Latihan Kegel untuk Cegah Inkontinensia Alvi, Benarkah?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Latihan Kegel untuk Cegah Inkontinensia Alvi, Benarkah?

Halodoc, Jakarta - Mungkin, sebagian dari kamu belum pernah mendengar nama senam kegel, meski senam ini sekarang sedang naik daun di kalangan laki-laki maupun perempuan. Tidak heran, karena senam kegel dulu lebih sering dilakukan oleh perempuan yang baru saja melahirkan untuk mengembalikan kekencangan otot panggul. 

Apakah ini artinya anggota tubuh kamu yang lain tidak ikut bergerak? Meski namanya senam, ya, panggul menjadi satu-satunya anggota tubuh yang bergerak ketika melakukan senam ini. Kabarnya, senam ini tidak hanya bermanfaat untuk mengencangkan kembali otot panggung, tetapi masih ada beragam manfaat lainnya, termasuk kesehatan organ intim. Benarkah demikian?

Senam Kegel untuk Cegah Inkontinensia Alvi

Kamu tahu inkontinensia alvi? Ini adalah kondisi ketika kamu sulit mengontrol waktu untuk buang air besar. Biasanya, kalau kebelet, buang air besar bisa ditahan sampai kamu tiba di rumah atau menemukan toilet terdekat. Namun, bagi pengidap inkontinensia alvi, buang air besar bisa terjadi kapan saja tanpa terkendali, bahkan di tengah malam ketika kamu sedang terlelap. 

Baca juga: 4 Gejala Inkontinensia Alvi yang Perlu Diketahui

Jika kamu mengalaminya, bertanya pada dokter menjadi solusi terbaik yang bisa kamu lakukan. Aplikasi Halodoc melalui fitur Tanya Dokter membantu kamu mendapatkan solusi terbaik untuk mengatasinya. Biasanya, dokter menganjurkan kamu untuk melakukan gerakan atau senam kegel. Jadi, memang benar jika senam ini membantu mencegah terjadinya inkontinensia alvi. 

Manfaat Lain Senam Kegel

Selain untuk mencegah inkontinensia alvi maupun inkontinensia urine, apa lagi manfaat senam kegel yang bisa kamu dapatkan? Banyak. Untuk wanita, senam ini membantu membuat vagina menjadi lebih rapat, terlebih ketika kamu usai melahirkan secara normal. Manfaat lainnya seperti mencegah ambeien, membuat vagina menjadi lebih kencang, membantu pemulihan lebih cepat pada kasus episiotomi atau gunting vagina ketika melahirkan, dan mengatasi gejala terkait dengan prolaps pada organ panggul. 

Baca juga: Anak Alami Inkontinensia Alvi, Apa Sebabnya?

Sementara pada pria, senam kegel memiliki manfaat utama untuk mengatasi inkontinensia urine atau keinginan untuk selalu buang air kecil. Terkait dengan seks, senam ini membantu penis untuk lebih kuat ketika ereksi karena membantu melancarkan peredaran darah ke area ini. Nah, supaya laki-laki tidak mengalami ejakulasi dini yang termasuk ke dalam disfungsi seksual, senam kegel bisa dilakukan. 

Pada beberapa kasus, laki-laki maupun perempuan sering mengalami kencing tidak tuntas atau masih ada sisa urine yang keluar setelah buang air kecil. Kondisi ini lebih sering terjadi pada laki-laki. Nah, melakukan senam kegel ini juga baik untuk mengontrol laju urin yang keluar, terutama setelah menjalani bedah prostat. 

Baca juga: Langkah Penanganan Rumahan untuk Inkontinensia Alvi

Melakukan Senam Kegel

Cara melakukan senam kegel untuk laki-laki dan perempuan sebenarnya tidak jauh berbeda. Namun, kamu harus tahu terlebih dulu letak otot dasar panggul kamu berada. Jika sudah ketemu, lanjutkan dengan gerakan berikut. 

  • Kencangkan otot panggul bawah kamu selama kira-kira 3 detik;

  • Selama melakukan gerakan pengencangan otot ini, sebaiknya kamu tidak menahan napas atau mengencangkan otot paha, pantat, dan perut;

  • Setelahnya, lemaskan kembali otot panggul bawah selama sekitar 3 detik.

Supaya hasilnya lebih terasa dan manfaatnya lebih maksimal, kamu bisa melakukan gerakan ini hingga 10 kali dan mengulanginya secara rutin setiap tiga kali dalam sehari. Yuk, biasakan hidup sehat dan cegah inkontinensia alvi dengan senam kegel!