Leukositosis Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Leukositosis Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini

Halodoc, Jakarta - Pada tubuh manusia terdapat sel darah yang terdiri dari sel darah merah, sel darah putih, dan plasma darah. Setiap jenis sel darah tersebut mempunyai fungsinya masing-masing. Contohnya, sel darah putih yang menjadi pertahanan tubuh untuk melawan penyakit yang masuk ke tubuh.

Sel darah putih atau leukosit pada tubuh harus dalam jumlah yang normal. Jika terlalu banyak, kamu dapat mengalami leukositosis. Ternyata, kelainan tersebut dapat menjadi pertanda terjadinya penyakit lain. Berikut tanda penyakit lain akibat terjadinya leukositosis!

Baca juga: Kondisi Medis yang Bisa Picu Leukositosis

Leukositosis Menjadi Tanda Terjadinya Penyakit Lain

Leukosit adalah nama lain dari sel darah putih yang terdapat di dalam tubuh tiap orang. Jenis sel darah ini membantu tubuh melawan infeksi yang masuk ke tubuh. Saat leukosit terlalu tinggi, artinya tubuh mengalami leukositosis. Kejadian ini umumnya terjadi ketika seseorang sedang mengalami sakit atau stres.

Leukositosis umumnya terjadi karena peningkatan jumlah neutrofil. Lalu, neutrofil adalah jenis sel darah putih yang menjalankan fungsi sel darah putih untuk melawan infeksi. Umumnya, leukosit yang berlebihan pada tubuh terjadi karena tubuh sedang melawan infeksi.

Leukosit di dalam darah umumnya berkisar 12.000 hingga 20.000 per milimeter kubik selama infeksi terjadi. Ketika sel darah putih meningkat, jumlah sel yang belum matang juga dapat naik. Ketika infeksi mereda, jumlah sel imatur tersebut berkurang dan tubuh kamu kembali menjadi normal.

Berikut ini tanda penyakit akibat terjadinya leukositosis, yaitu:

  1. Alergi

Salah satu tanda terjadinya penyakit akibat leukositosis adalah alergi yang menyerang. Hal tersebut karena tubuh mendeteksi zat yang merugikan sehingga memerintahkan sel darah putih untuk menyingkirkannya. Saat dilakukan, kamu dapat mengalami efek samping, seperti kulit yang memerah dan lain-lain.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait leukositosis, dokter dari Halodoc bisa membantu untuk mengatasi kebingungan tersebut. Caranya, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu sekarang juga! Kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu ke luar rumah hanya dengan aplikasi tersebut.

Baca juga: Penyebab Leukositosis yang Perlu Kamu Ketahui

  1. Gangguan Sumsum Tulang

Tanda penyakit lainnya akibat leukositosis atau leukosit yang tinggi adalah terjadinya gangguan sumsum tulang. Beberapa gangguan yang serius dan dapat menyebabkan kematian yang berhubungan dengan leukositosis disebabkan oleh gangguan pada sumsum tulang. Hal tersebut terjadi karena sel darah putih yang terlalu banyak sehingga menyerang bagian tubuh sendiri, termasuk organ vital.

  1. Rheumatoid Arthritis

Leukositosis juga dapat menjadi pertanda seseorang mengalami rheumatoid arthritis. Hal ini dapat menyebabkan peradangan pada sendi di tubuh karena sistem kekebalan tubuh yang menyerang organ sendiri. Penyebab dari gangguan ini ketika sel darah putih yang menyerang sendi-sendi sehingga mengalami kelainan.

  1. Kanker Darah

Hal yang menjadi tanda penyakit akibat leukositosis adalah ketika mengalami kanker darah. Penyakit ini menyebabkan sel darah, termasuk sel darah putih menjadi ganas. Sehingga, tubuh kamu mungkin terserang oleh sistem pertahanan sendiri karena salah sasaran. Gangguan ini bisa membahayakan kondisi tubuh kamu.

Baca juga: 3 Penanganan Leukositosis pada Anak

Itulah penyakit yang terjadi akibat leukositosis atau leukosit tinggi di tubuh. Penyakit-penyakit tersebut dapat menyebabkan gangguan yang fatal, sehingga butuh penanganan secara dini. Maka dari itu, jika kamu mengalami gejala dari gangguan-gangguan tersebut, ada baiknya langsung memeriksakan diri ke dokter.

Referensi:
Drugs.com .Diakses pada 2019.Leukocytosis
Healthline.Diakses pada 2019.What Is Leukocytosis?