5 Jenis Penyakit Kutil yang Harus Diketahui

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Jenis Penyakit Kutil yang Harus Diketahui

Halodoc, Jakarta - Kutil menjadi salah satu penyakit kulit yang dapat menyebabkan pengidapnya merasa tidak nyaman, apalagi jika terjadi di area yang terlihat seperti wajah. Kutil disebabkan oleh virus dan muncul di permukaan kulit sebagai benjolan. Virus ini menginfeksi lapisan atas kulit dan pertumbuhannya tergolong cepat.

Kamu bisa terinfeksi virus ini apabila ada luka di kulit, kemudian bisa tertular bila menyentuh seseorang yang memiliki virus tersebut. Virus ini menyebabkan penyakit yang berbeda pada bagian tubuh yang berbeda. Kondisi ini terjadi pada tangan, lengan, dan kaki.

Meskipun termasuk jenis tumor yang ringan, kutil tetap harus diwaspadai dan tidak boleh dianggap remeh karena bisa saja mengakibatkan efek negatif yang lebih besar. Selain itu, kutil menimbulkan gangguan atau membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Hal ini karena kutil yang berbentuk seperti daging lebih ini membuat kulit menjadi lebih tebal.

Berikut ini terdapat beberapa jenis kutil yang perlu kamu ketahui:

 

Baca Juga: Awas, Jangan Sampai Ketularan Kutil Kelamin Karena Hubungan Seks

  • Kutil Biasa. Kutil ini adalah yang paling sering jenisnya dan ukurannya berbagai macam mulai dari 0,1 cm hingga 1 cm. Kutil ini tumbuh di sekitar lutut dan jari, serta terasa keras dengan permukaan yang kasar. Kutil ini juga dikenal dengan sebutan verruca vulgaris. Kutil ini memiliki bintik-bintik kecil gelap yang berasal dari pembuluh darah kita yang beku.

  • Kutil Pipih. Seperti namanya, kutil ini memiliki wujud yang datar atau pipih dengan warna agak kuning, kecoklatan, atau menyesuaikan warna kulit pengidapnya. Kutil ini memiliki sebutan verruca plana atau plane warts dan diidap oleh anak-anak. Ukuran kutil pipih berkisar antara 0,2–0,4 centimeter dan tumbuh pada area tangan, kaki, serta wajah.

  • Kutil Periungual. Kutil jenis ini juga bisa disebut dengan periungual warts, dan ditemukan tumbuh pada kuku tangan dan kaki. Kutil jenis ini memiliki tekstur permukaan yang kasar. Selain terasa menyakitkan, pertumbuhan kutil ini dapat memengaruhi bentuk kuku pengidapnya.Sebenarnya, kutil ini masih termasuk kategori kutil biasa atau verruca vulgaris, namun tempat tumbuhnya hanya berada di sekitar kuku tangan dan kaki. Jika tidak segera ditangani, kutil periungual bisa mengakibatkan kerusakan pada kuku. Pengidapnya akan merasakan rasa sakit di sekitar jari. Jika kutil ini menyerangmu, maka sebaiknya potong kuku untuk menghindari efek yang lebih buruk.

  • Kutil Filiformis. Kutil ini dikenal dengan sebutan filiform warts atau veruka filiformis. Jenis kutil ini memiliki bentuk yang panjang dan biasa tumbuh pada area wajah, leher, dan ketiak. Kutil filiformis umumnya hanya muncul di kelopak mata dan mengganggu penampilan.

  • Kutil Plantar. Kutil jenis ini paling sering ditemui oleh banyak orang. Kutil plantar sering dikenal dengan “mata ikan”. Bentuknya yang menjorok ke dalam kulit sering menyebabkan area yang terkena kutil ini terasa sakit jika ditekan. Kutil yang berbentuk pipih dan memiliki ciri khas titik hitam di tengah dengan daerah berwarna putih di sekitarnya yang mengeras ini umumnya tumbuh di bagian telapak kaki dan beberapa lain ditemui di bagian-bagian tubuh lainnya, seperti telapak tangan.

Baca Juga: 5 Cara Hilangkan Kutil di Tubuh

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai kutil, serta pengobatannya, kamu bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.