menghilangkan kutil agar hilang. Cara lainnya untuk menggunakan cuka apel agar dapat mengatasi kutil adalah dengan menempelkan cuka apel yang dioleskan ke kapas pada area yang terserang. Meski begitu, cobalah untuk berhati-hati saat menggunakannya.

Baca juga: 5 Jenis Penyakit Kutil yang Harus Diketahui

  1. Kulit Pisang

Cara lainnya yang dapat dilakukan sebagai pengobatan untuk kutil di wajah adalah menggunakan kulit pisang. Kandungan enzim yang terdapat dalam bagian luar dari pisang tersebut disebutkan efektif untuk menghilangkan gangguan kulit tersebut. Hal ini dilakukan dengan cara mengikis bagian dalam kulit pisang ke kutil dan lakukan dua kali sehari. Lakukan terus hal tersebut hingga penyakit tersebut hilang.

Apabila kamu masih mempunyai pertanyaan perihal pengobatan kutil di wajah, tanyakan saja pada dokter di Halodoc. Caranya mudah sekali, kamu hanya cukup download aplikasi Halodoc di smartphone-mu!

  1. Kemangi

Kemangi juga termasuk salah satu pengobatan alami yang dapat diterapkan untuk menghilangkan kutil yang terbentuk di wajah. Kandungan antivirus pada kemangi disebutkan dapat membantu untuk menghilangkan penyebab penyakit kulit tersebut. Cara aplikasinya adalah dengan menghancurkan seperempat cangkir berisi daun kemangi hingga benar-benar lembek. Oleskan ke daerah yang terkena dan tutup dengan perban. Lakukan hal tersebut setiap hari selama satu hingga dua minggu.

  1. Madu

Pengaplikasian madu pada kutil yang terbentuk di wajah juga dapat efektif untuk menghilangkannya. Hal tersebut disebabkan sifat dari madu sebagai anti-bakteri dan anti-virus. Menutup kutil dengan madu disebutkan dapat menghilangkan oksigen yang masuk ke bagian kulit tersebut sehingga dapat membunuhnya. Kamu dapat mengoleskan madu dan ditutup dengan perban agar hal tersebut dapat efektif.

Baca juga: Jangan Didiamkan, Ini Tanda Kutil Harus Dioperasi

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengobati kutil di wajah. Gangguan pada kulit ini terbilang harus ditangani karena penyebarannya dan membuat wajah tidak sedap dipandang. Dengan melakukan beberapa hal di atas, diharapkan gangguan yang terjadi lebih mudah untuk disembuhkan.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Facial Warts.
The Healthy. Diakses pada 2020. 12 Home Remedies for Warts You Can Actually Make Right at Home.