Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Pengidap Lupus

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Pengidap Lupus

Halodoc, Jakarta - Seseorang yang mengidap penyakit lupus akan lebih sering mengalami infeksi dan peradangan sebagai dampak dari masalah pada sistem imunitas tubuh yang menyerang. Meski hingga kini belum ada pengobatan yang tepat untuk mengatasi lupus, tetapi konsumsi makanan yang tepat dan pola diet sehat disinyalir akan membuat pengobatan pengidap penyakit lupus menjadi lebih mudah. 

Sebenarnya, tidak ada aturan diet yang memang khusus untuk pengidap penyakit lupus. Mereka hanya dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi seimbang. Meski tidak membantu menyembuhkan, tetapi konsumsi makanan yang tepat bisa membantu menguatkan tulang dan otot, meringankan peradangan, mengurangi efek samping obat, hingga membantu mendapatkan berat badan yang ideal. 

Makanan yang Dianjurkan untuk Pengidap Lupus

Meski tidak ada diet khusus, pengidap lupus tetap harus menanyakan pola makan dan makanan apa yang boleh dikonsumsi kepada ahli gizi. Pasalnya, salah mengonsumsi makanan justru bisa membuat penyakit atau peradangan yang terjadi semakin buruk, dan inilah yang harusnya dihindari. Jadi, tanyakan langsung pada ahli gizi asli di Halodoc. Tidak perlu menunggu lama, semua pertanyaan pun dapat solusinya. 

Baca juga: 10 Fakta Tentang Lupus yang Perlu Diketahui

Nah, berikut ini jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi orang yang mengidap penyakit lupus. Apa saja? 

  • Tinggi Kandungan Antioksidan

Peradangan yang sering terjadi pada pengidap lupus bisa ditangani dengan konsumsi makanan tinggi antioksidan. Buah-buahan dan sayuran menjadi pilihan yang tepat, karena jenis makanan ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan baik untuk mengatasi peradangan maupun infeksi. 

  • Tinggi Kandungan Omega-3

Selain antioksidan, peradangan yang sering terjadi pada pengidap lupus bisa dikurangi dengan mengonsumsi makanan kaya omega-3. Tidak hanya itu, omega-3 juga membantu menurunkan risiko terjadinya berbagai masalah jantung dan stroke yang sangat rentan terjadi pada pengidap lupus. Ikan tuna, salmon, sarden, dan makarel menjadi berbagai macam menu makanan tinggi omega-3 yang bisa dicoba. 

Baca juga: Selain Bikin Pipi Merah Merona, Lupus Sebabkan 13 Gejala Ini

  • Tinggi Kalsium dan Vitamin D

Pengidap lupus cenderung memiliki struktur tulang yang mudah rapuh. Tidak hanya itu, efek samping dari obat yang dikonsumsi pun turut menyerang tulang, sehingga risiko kerapuhan tulang menjadi semakin besar. Namun, risiko kerapuhan tulang ini bisa diatasi dengan konsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D yang membantu menguatkan tulang. 

Makanan yang tinggi vitamin D dan kalsium, seperti susu dan semua produk olahannya dengan kandungan lemak yang rendah. Lalu, sayuran dengan warna daun hijau tua, seperti brokoli dan bayam juga bisa menjadi alternatif serta kacang-kacangan, termasuk kacang kedelai, kacang merah, atau kacang almond. 

Baca juga: Ini Jenis-Jenis Lupus yang Perlu Diketahui

Nah, itu tadi beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh pengidap lupus. Namun, perhatikan pula, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari, seperti makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi, makanan yang memiliki kandungan natrium dalam jumlah berlebih, dan makanan yang memiliki campuran bawang. Ketiga jenis makanan ini sebaiknya tidak dikonsumsi karena disinyalir akan membuat gejala penyakit lupus semakin parah. Namun, selalu tanyakan pilihan makanan yang tepat langsung pada ahlinya, ya!

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2019. Lupus Diet and Nutrition.
Healthline. Diakses pada 2019. Diet Tips for Lupus.
Lupus NY. Diakses pada 2019. Food, Nutrition, and Lupus.