7 Pengobatan Alami Kutil yang Dapat Dicoba di Rumah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
7 Pengobatan Alami Kutil yang Dapat Dicoba di Rumah

Halodoc, Jakarta – Kutil merupakan jenis tumor jinak yang disebabkan oleh infeksi Human papilloma virus (HPV). Pertumbuhan kutil cenderung cepat sehingga banyak orang yang tidak menyadari kemunculannya. Kutil dapat menyebar ke bagian tubuh lain pengidapnya atau menular ke orang lain.

Penularan kutil bisa melalui sentuhan atau berbagi barang dengan orang lain. Jika sudah telanjur mengidap kutil, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya. Perlu diketahui bahwa tidak semua kutil perlu dioperasi. Sebab pada kasus ringan, kutil bisa diobati dengan bahan alami berikut.

  1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mudah ditemukan di toko atau membelinya secara online. Cara penggunaannya cukup praktis, yakni dengan merendam bola kapas ke dalam cairan cuka sari apel kemudian oleskan ke area kutil. Pengobatan ini bisa dilakukan tiap malam sebelum tidur. Tutup dengan perban agar kapas tidak bergeser dan diamkan semalaman. Tidak perlu khawatir saat timbul rasa nyeri karena cuka apel bersifat asam.

Baca Juga: 5 Jenis Penyakit Kutil yang Harus Diketahui

  1. Tanaman Herbal

Berikut tanaman herbal yang dianggap efektif mengobati kutil :

  • Echinacea atau biasa dikenal sebagai bunga kerucut ungu. Tanaman herbal ini dapat digunakan sebagai suplemen untuk membantu mengurangi kutil. Selain suplemen, echinacea juga tersedia dalam bentuk teh.
  • Ficus carica atau pohon ara bisa membantu mengurangi penularan kutil.
  • Bawang putih yang dijadikan pasta bisa dijadikan salep alami untuk mengobati kutil.
  1. Baking Powder

Campurkan baking powder dengan minyak kastor hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan pasta ini ke kutil tiap malam sebelum tidur. Sama seperti pengobatan sebelumnya, sebaiknya tutup dengan perban dan diamkan semalaman. Lakukan cara ini hingga kutil berkurang.

  1. Vitamin

Hancurkan tablet vitamin C dan campur dengan air sampai berbentuk pasta kental. Oleskan ke kutil dan tutup dengan perban. Selain vitamin C, kamu juga dapat menggunakan vitamin E dengan cara yang sama.

Baca Juga: 4 Manfaat Vitamin C untuk Wajah yang Mesti Dicoba

  1. Lidah Buaya

Potong daun lidah buaya dan gosokkan gel ke kutil. Lidah buaya mengandung asam malat yang ampuh mengobati penyakit kutil. Jika tidak memiliki tanamannya, cari lidah buaya kemasan yang isinya masih murni tanpa campuran bahan lain.

  1. Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa digunakan untuk mengobati infeksi virus HPV. Oleskan tea tree oil langsung ke kutil dan tutup dengan perban. Ulangi perawatan ini setiap hari hingga kutil berkurang.

  1. Buah Nanas

Oleskan buah nanas segar langsung ke area kutil. Atau, kamu bisa menjadikannya pasta untuk dijadikan salep. Buah nanas mengandung asam dan enzim alami yang bisa membantu menghilangkan kutil. Kamu bisa menerapkan cara ini tiap malam sebelum tidur.

Baca Juga: Buah Nanas Bisa Hilangkan Flek Hitam pada Wajah

Jika masih ragu, kamu bisa menanyakan khasiat bahan alami di atas pada dokter Halodoc. Kamu bisa menggunakan fitur Contact Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!