Lakukan 3 Hal Ini untuk Mencegah Mastoiditis

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
lakukan-3-hal-ini-untuk-mencegah-mastoiditis-halodoc

Halodoc, Jakarta – Mastoiditis adalah infeksi yang terjadi pada rongga tulang di belakang telinga yang dikenal juga dengan istilah tulang mastoid. Infeksi ini sebenarnya bisa terjadi kepada siapa saja, tetapi biasanya paling sering terjadi pada bayi berusia 6-–3 bulan atau orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Namun, kamu bisa mencegah infeksi ini dengan menghindari faktor pemicunya. Yuk, ketahui cara mencegah mastoiditis di sini.

Mengenal Mastoiditis

Tulang mastoid adalah tulang yang terletak di belakang telinga. Di dalam tulang tersebut, terdapat rongga, seperti sarang lebah yang berisikan udara (air cells). Rongga udara mastoid memiliki peran penting, yaitu untuk melindungi struktur halus telinga, mengatur tekanan di dalam telinga, dan membantu melindungi tulang telinga bila terjadi trauma.

Mastoiditis terjadi bila rongga udara mastoid tersebut terinfeksi oleh bakteri dan meradang. Kondisi ini juga seringkali merupakan kondisi yang terjadi akibat infeksi telinga tengah (otitis media) yang tidak ditangani. Infeksi mastoid juga bisa berkembang dan menyebar sampai ke luar tulang mastoid, sehingga menyebabkan komplikasi serius. Inilah mengapa mastoiditis perlu segera diobati.

Mastoiditis sendiri dikelompokkan menjadi mastoiditis akut dan kronis. Mastoiditis akut biasanya menyerang anak-anak, tetapi orang dewasa juga bisa mengalaminya. Sementara  itu, mastoiditis kronis merupakan infeksi berkelanjutan dari otitis media.

Baca juga: Ini Arti Benjolan di Belakang Telinga

Penyebab dan Faktor Risiko Mastoiditis

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penyebab utama mastoiditis adalah peradangan telinga tengah yang terjadi secara kronis (otitis media supuratif kronis). Peradangan tersebut terjadi karena adanya infeksi bakteri di telinga tengah yang tidak segera diobati. Infeksi ini juga bisa menyebar sampai ke rongga udara tulang mastoid. Jenis bakteri yang paling sering menjadi penyebab infeksi telinga tengah adalah Haemophilus influenzae, Staphylococcus, dan Streptococcus.

Faktor risiko yang menyebabkan mastoiditis merupakan yang sama dengan terjadinya otitis media supuratif kronis, antara lain:

  • Kurang menjaga kebersihan telinga, terutama saat mandi atau berenang, sehingga air yang tidak bersih masuk ke dalam telinga;

  • Mengalami gangguan fungsi tuba Eustachius;

  • Perforasi gendang telinga yang menetap;

  • Terjadinya perubahan yang menetap pada telinga tengah, seperti perubahan jaringan (metaplasia); dan

  • Sistem kekebalan tubuh yang kurang baik.

Bila kamu memiliki faktor risiko tersebut dan mengalami keluhan di telinga, coba bicarakan saja dengan dokter Halodoc. Hubungi dokter melalui melalui fitur Talk to A Doctor dan berbicara melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. 

Baca juga: Jangan Sampai Otitis Media Alias Infeksi Telinga Ganggu Malam Tahun Baru

Cara Mencegah Mastoiditis

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah mastoiditis:

1. Lakukan Pemeriksaan Telinga Secara Rutin

Sama seperti pemeriksaan gigi, pemeriksaan kesehatan telinga setiap 6 bulan juga tidak kalah penting, lho. Hal ini agar gangguan telinga bisa dideteksi dan diobati lebih dini.

2. Menjaga Kebersihan Telinga

Kebanyakan orang menjaga kebersihan telinga mereka dengan rutin membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud. Padahal, cara ini tidak dianjurkan karena memasukkan cotton bud ke dalam telinga bisa mendorong kotoran telinga masuk ke dalam. 

Telinga sebenarnya merupakan organ yang bisa membersihkan dirinya sendiri. Di dalam telinga kita, terdapat cairan lilin yang berfungsi untuk mencegah debu dan partikel lain masuk ke dalam telinga. Adanya kotoran telinga juga merupakan sesuatu yang normal. Jadi, bila ingin membersihkan telinga, kamu bisa meminta bantuan dokter untuk membersihkan telinga kamu dengan alat khusus.

3. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kamu juga bisa mencegah mastoiditis dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan cara berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan bergizi dan istirahat yang cukup.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Itulah cara mencegah mastoiditis yang perlu kamu tahu. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.